Rabu, 24 Desember 2008

jalan-jalan

kali ini saya mau posting poto-poto pas ngajak jalan-jalan ikhsan dan ponakan-ponakan ke taman pintar.





jalan-jalan

Jumat, 12 Desember 2008

cerita minggu ini

ah, akhirnya bisa ap det juga. Masalahnya internet di kantor byar pet ajah, jadinya males banget mau posting. Apalagi sekarang lagi keserang demam plurk he2x.. ketularan si astien nih.Mulai dari cerita acara kopdar ama teman2 bloger ada bunda azka, mba novy, dan si bumil vera yang jauh2 dari bekasi. Wah, akhirnya kopdar juga sama temen2 yang kenalnya di dunia per-bloger-an. Walau hari selasa 8 des kemaren djogja diguyur hujan dari pagi, tapi saya tetep nyempatin ngacir dari kantor meluncur ke rumah bunda azka di bilangan condongcatur. Ga susah nyari rumahnya karena dah dikasih ancer2 sama vera. Saya datang paling akhir karena baru bisa keluar kantor pas jam istirahat. Di sana dah ada mba novy, vera plus azka dan papanya dan bunda azka sekeluarga. Wih seru juga obrolan kita, dari ngobrolin tentang blog, plurk sampai ngobrolin anak2. Sampai ga kerasa berjam2 loh ngobrolnya apalagi disuguhi bakso yang suam2 kuku sama bunda azka., komplit deh. Mba novy aja ampe nambah (he2x...), untung masih ada persedian tuh J

Tapi poto2 kita berempat yang narcis ada di vera, karena kebetulan yang jadi potograper adalah si papanya azka al fadli. Jadi maap ga bisa dipajang disini.



sekarang cerita tentang ikhsan ya…

dah sejak idul adha saya dan ikhsan “diungsikan” lagi ke rumah eyang di condongcatur, maklum si mas lagi dapat jatah dinas luar kota dari kantor. Kali ini ke ngawi, disambung ke bojonegoro dan tuban, Padahal si mas baru seminggu di rumah dan harus pergi lagi. Rasanya pengen protes juga sih keseringan jablai, tapi gimana lagi?? Namanya juga tugas.

Pernah juga sih saya protes, “ mas mbok jangan sering2 DL,”

Si mas jawab,” lha kalo dah ada surat tugasnya kan harus dilaksanakan to jeng.”

Kadang saya cuma diam dan rada cemberut. Kalo dah gitu mas biasanya langsung deh tersenyum sambil merangkul saya dan berbisik,” besok mas ambil cuti dan kita jalan2 ya.?”

Wah langsung deh cemberut saya ilang, ga kuat deh sama rayuan si mas yang satu ini… he2x.

Untungnya ikhsan ga rewel sering ditinggal si bapak. Sekarang kalo nyari2 bapaknya dah teriak2, “bapah…bapah,” gitu katanya. Kalo saya jawab,” bapak kerja dik,” Ikhsan manggut2 dan diam.

Dan kalo ada suara telpon atau hape bunyi langsung deh lari nyamperin telpon dan mengangkat sambil bilang, “alu…bapah,…ya…,dah,”

Habis bilang itu langsung ngacir lagi he2x. Kadang saya harus berebut hape dengan ikhsan kalo mas telpon, habisnya ikhsan kalo terima telpon dari hape mencet-mencetin tombol dan biasanya trus putus deh telponnya.

Sekarang ikhsan juga lagi seneng banget ngemil. Wih makanan apa aja pengen dimakan. Jadi tiap hari saya harus nyediain snack buat ikhsan. Tapi kebiasaan ngemil ini yang kadang bikin saya rada puyeng karena ikhsan jadi sedikit makan nasinya karena kekenyangan makan snack. Susah deh ngelarang ikhsan ngemil, apalagi kalo dia udah teriak-teriak, “maem…maem,” sambil nunjuk roti yang dia mau, kalo ga dituruti langsung deh nglosot-nglosot sambil nangis. Akhirnya saya kasih juga.

Selain ngemil, ikhsan juga seneng banget sama yang namanya coklat dan segala macem yang berbau coklat. Kalo saya bikin brownies kukus, ikhsan paling banyak porsi maem browniesnya, kadang yang bikin cuma dapet sisanya ajah :(

Untungnya sekarang dah mau diajak gosok gigi sebelum tidur. Tapi saya musti ikutan sikat gigi bareng, kalo saya ga ikutan sikat gigi ikhsan ga mau.



Udah satu bulan terakhir ini, ikhsan kalo siang jarang banget ngompol. Dah mau ditatur pipis di kamar mandi. Jadi lumayan ngirit cuciannya dikit he2x dan ngirit ga beli diapers. Wong ikhsan nangis kejer kalo dipakein diapers. Ga mau pokoknya. Ya sudahlah, itung2 ngelatih ikhsan pipis di kamar mandi, ya toh??

Senin, 01 Desember 2008

menelusur jejak teman lama

Rasanya capek seminggu kerja dan kami- saya dan mas- pengen banget refreshing. Bingung mau pergi ke mana, itu hal pertama yang terpikirkan. Akhirnya weekend kemaren kami ke tempat eyang di condongcatur. Di tempat eyang, tiba-tiba saya kepengen banget ketemu teman-teman lama saya sewaktu SMA. Wah, dah lama banget ga ketemu. Saya lulus SMA sekitar tahun 1997 jadi sudah hampir 11 tahun. Dulu saya punya 1 kelompok temen akrab banget pas kelas 1 dan 2. Kami berlima, saya, resy, tewe, jumbo dan ade. Wah dulu kami kompak banget. Kemana-mana bareng, nongkrong2 juga bareng. Ada satu cerita yang bikin saya tersenyum kalo mengingatnya. Waktu itu kami pulang sekolah rame-rame makan di CFC, sekalian mejeng tuh di ramai mall. Nah, pas mau makan saya ga bisa buka saos yang disediakan dalam bentuk sachet. Susah banget bukanya, padahal punya temen2 dah bisa dibuka dan mereka dah makan kentang goreng.
"wah kok susah ya?" keluh saya.
"udah, buka aja pake gigi," saran tewe. "ga papa."
ya udah, saya ikutin saran tewe. Eh, ga dinyana, ga disangka begitu bungkus saos saya gigit tiba-tiba saosnya muncrat-crot-mengenai pasangan bapak ibu dan anak mereka yang masih kecil. Wekss, saya kaget banget dan cuma melongo.
"duh, gimana nih?" saya dah ketakutan
"cuek aja," gitu kata temen2 saya. " kita anak SMA, paling mereka juga maklum."
"lha tuh saos kena baju dan rambut anaknya," kata saya. "baiknya minta maaf ga ya?"
"dah ga usah, terusin aja makan," gitu saran gila temen2 saya. Dan parahnya saya nurut aja saran mereka,padahal dalam hati ga enak banget tuh.
Dan bener deh, ibu si anak datengin meja kami dan marah2. Pokoknya ngatain yang ga enak2 deh. Kami cuma diem aja dan cuek. Akhirnya tuh ibu balik ke mejanya dan tak lama kemudian pergi. Kami cuma ngakak aja. Wah dasar anak SMA...

Temen saya resy sekarang tinggal di lampung, ikut suami.
sementara ade tinggal di oman, ikut suami.
saya, tewe dan jumbo tinggal di jogja.
nah kebetulan ade yang tinggal di oman lagi mudik ke djogja. Rasanya seneng banget deh pengen ketemuan sama temen lama. Tapi rasanya susah banget deh cari waktu yang tepat buat kita ketemuan. Selalu aja ga pas. Akhirnya kami bisa ketemuan 3 minggu yang lalu ketika danita-anak ade- ngerayain pesta ultah di McD. Kami ga sempat ngobrol banyak karen sibuk ngurus anak kami masing-masing, he2x..

Ketika saya kelas 3 SMA, saya juga punya temen akrab namanya saras dan syamsa. Kalo saras sekarang tinggal di purwokerto sementara syamsa di djogja. Nah kemaren minggu sya dapet no hapenya. Ketika saya hubunngi, dia ada di rumah dan langsung saja saya meluncur ke rumahnya buat silaturahmi plus maen. Mas dengan senang hati bersedia nganter. Ikhsan udah rame teriak2 seneng karena diajak jalan sama bapak-ibu. Sampai di sana kami disambut dengan 2 anak syamsa yang masih balita. Yang gede namanya lulu umur 4,5 tahun yang kecil namanya dafa umur 2,5 tahun. Ikhsan langsung akrab dan bergabung maen sama mereka.
Wah seneng deh lihat anak-anak maen. Tapi ada satu hal yang bikin saya bertanya-tanya ketika melihat dafa, karena di hidungnya terpasang selang. Pasti anak ini sakit, batin saya. Ketika saya tanya ke syamsa, awalnya dia cuma tersenyum. Namun akhirnya dia cerita kalau dafa sehabis lebaran kemaren barusan operasi tumor di ginjalnya. Dan sekarang menjalani kemoterapi dan sinar setiap minggu. Degg..., saya tersentak kaget. Ga nyangka banget, anak sekecil itu udah kena sakit yang berat dan harus menjalani kemoterapi. Wih, rasanya saya mau nangis deh.
Dan selang di hidungnya itu untuk menyuntikkan makanan karena biasanya setelah kemo, dafa ga mau makan sama sekali. Ya maklumlah wong efek samping kemo kan bikin perut mual, jelas dong ga doyan makan.

saya terenyuh banget lihat syamsa yang terlihat tegar dan kuat merawat dafa, padahal sekarang syamsa lagi hamil 4 bulan. Wih berat banget deh perjuangannya. Mana setiap hari mesti nganter dafa ke rumah sakit untuk disinar, tapi dia ga terlihat capek. Dan saya lihat dafa masih bisa bermain seperti layaknya anak2 seumurannya. Masih bisa berebut mainan dengan ikhsan.

saya seperti terlecut untuk tersungkur sujud syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan pada keluarga saya. Dan saya juga ta henti berdoa untuk kesembuhan dafa.

Rabu, 19 November 2008

klayu lagi


usia ikhsan sekarang hampir 17 bulan. Dan perkembangannya bikin saya selalu berucap syukur alhamdulillah pada Allah. Sekarang kalo diajak ngomong sudah lebih ngerti. Tapi sekarang yang bikin pusing adalah pas pagi hari mau berangkat ngantor. Ikhsan susah banget pisah sama saya, kemana2 ngintil alias ngikutin. Keknya dia tahu kalo bakal ditinggal ibu seharian. Kalo tahu saya dah siap & rapi jali mulai deh tangisan bombay ala india itu keluar. Pake teriak-teriak & nglosot2 gitu. Saya jelas ga tega ninggal ikhsan dalam kondisi kayak gitu. Wong digendong sama mba-nya ga mau dan malah kejer nangisnya sambil teriak-teriak, "abuk...abuk..,"
Akhirnya saya ngalah & ambil ikhsan dari gendongan mbaknya. Pas saya gendong langsung deh tangisannya brenti sambil meluk saya kuat2. Weh, bakalan siang banget nih sampai kantor, batin saya.

Biasanya kalo sudah gitu saya memutuskan untuk ngeloni ikhsan di kamar. Setelah ikhsan bobo, barulah saya berani berangkat kantor. Alhasil saya sampai kantor jam 9 . Untungnya ga kena setrap di kantor :)

ada yang punya solusi ga, masalah ninggal anak ke kantor? saya bingung campur ga tega kalo mau ninggal ikhsanke kantor....

Kamis, 06 November 2008

terenyuh

tadi pagi ada hal yang bikin hati saya trenyuh. Ceritanya gini, hari ini saya emang kurang enak badan, rada flu dan mulai puyeng2. Jadi mau berangkat ngantor rasanya badan ni lemes banget. Trus saya tiduran di sofa depan, sementara ikhsan udah patroli keliling rumah sekaligus mberantakin barang-barang. Karena puyeng, saya biarin aja ulah ikhsan- biar sekalian kayak kapal pecah rumahnya-

eh, pas dia melewati saya yang lagi tiduran di sofa, tiba-tiba brenti.
"abuk..." maksudnya manggil ibu
" ibu pusing San," jawab saya.
"Pabuk?" maksudnya apa bu?
"badan ibu rada panas terus perut ibu juga kembung nih," saya megang jidat saya.
Ikhsan memandangi saya. Trus tiba-tiba dia ikutan memegang jidat saya dan mengelus-elus kepala saya. " abuk...abuk..," gitu katanya.

Saya tersenyum liat tingkah ikhsan. Tak lama kemudian ikhsan ngacir, saya pikir dia mau keliling rumah lagi. Eh, ternyata dia ambil minyak telon dari kamar.
"abuk..abuk," sambil mengacungkan botol minyak telon ke arah saya dan tangan satunya mengelus-elus perut saya.

aduh, saya terenyuh banget liat perhatian ikhsan ke saya. Dia bermaksud ngasih minyak telon ke perut saya dengan harapan saya segera bangkit dan berdiri -mau diajak patroli keliling rumah keknya :)
makasih ya nang...., kamu memang anak ibu dan bapak tersayang

Jumat, 24 Oktober 2008

bike to work

hari ini saya mencoba bike to work alias bersepeda ria ke kantor. Pagi sebelum berangkat,saya sampaikan niat saya ke mas untuk naek sepeda ke kantor.

"mas, hari ini jeng pengen ke kantor naek sepeda."
"ha..ha...," mas dah ketawa duluan. " ga papa bagus jeng, ben jeng sehat."
"tapi sadel-nya terlalu pendek mas, mbok dinaikan dulu," pinta saya.
"wah, repot jeng. Mana mesti pake kunci je.., susah. Mas berangkat pagi," tolak mas dengan berbagai alasan.
"sadelnya tinggi segitu juga pas kok buat jeng," si mas mulai menenangkan saya yang dah mulai manyun.

Walau saya dah punya niatan naek sepeda, tapi mas tetep aja nyiapin motor yang biasa saya pake ngantor di depan rumah. Keknya dia ga yakin 100% kalau saya mau naek sepeda. Berhubung mas harus berangkat pagi, jadi mas berangkat duluan dengan motornya. Mobil dibiarin nganggur di garasi, keknya si mas mau ngirit premium deh he2x.

saya dengan semangat 45 (wih kayak pejuang jaman dulu he2x) siap2 dengan sepeda. Karena jarak rumah dengan kantor ga ad 2 km, kayaknya emang lebih sehat kalo saya bersepeda.
Bisa nyehatin jantung juga membatu ngurangin global warming he2x.
Akhirnya saya kayuh sepeda menuju kantor. Hmmm.... angin yang sepoi-sepoi terasa sejuk menyapa. Saya memilih jalur yang melewati desa yang masih banyak pepohonan. Ternyata asyik juga loh.

Sampai kantor, banyak teman2 yang komentar.
"wah, bike to work toh?"
saya cuma tersenyum saja sambil berpikir, bike to work, kenapa tidak?

Kamis, 23 Oktober 2008

uneg-uneg hari ini

beberapa hari terakhir ini, mood saya ga terlalu bagus. Ngga tahu kenapa.., padahal kerjaan kantor juga ga banyak loh. Perlu di re-fresh kayaknya nih badan :)

saya juga lagi puyeng, ngadapi ikhsan yang lagi il-fil maem. Wih, dimasakain macem2 masuk cuma 5 sendok doang. Malah kemaren malem ikhsan sempat muntah tapi badannya ga panas. Wih kita sempat bingung juga, palagi ni mata dah lengket banget alias ngantuk berats...
Saya rada curiga ni anak masuk angin keknya dan ternyata emang perut ikhsan mbung..mbung.. , alias kembung. Ya udah deh, langsung aja saya nyuruh si mba marut brambang dan saya olesin ke perut dan punggung ikhsan. Baru deh ikhsan mau bobo lagi. Saya dan mas lega ngeliat ikhsan bobo angler karena kami juga dah ngantuk berat, palagi mas , wong dia pulang kantor aja jam 8 malem jadi rasanya dah pengen nyium bantal deh.

sampai hari ini perut ikhsan masih rada kembung,jadi dah 2 hari ikhsan il-fil maem. Tapi satu hal yang bikin saya tersenyum adalah pas nanya ikhsan.
" ikhsan perutnya dikasih brambang ya?ben kembungnya ilang."
dan dengan semangat ikhsan langsung jawab, " ya.." dan langsung ngacir ke meja makan mau ambil parutan brambang :)
saya cuma ngekek aja liat tingkah ikhsan.
"coba liat perutnya masih kembung ga," saya pegang jari saya ke perut ikhsan.
nah ikhsan juga ikutan mukul2 perutnya sambil bilang ," hem..hem.." maksudnya masih kembung he2x.


sejak seminggu lalu mas lagi bejibun kerjaan. Berangkat dari rumah jam 7 kurang ntar sampai rumah lagi jam 8an malem. Praktis ngeliat ikhsan melek cuma sebentar banget. Apalagi minggu depan dah ada surat tugas ke Toli-toli selama 5 hari. Dan biasanya kalo mas dapet tugas keluar kota, kami -saya dan ikhsan- "diungsikan" ke rumah eyang di condongcatur.

" ben mas tenang ninggal jeng dan ikhsan," gitu alesannya. "kalo di rumah ga ada mas."

saya sih manut aja. Ya daripada di rumah cuma sama ikhsan dan si mbak mending ngungsi ke rumah eyang sekalian nemenin eyang wong eyang di rumah juga sendiriran.

Wah kita bakalan jadi jablai nee San..,ditinggal bapak ke toli-toli hiks..hiks.. :(

Senin, 20 Oktober 2008

digendong mbah kakung


ini foto yang saya suka ketika ikhsan digendong mbah kakung pas lebaran kemaren, keknya nya..maan dewh.
waktu itu ikhsan bangun tidur dan tidak menemukan saya di kamar- karena saya lagi sibuk di dapur
mau digendong mbah putri ga mau, eh ketika mbah kakung dateng langsung mau digendong. Dan momen itu sempat kejepret sama mas.

Jumat, 26 September 2008

cerita lebaran kemaren

Cerita tentang lebaran kemaren seru karena kami kumpul sama sodara-sodara. Saya juga nyempetin buka bareng temen-temen blogger djogja di pondok cabe hari sabtu tgl 28 September 2008. Ada wiedy & si kecil arya, mba fa, mba unai dan ana. Saya datang terakhir bareng ikhsan, mas dan naufal-ponakan saya yang juga anak mbak ratna dari solo. Acara buka bareng-nya lumayan seru, karena saya baru kali pertama ketemu sama temen-temen blogger djogja - kecuali sama wiedy, dah pernah ketemuan-
Setelah buka, ikhsan rewel karena ngantuk. Daripada ikhsan tambah rewel dan nangis akhirnya saya memutuskan untuk pulang duluan.

Balik ke cerita mudik, kami pulang ke rumah eyang di condongcatur. Disana dah ngumpul semua anak dan cucu eyang.. Saya berempat bersama kakak dan adik plus 2 menantu dan 3 cucu yang laki-laki semua. Yah… bisa kebayang betapa ramai rumah eyang yang biasanya cuma dihuni eyang saja. Cucu eyang yang tertua adalah naufal (5th)- ini anak sulung mba ratna yang di solo- kemudian ikhsan (15 bln) – ini anak saya- yang terakhir hayyun ( 7 bln) – yang ini anak bontotnya mba ratna-
Dan begini nih…, aksi mereka kalau lagi pada kumpul. Narsis dengan felt t-shirt made in yuka umina syamil. Karena tuh t-shirt bisa jadi sebelum lebaran, akhirnya bisa dibuat begaya pas lebaran he2x. Lumayan tuh, 3 anak bisa kembaran kaosnya plus keren abis. Makasih ya umina syamil…

ini gaya ikhsan-naufal dan hayyun kalo lagi ngumpul


Jadwal acara kita pas lebaran padet, dipenuhi dengan acara sawalan trah keluarga baik dari trah bantul maupun condongcatur. Kami berencana lebaran di hari pertama ke tembat simbah bantul kemudian hari kedua balik ke tempat eyang di condongcatur. Kemudian hari ketiga balik lagi ke bantul karena ada sawalan trah. Hari keempat dan kelima balik ke condong ikutan sawalan trah juga. Di hari kelima kita rada sibuk karena kebetulan eyang dapet giliran “ngunduh” sawalan trah keluarga sontodiryo. Trah keluarga sontodiryo ini adalah trah keluarga dari bapak saya-eyang- Jumlah anggotanya dah hampir 100 orang lebih, padahal itu hanya dari 1 simbah sontodiryo saja. Jadi kalo acara sawalan, wih ramai banget karena hampir semua anggota dari anak, cucu sampai cicit mbah sontodiryo pada ngumpul.
nah eyang sebagai anak ragilnya simbah sontodiryo tahun ini kejatah ngunduh acara sawalan. Saya dan 2 mbak saya serta 1 adik yang sibuk. Saya dan 2 kakak perempuan saya dapet bagian ngurus konsumsi, sedang kaum laki2 ngurus sound sistem dan alat2 lain kayak tenda, meja, dan kursi.
yang kebagian jatah ngasih sambutan wakil keluarga adalah mas- bapaknya ikhsan- sedang yang kejatah ngisi siraman rohani adalah suaminya mbak ratna -kakak saya yang tinggal di solo-
alhamdulillah acaranya lancar dan anak-anak pada seneng karena ketemu dan kumpul sama keluarga.
acara sawalan trah keluarga sontodiryo
Acara mudik lebaran kemaren yang bikin capek adalah acara mondar-mandir condongcatur-bantul. Angkut-angkut barang bawaan itu yang bikin capek he2x. terutama baju-baju ikhsan. Tapi seneng karena ketemu keluarga. Di bantul, mbah kakung dan mbah putri dah kangen banget sama ikhsan. Begitu lihat ikhsan, langsung pengen gendong.
Ga tahu kenapa, ikhsan lebih seneng digendong mbah kakung ketimbang mbah putri. Padahal mbah putri dah kepengen banget gendong dan ngajak jalan2 ke tetanga2 di desa. Tapi ikhsan-nya milih mewek ketimbang digendong mbah putri. Alhasil mbah putri rada gondog ngeliat cucunya teriak2 nangis ga mau digendong. Kalo dah begitu, saya yang harus turun tangan meredakan tangis ikhsan.
“ ikhsan dicuekin dulu aja, mengko suwe-suwe gelem (nanti lama2 mau),” gitu kata mas nyaranin mbah putrid.
Mbah putri cuma manggut-manggut. setelah 2 hari di bantul, baru deh ikhsan mau ber-lengket-lengket ria sama mbah putri.
saya seneng, pas di bantul ikhsan dah ga terlalu manja sama saya. Ikhsan dah mau maen sendiri sama ponakan2 saya- Ida, mukhsin, rizki, nadzar dan nanda - Mereka dah jadi temen maen ikhsan.

selamat idul fitri 1429 H

tinggal beberapa hari lagi puasa di bulan ramadhan tahun ini usai. Kami berencana mudik ke bantul, tempat orang tua mas. Walo cuma sekitar 30an km dari rumah, tapi berasa mudik bener deh :)
Selama seminggu ke depan kami bener2 akan berkumpul dengan keluarga besar kami di bantul dan condongcatur jadi blog ini bakal libur dulu seminggu. Sebelum kami mudik, kami mengucapkan:

selamat hari raya idul fitri 1429 H
mohon maaf lahir dan batin
semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan ini diterima ALLAH SWT

buat temen2 selamat menikmati liburan bareng2 keluarga ya....
yang mau mudik, ati2 di jalan....

Selasa, 23 September 2008

cerita minggu ini

udara djogja yang panas buangets beberapa hari terakhir ini kayaknya bikin banyak virus penyakit beterbangan cari mangsa. Setelah ikhsan terbebas dari radang tenggorokan, selang 3 hari virus flu datang menyambangi ikhsan. Wih, langsung deh dari idung mbeler, keluar lendir putih yang bikin ikhsan ga doyan makan. Saya yang barusan lega ikhsan terbebas dari radang, sekarang kembali manyun. Lha abis, berat badan ikhsan turun drastis ampe 7 ons dalam beberapa hari saja. Mana makannya juga kayak ga napsu. Ngeliat makanan keknya il-fil dewh. Padahal kalo pas sehat wah, hobinya makan tuh anak..
karena ikhsan flu, dia lebih seneng lengket sama saya. Apa-apa maunya sama saya dan sering minta gendong. Alhasil tuh virus ikutan lengket ke saya. Saya kena flu juga. Aduh pusing plus panas badan saya :(

jadi di rumah dah ada 2 orang yang kena tuh virus -saya dan ikhsan- Beruntung si bapaknya ikhsan dan asisten di rumah yang terbebas dari virus flu. Saya teler berat dan ikhsan masih meler sampai hari ini. Semoga aja, napsu makannya cepetan balik biar virusnya ngacir.
Tadi pagi saya coba bikin bubur buah buat ikhsan, ternyata habis. Wah pertanda ikhsan mau sehat nih, batin saya senang.

walau kena flu, tapi perkembangan ikhsan cukup bikin saya bangga dan seneng. Setiap mas berangkat kantor, ikhsan langsung mengulurkan tangannya minta salaman dan cium tangan.
"mmuah..," gitu setiap kali ikhsan cium tangan bapak-nya.
mas langsung ketawa seneng," wah ikhsan pinter."
ikhsan juga selalu membawa sendiri baju kotornya ke ember.
kosa katanya juga dah mulai nambah, dah bisa menirukan beberapa kata.

saya : ikhsan itu lam.... (saya menunjukan lampu)
ikhsan : pu
saya : sim...
ikhsan : mbah..
saya : sepatu
ikhsan : pepabu
saya : buah
ikhsan : buah
saya : bunga
ikhsan : buwah (lha kok ngomong buah dan bunga kok keluarnya sama???he2x)
saya : bapak
ikhsan : babu
saya : ibu
ikhsan : babu - lha ini juga lucu, ngomong bapak dan ibu keluarnya tetep sama :(

jadi kami sering bingung kalo ikhsan bilang," babu..babu.." yang dimaksud siapa, nyari saya atao nyari bapak-nya???

Jumat, 19 September 2008

ikhsan panas

hari jumat minggu yang lalu ikhsan tiba-tiba panas. Menjelang buka puasa, saya dan mas baru menyadari kalo badan ikhsan bukan sekedar anget tapi panas. Makanya ikhsan kok nggak riwueh kayak biasanya tapi memilih memeluk ijo- boneka kesayangannya- dan tiduran di kasur. Wah, saya jadi ga enak hati ngeliat ikhsan lemes, apalagi karena sorenya saya membiarkan ikhsan basah kuyup ikutan nyiram tanaman.
" piye iki jeng?" tanya mas rada bingung. "kita bawa ke rumah sakit aja po?"
saya sempat terdiam sejenak, berpikir gimana enaknya.
"kita ukur suhunya dulu aja mas, trus kasih sanmol. Tanya umi (ini ponakan kita yang jadi bidan) berapa dosis sanmolnya."
sementara mas nelpon umi, saya coba nge-tem suhu ikhsan. Wah, ternyata air raksa di termometer terus bergerak naek padahal dah nyampe angka 38 derajat celcius. Saya jadi deg-degan. Akhirnya air raksa berhenti pada angka 39 derajat. waduh, tinggi banget suhunya. Saya rada takut kalo step karena suhu badanya tinggi banget.

"kata umi kasih sanmolnya 0,6 ml, jeng," mas memberitahu
saya bergegas mengambil sanmol dan meminumkannya ke ikhsan,untungnya ikhsan manut dan ga menolak.
setelah rembugan dengan mas akhirnya kami memutuskan membawa ikhsan ke praktek dokter bersama di apotek astuti jalan kaliurang. Kebetulan disana dokter SPA langganan ikhsan praktek. Dengan pertimbangan itu akhirnya setelah sholat maghrib kami berangkat. Karena lokasi rumah kami rada jauh dari kota (ceile ngaku kalo tinggal di desa he2) kami memutuskan nanti setelah dari dokter pulang ke rumah eyang di condongcatur. Jadi rumah bakalan kosong beberapa hari.

sampai di praktek dokter akhil, suhu badan ikhsan dah ga terlalu panas. Tapi ikhsan minta digendong terus sama saya, kalo saya tawarin gendong sama bapak-nya langsung nangis. Ya akhirnya selama ngantri saya gendong ikhsan. Padahal antirannya lumayan banyak, wong pas cari parkiran ajah susah banget.

ikhsan dapet nomer antrian terakhir. Kebayang kan capeknya gendong ikhsan. Setelah dipersilakan masuk, dokter akil langsung mengenali kita-karena tiap bulan emang kita kontrol kesehatan dan mantau BB ikhsan sama dokter akil. Waktu ditimbang, ikhsan masih anteng, tapi setelah mau diperiksa dan dibaringkan di kasur, ikhsan dah mulai menunjukkan tanda-tanda mau nangis. Setelah dokter akil mengeluarkan stetoskop-nya langsung deh pecah tangisnya ikhsan. Super duper kuenceng nangisnya,pake teriak-teriak padahal cuma diperiksa pake stetoskop doang loh ga pake disuntik. Wah, saya harus ekstra sabar menenangkan ikhsan. Untung dokter akil juga sabar :)

setelah diperiksa, diagnosa dokter akil, ikhsan kena radang tenggorokan dan itu yang bikin suhu badannya tinggi. Dokter akil meyakinkan kalo ikhsan ga papa dan nanti kalo minum obat pasti sembuh. Duh, leganya saya mendengar keterangan itu.

setelah dapet obatnya kami langsung meluncur ke rumah eyang, waktu itu dah jam 9an malem. Ih, capek dan laper rasanya tapi lega banget karena ikhsan bakal sembuh. Sampai di rumah eyang, eyang dah nunggu di depan rumah dan langsung menyambut kami. Kamar buat ikhsan-pun dah disiapin. Seprainya aja baru. Langsung aja ikhsan saya ajak ke kamar,dan saya rayu untuk minum obat. alhamdulillah acara minum obat lancar dan ikhsan mau diajak bobo sambil meluk boneka ijo-nya.
"Jojo...jojo..," gitu kata ikhsan menjelang tidurnya malem itu.

selama 2 hari suhu badan ikhsan berangsur turun. Hari sabtu,suhunya sudah 38 derajat. Hari minggu 37 derajat, tapi ikhsan dah mulai mau maen dan maem. di hari senin suhunya dah normal, 36 derajat, ini ikhsan dah kayak biasa. Jalan muteri rumah eyang sambil mberantakin barang-barang dan nyebarin beras ke lantai.

Alhamdulillah selama sakit ikhsan ga rewel, walo ga bisa lepas dari ijo. Kemana2 ijo dibawa dan digigit ampe buluk banget bentuknya.

Jumat, 12 September 2008

bubur buah

tadi pagi saya sempat bingung bikin sarapan buat ikhsan,karena di kulkas ndak ada bahan sayuran. Apalagi sekarang puasa, jadi kalo mau beli bubur gudeg kesukaan ikhsan ga ada karena yang jual selama puasa tutup. Akhirnya saya iseng2 bikin bubur buah buat ikhsan.Ini resepnya, mungkin bisa jadi variasi sarapan buat anak-anak kita.

bahan:
nasi secukupnya (ini biar cepet bikin buburnya karena kalo dari beras lama he2x)
1/2 buah pir dipotong dadu kecil
1/2 buah pisang dipotong dadu kecil
garam secukupnya
1/2 sdt gula
1/2 gelas santan (kalo ga ada pake aer biasa)

cara:
nasi direbus dengan santan. Masukkan garam dan gula. Aduk terus sampai agak mengental. Setelah itu masukkan buah-buahan yang sudah dipotong dadu. Setelah bubur mengental, angkat. Jadi deh, paling cuma butuh waktu 15an menit ajah.

alhamdulillah ikhsan seneng dan habis 1 mangkok.
"maem...maem bu'," gitu kata ikhsan pas saya suapin.
Jadi ga rugi pagi2 bikin bubur, apalagi cuma bentar he2x..

Selasa, 09 September 2008

menjelang 30 ...

tak terasa di tahun 2008 ini, umur saya merangkak semakin banyak dan mendekati angka 30 tahun. Hari ini, tanggal 9 september 2008, saya genap 29 tahun. Ga nyangka waktu cepat sekali bergulir dan kini saatnya saya tersungkur dalam syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada saya.
"Alhamdulillah...,terimakasih ya Allah untuk nikmat yang telah Engkau berikan."

tidak ada kado istimewa buat saya. Hanya saja tadi malam mas mengejutkan saya dengan membangunkan saya tepat jam 12 malam dan memberi saya ucapan selamat ulang tahun serta kecupan sebanyak usia saya. Bikin saya tersenyum bahagia..

semoga aja selalu ada kejutan dari mas buat saya.. :)

Senin, 08 September 2008

perkedel kentang sayuran

beberapa hari yang lalu ikhsan ga doyan sayuran. Setiap kali disuapin nasi plus sayur langsung dilepeh gitu aja. Wih, saya yang udah susah payah masak buat ikhsan sedih juga ngeliat ikhsan ngelepeh sayuran hiks..hiks. Setelah puter otak nyari ide, akhirnya saya kemaren mbikinin ikhsan perkedel kentang sayur. Berhubung ikhsan seneng ma perkedel, jadi sayurannya saya campurin di perkedel-nya biar masuk juga tuh sayuran ke badan ikhsan. Alhamdulillah berhasil. Nah, buat temen2 yang punya anak susah makan sayur, mungkin bisa juga nyobain resep ini.

Perkedel Kentang Sayuran
bahan:
3 butir kentang
4 lembar daun bayam
3 batang buncis
brokoli
1/4 buah wortel potong dadu
1 buah telur kocok
bumbu halus
1 siung bawang putih
garam secukupnya

cara:
kentang dikupas dan direbus (ini bisa juga diganti ma tahu putih yang dihancurin). setelah direbus dihaluskan dan dicampur bumbu halus serta sayuran yang sudah dicincang. Kemudian dibentuk bulat-bulat, celupkan dalam kocokan telur dan digoreng. Tralala..., jadi deh, cuma butuh waktu 20 menit.

nah kalo resep yang satu ini, buat yang lagi ga doyan makan nasi dan sayur. Karbohidrat dari nasi diganti kentang, protein-nya telor dan sayuran.

omelet sayur
bahan:
2 buah telor
1 kentang yang sudah direbus dan dipotong dadu kecil2
4 lembar daun kangkung dicincang kasar
1/4 potong wortel diiris dadu kecil2
2 batang buncis diiris tipis2

bumbu halus
1 siung bawang putih
garam secukupnya

cara
kocok telur dan masukkan semua bahan terus digoreng deh sampai matang.

Kamis, 04 September 2008

resep sup tahu sayuran

saya sudah janji untuk posting resep2 Balita yang dah saya coba di dapur buat ikhsan. Ini juga resep kreasi sendiri, jadi gampang dan cepet bikinnya. Karena saya masak-nya pagi2 sebelum berangkat ngantor. Dan dijamin Ikhsan doyan. ini beberapa resepnya. Besok2 saya tambah lagi..

Sop tahu sayuran
bahan:
8 lembar daun bayam
1 potong wortel iris dadu
1 potong tahu iris dadu
brokoli diiris kecil2
1 siung bawang putih iris tipis
1/2 bawang bombai iris tipis
margarin
gula pasir dan garam secukupnya

cara:
bawang putih dan bawang bombai ditumis pakai margarin. Setelah harum masukan air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Setelah itu masukan tahu. Berikutnya masukan sayurannya, tapi jangan terlalu lama biar vitaminnya ga ilang.

semur telur puyuh dan sayur
bahan:
8 lembar daun kangkung
2 batang buncis iris tipis
1 potong tempe
5 butir telor puyuh
2 butir bawang putih
1/2 sdt ketumbar
garam, gula pasir secukupnya
kecap
margarin untuk menumis

cara:
bawang putih, ketumbar dan garam dihaluskan. Terus ditumis pake margarin yang. Setelah itu masukkan telur puyuh dan tempe sambil ditambah air. Setelah mendidih, tambahkan gula pasir dan kecap. Terakhir masukkan sayurannya.

Senin, 01 September 2008

menyambut ramadhan dan cerita ikhsan

menjelang ramadhan, saya sekeluarga mohon maap lahir baten ke semua temen2 yang pernah berkunjung ke blog beranda rumahku. Semoga puasa ramadhan tahun ini membawa hikmah dan barokah bagi kita semua.

tahun ini adalah kali kedua untuk ikhsan bertemu dengan bulan suci ramadhan. Ramadhan tahun lalu usia ikhsan baru-lah 4 bulan, jadi tidak terlalu ribet buat saya untuk menyiapkan sahur ataupun buka untuk kami karena ikhsan masih belum bisa banyak bergerak hanya berguling2 dan tengkurap saja. Jadi bisa disambi-sambi :)

nah di ramadhan tahun ini,usia ikhsan sudah menginjak 14 bulan. Sebelum ramadhan tiba, saya menduga-duga kalo ramadhan kali ini bakal ramai dan seru karena pasti ikhsan ikutan ribut sahur/buka. Seperti tadi malem, ikhsan ikutan bangun sahur. Wah.. untungnya kita dah selesai sahur jadi ketika ikhsan bangun kita bisa ndolani dan ngajak maen.

Ikhsan sekarang hobi ikutan riweuh di dapur kalo saya masak. Saya pegang wortel, ikhsan ikutan ngerebut. Alhasil dapur jadi berantakan, belum lagi celoteh ikhsan yang tanya2 sayuran yang saya pegang.
"apa bu ?" celoteh ikhsan setiap kali melihat sayuran yang saya pegang.
kalo saya jawab, "ini wortel nang," Ikhsan senyum dan bakal nanya lagi, "apa bu ?" gitu terus sampai saya harus mengalihkan perhatiannya ke hal lain.
kosakata ikhsan sudah lumayan dan sekarang sudah mengerti jika diajak bicara walau dia belum bisa menjawab. Seperti kalo saya minta dia untuk duduk, jongkok ataupun berdiri, Ikhsan sudah bisa melakukannya dengan benar. Dan satu hal yang bikin saya senang adalah rasa ingin tahunya yang tinggi. Setiap melihat sesuatu yang baru selalu bertanya, "apa bu ?" dan pertanyaan ini harus dijawab karena ikhsan akan terus bertanya, "apa bu...apa bu?"

ikhsan juga seneng berjalan mundur dan sesekali jongkok sambil jalan (ini lucu banget, karena saya belum pernah ngajari). Gigi ikhsan sekarang dah banyak, gigi seri atas 4, gigi seri bawah 4, gerahan kanan kiri atas dan bawah masing-masing 1, alhasil sekarang hobi ngunyah. Dan alhamdulillah kalo maem nasi ga pernah diemut, pasti dikunyah.
Moment makan ikhsan adalah moment yang sangat saya tunggu karena jika ikhsan dah laper dan pengen makan, pasti deh heboh teriak-teriak, "maem..maem...maem...," sambil menuju meja makan atau buka lemari makan atau berusaha buka kulkas. Dan kalo dah gini ndak bisa ditunda untuk ngajak ikhsan makan. Biasanya saya ngajak mas-bapak ikhsan-kalo pas dirumah untuk makan bareng ikhsan. Ikhsan seneng kalo makan bareng bapak, bisa habis banyak he2x plus ngrusuhi-ngganggu piring bapaknya.
"bapu...bapu.. maem," gitu kalo ikhsan manggil bapaknya makan.
dengan sendok di tangan, ikhsan dengan saya bantu mulai makan. Ikhsan pengennya nyuapin sendok ke mulutnya sendiri padahal dia belum bisa jadi yang terjadi adalah nasi belepotan dimana-mana. Tapi saya seneng karena ikhsan dah mulai belajar makan sendiri. Menu favorit ikhsan adalah sop, perkedel dan ati ayam kampung. Kapan-kapan deh saya posting menu-menu makanan ikhsan kreasi saya sendiri. Karena alhamdulillah sejak makan MPASI ikhsan seneng MPASI home made karya saya he2x..

Rabu, 27 Agustus 2008

happy birthday mas

happy birthday mas.....

genap 36 tahun sudah usiamu
semoga di usiamu kini, kedewasaan mas semakin matang dan kesabaran mas semakin bertambah dalam membimbing kami -jeng dan ikhsan-
jangan pernah lelah ketika jeng mengeluh dan ingin bersandar di bahu mas
mas adalah sejuta harapan kami...

banyak doa yang kami panjatkan kepada Allah untuk mas
semoga kesehatan dan keselamatan selalu tercurah untuk mas
semoga kemudahan urusan kantor selalu terpampang untuk mas
semoga senyum, tawa dan gojekan selalu terlontar dari mulut mas
dan semoga kebahagian selalu hadir untuk kita

amien....

ayo, mas tiup lilin ulang tahunnya...

28 agustus 2008

Rabu, 13 Agustus 2008

3 tahun sudah....


Tak terasa 3 tahun sudah kami –saya dan mas- berbagi suka dan duka. Bentangan hari yang kami lalui sungguh mengesankan. Tanggal 14 Agustus 2005 adalah hari dimana mas mengucapkan ijab qabul dengan bapak saya. Sungguh haru kala itu mendengar mas dengan mantap menerima nikah saya dari bapak. Tak ada keraguan dari kalimat yang diucapkan mas di depan naib dari KUA. Waktu itu saya sempatdeg-degan, tapi mas kayaknya tidak deg-degan alias muantap.

Selang seminggu setelah menikah, mas harus kembali ke bandung untuk menyelesaikan kuliah S2 di ITB. Waktu itu rasanya sedih juga ditinggal suami hiks..hiks karena membayangkan akan menghabiskan masa cuti menikah sendirian. Alhasil selama seminggu setelah menikah saya hanya sendirian. Sepi dan ga enak banget, saya pun sempat uring-uringan sama mas. Tapi mas menanggapi dengan “damai” alias ga ikut-ikutan senewen.
“sabar ya jeng…,besok setelah ujian semester selesai pasti mas pulang ke djogja,” begitu janjinya.
Hampir 1 tahun kami terpisah. Saya di djogja dan mas di bandung. Dan masa-masa itu seru kalo diingat karena kala itu kami harus rela melek malam-malam demi mendapat tarif murah untuk saling bertelepon. Setiap jam 3 pagi dering telpon seluler saya sudah berbunyi. SMS dari mas yang rutin membangunkan saya untuk sholat malam. Usai sholat malam, barulah mas menelpon dan waktu 1 jam pun berlalu untuk saling ngobrol dan ketawa-ketiwi. Menjelang subuh barulah acara telpon-telponan usai karena adzan subuh sudah memanggil kami untuk sholat. Dan setelah sholat subuh, bisa ditebak kalo saya ngantuk berat dan tidur lagi sampai jam 6 pagi dan baru siap-siap ke kantor selepas jam 6.

Karena setiap hari ada acara telpon-telponan alhasil alokasi budget untuk pulsa pun membengkak. Tapi ga papa sih, wong dalam keluarga kan komunikasi penting (ini sih untuk ngayem-yemi hati aja karena membengkak-nya budget he2x) lagi pula kami belum punya tanggungan anak. Setelah menyelesaikan kuliah di Bandung, akhirnya mas diwisuda juga dengan predikat cumlaude. Wih seneng dan bangga rasanya ketika melihat mas berdiri ketika namanya disebut sebagai peserta wisuda yang cumlaude dalam acara wisuda sarjana & magister ITB tahun 2006. Saya ga pernah ngebayangin mas hanya punya 1 nilai B dalam transkrip Magister Sains-nya. Kata mas, selama kuliah di Bandung dia konsern belajar biar kuliahnya cepat kelar dan cepet balik Djogja ketemu sama istri tercinta.
"Dapat nilai bagus juga karena di support istri kok," ujar mas rada tersipu karena saya puji predikat cumlaude-nya. (wekekek..., saya sempat ge-er juga mendengar pernyataan2 mas itu)
dan di akhir tahun 2006 saya dinyatakan positip hamil. Duh...,senengnya kami menerima anugrah ini, setelah hampir 1,5 tahun menunggu. Rasanya lengkap kehidupan keluarga kecil kami dengan kehadiran ikhsan di pertengahan tahun 2007. Semakin komplit kebahagian saya dan mas karena kami dapat membeli sebuah rumah mungil di tengah rimbunnya pohon-pohon dan hijaunya persawahan menjelang kelahiran ikhsan. Bagi saya, ikhsan dan mas adalah simponi kebahagian dalam hidup. Mas, dengan kesabarannya telah menggenapkan cinta saya padanya menjadi 100%. Saya dulu sempat tak bisa membayangkan cinta saya pada mas akan semakin bertambah setelah menikah dengannya. Kini tak ada hentinya saya bersyukur pada Allah karena telah menjodohkan saya dengan mas..., Alhamdulillah.
Semoga, kehidupan keluarga kecil kami senantiasa dilimpahi cinta, kasih dan sayang..
dan semoga rahmat Allah selalu terlimpah pada kami..
ami..iin

Senin, 11 Agustus 2008

award



dapet award dari yuka-umina syamil. Tengkyu ya prend. Semoga aja pertemanan kita tetep bersemi sampai nanti...he2x.

Rabu, 06 Agustus 2008

cerita Festival seni Internasional

Ah, akhirnya saya bisa posting juga setelah selama beberapa minggu ini disibukkan dengan kerjaan kantor. Usai Festival Seni Internasional 2008 digelar, saatnya saya melaporkan (ih, kayak lapor ma komandan ajah.. he2x) acara festival kemaren.


Festival kali ini mengambil tema art for teacher, jadi banyak meng-explore karya-karya guru baik, guru SD, SMP,SMA dan SMK. Mulai dari karya kriya sampai karya seni pertunjukan. Ternyata ga nyangka loh, para guru itu punya kemampuan yang ok. Lukisan karya mereka yang dipamerkan juga cukup membuat orang berdecak kagum. Puncak acara festival ditandai dengan penganugrahan Teachers Award.


Acara bazar barang-barang seni juga ga kalah seru dan ramai karena banyak barang-barang unik dijual dengan harga yang miring. Saya aja juga ikutan mborong he2x.
Mumpung acara ini gratis dan ga setiap tahun digelar, saya ga sia-siakan kesempatan ini. Setiap sore,selepas kantor (karena kalo pas jam ngantor saya sibuk dengan jadwa panitia) saya mengajak ikhsan untuk lihat festival. Tak ketinggalan asisten di rumah juga saya ajak. Mas –bapak ikhsan- karena sibuk dengan urusan kantor, ga setiap hari bisa menemani kita nonton. Ah, yang penting kami –saya dan ikhsan- senang karena bisa mengapresiasi seni dan budaya bangsa kita. Semoga saja 2 tahun mendatang festival seni internasional ini bisa tetep digelar.

Jumat, 11 Juli 2008

festival seni internasional 2008

tanggal 15-19 Juli 2008, di kantor ibu ikhsan punya gawe hajatan besar yaitu Festival Seni Internasional 2008. Acara ini sudah kedua kalinya digelar. Festival yang pertama digelar tahun 2006, dan lumayan meriah. Rencananya Festival Seni internasional ini akan digelar tiap 2 tahun sekali.Acaranya banyak dan bagi pecinta seni, inilah saatnya menemukan ajang kreativitas seni tingkat internasional. Nah bagi temen2 yang mempunyai waktu luang dan ingin mengapresiasi seni budaya kita,- gratis kok- ibu ikhsan gajak temen-temen untuk hadir dan penyaksikan Festival ini di PPPPTK Seni Budaya, Jl. Kaliurang km 13, Klidon, Ngaglik Sleman Yogyakarta.

ini jadwal acara plus hari tanggal dan waktunya:


No. Hari/tanggal acara
1. Selasa, 15 Juli 2008 Pembukaan Festival 14.30
Mime Theater (Inggris-Indonesia) 19.30-20.00
Contemporary Dance - 20.00-20.30
Kasco Takemoto-jepang)-19.30-20.00
Wayang dua Budaya (Mexico-Indonesia)-20.15-21.00
Gamelan Kontemporer (Amerika Serikat) - 21.00

2. Rabu, 16 Juli 2008 Pameran seni Lukis dan Kriya 09.00-21.00
Tari Keddi Hemanga (NTT) 15.30-17.30
Reog Wayang (Bantul) 18.00-19.00
Pertunjukan karya Guru SD dan SMK- 19.30-21.00
Kesenian Rinding (Wonosari) - 21.00

3. Kamis, 17 Juli 2008 Pameran seni Lukis dan Kriya 09.00-21.00
Seminar Internasional Pendidikan Seni 09.00-15.30
Jathilan (Temanggung) 15.30-19.00
Pertunjukan karya Guru SMP dan SMA 19.30-21.00
Story Telling (Gambia) 21.00

4. Jumat 18 Juli 2008 Lomba Lukis Anak 08.00-16.00
Pameran seni Lukis dan Kriya 09.00-21.00
Tari Bon Odori (Jepang) 16.00-17.00
Kesenian Oglek (Kulon Progo) 18.00-19.00
Penganugrahan Teacher Award plus orchestra Jophilo 19.30-21.00

5. Sabtu, 19 Juli 2008 Pameran seni Lukis dan Kriya 09.00-21.00
Jathilan 16.00-19.00
Dance Theater (Jepang) 19.30-20.00
Penutupan plus Siglap Nusantara orchestrA(Singapura) 20.00

yok rame2 ikutan datang dan menyaksikan...
kalo pengen info lebih lengkap bisa email ke ibu ikhsan: triwidy@yahoo.com

Senin, 07 Juli 2008

mas dan gitar kesayangan


Akhir minggu lalu mas sigit beli gitar. Sebuah benda yang dah lama banget saya pengen mas punya. Kayaknya si mas tahu kalo jeng-istrinya pengen, akhirnya dibeli deh itu gitar. Sewaktu sampai rumah, dah terbayang duduk berdua trus mas maen gitar dan nyanyi-wih jadi teringat dulu waktu masih "pacaran" mas sering banget bermain gitar buat saya. Pernah dulu waktu jalan-jalan ke pantai parangtritis kami didatangi seorang pengamen dengan gitar di tangan. Tiba-tiba mas minjem gitar si pengamen dan memainkannya di hadapan saya dan si pengamen. Waktu itu saya kaget juga, ih ternyata mas bisa maen gitar... setelah selesai memainkan satu lagu, itu gitar di kembalikan ke si pengamen plus dikasih uang sama mas. Pengamennya merasa heran banget tapi tetep aja menerima uang dan gitarnya kembali. Mas cuma melirik dan tersenyum ke arah saya. Saya waktu itu cuma balas tersenyum aja.
Rasanya dalem banget deh, kalo denger suara mas nyanyi sambil maen gitar. Sejak belum menikah kami punya lagu favorit, judulnya rembulan di langit hatiku yang dinyanyiin sama Seismic. Setiap kali mas nyanyi lagu itu, rasanya nyentuh banget apalagi ditambah petikan gitar akustiknya. Sekarang lagu itu jadi sering dinyanyiin mas di rumah sambil metik gitar sementara kami-ikhsan dan saya- biasanya duduk terdiam dan menikmati alunan suara mas dan gitarnya.
saya sering banget terharu mendengar lagu itu dan kadang sampai menetes tuh air mata di pipi, karena liriknya menyentuh banget dan semakin merasakan cinta-nya mas...
ini sebagian lirik yang bikin hati jadi terharu

rembulan di langit hatiku menyalah engkau selalu
temani kemana langkahku pergi menuju tempat kita tuju
rembulan di langit hatiku tegaklah engkau pandu aku
doakanlah ku di sholat malam-mu
pelita perjalanan-ku
rembulan di langit hatiku.. :)
terima kasih mas...untuk semuanya






Senin, 30 Juni 2008

ikhsan genap 1 taon

sebenarnya ikhsan genap berusia 1 tahun pada tanggal 30 juni, tapi tasyakurannya kita adain hari sabtu tanggal 28 kemaren. Alasannya karena pada sabtu kemaren mama rahma hari terakhir libur ngantor, jadi biar mama bisa ikutan dateng, tasyakurannya kita majuin.
Anak-anak TPA udah kita undangin supaya bisa hadir hari sabtu jam 4 sore.

wah rasanya seneng dan heboh nyiapin tasyakuran ikhsan karena yang riwueh cuma ibu ikhsan. Bapak ikhsan dah ga punya waktu untuk ngurus- maklum kerjaan kantornya bejibun dan pulang sore terus- Alhasil semua konsep acara cuma ibu ikhsan aja yang ngerancang, bapak ikhsan manut. "Wis acara tasyakuran ikhsan terserah jeng aja," gitu katanya.

siip deh, akhirnya ibu ikhsan yang sibuk. Awalnya ibu ikhsan bikin design untuk goody bag-nya. Ada poto ikhsan yang lagi gaya plus hiasan balon2, biar terkesan ceria. Abis itu masukin ke percetakan- kebetulan ada temen ibu ikhsan yang bersedia membuatnya dengan kilat karena cuma 5 hari selesai- Sempat deg-degan juga, karena goody bag pesenan jadinya mepet banget. Hari sabtu pagi baru jadi padahal acaranya sabtu sore, kebayang kan bakal kesusu-tergesa2 masukin makanan dan snack ke goody bag.

sabtu pagi setelah ambil goody bag pesenan, ibu ikhsan langsung berkutat di dapur bikin brownies kukus 2 loyang. Tapi ikhsan kayaknya ga mau kalah, jadi ikutan riwueh di dapur. Bukannya mbantuin tapi malah nggangguin. Mulai dari ngerebut coklat dan dibuat maenan, megang2 mixer, mainan tepung, berusaha megang kompor..., wah pokoknya acara bikin browniesnya heboh. Yang bikin rada gondog tuh, pas mau ngukur loyang ke2 gas-nya abis. Wih.., mesti nunggu bapak ikhsan beli. Sambil nunggu gas-nya dateng, ada waktu untuk maen2 sama ikhsan.

untungnya mama datang mbantuin, jadi snack dan makanan bisa langsung masuk ke goody bag. Kita nyiapin 50 biji , semoga aja cukup. Acara mbungkus doorprise aman dari gangguan ikhsan karena dia bobo siang.
Jam 1/2 4 sore semuanya dah beres dan siap diangkut ke mesjid. Anak-anak TPA dah pada bersliweran lewat di depan rumah. Wah dah pada siap tuh. Malah ikhsan-nya yang ga ngeh, wong diajak berangkat ke mesjid ga mau, pengen maen di rumah sama eyang.
"Ikh...saan," Lina berteriak manggil ngajak berangkat. Lina, anak tetangga depan rumah yang saban harinya jadi temen maen ikhsan. Sore itu dia berpakaian busana muslim komplit dengan jilbab mungilnya, kliatan cantik. Beda banget dengan kesehariannya yang rada lecek karena sering maen tanah dan ke sawah.

"ikhsan ayok, berangkat. Tuh mba Lina dah siap," ibu ikhsan berusaha mbujuk ikhsan yang angot2an.
dengan tatapan mata heran, ikhsan ngeliat ke ibu ikhsan dan mau langsung digendong. Berhasil deh, ngajak ikhsan berangkat.

sampai di mesjid ternyata dah banyak anak2 yang dateng. Lebih banyak dari biasanya. Seneng deh, lihat antusiasme anak-anak. Ikhsan dah teriak2 seneng lihat banyak anak2 disana. Bekal dari rumah dah diangkut sama bapak ikhsan dibantu eyang.
Acara dimulai jam 4 tet. Yang didaulat jadi MC, mama rakhma. Acara dimulai dengan membaca Al-Fatikhah dan mama memperkenalkan kami sekeluarga plus lokasi rumah kami- secara kami warga baru disana, baru 10 bulan. Bapak ikhsan kebagian tugas jadi tukang sorot dengan handycam di tangan. Setelah itu disusul dengan pembagian doorprise dipimpin bapak ikhsan, tugas tukang sorort pindah ke tangan ibu ikhsan. Nah si Ikhsan ga mau anteng pas acara ini. Jalan kesana-sini, sambil teriak-teriak seneng.

Bapak ikhsan ngasi pertanyaan lucu2. Kayak gini., " siapa yang tahu nama lengkap ikhsan?"
anak-anak pada celingukan ga tahu. Akhirnya dikasih pilihan," 1. ikhsan pratama 2. ikhsan idol," semua pada ketawa. " 3. ikhsan gita pramesthi."
si Dila (tetangga samping rumah) langsung mengacungkan jari, " ikhsan gita pramesthi," teriaknya.
"ya bener...,mba dila dapat doorprise, ayo ikhsan yang ngasih," kata bapak ikhsan.
ikhsan berjalan maju, bukannya ngasih doorprise eh malah ngerebut doorprisenya. Wekekek jadi pada rebutan doorprise di depan.n Ikhsan ga mau ngasih doorprisenya.

akhirnya 6 buah doorprise habis dibagikan. Anak-anak pada seneng kayaknya. Trus Acara ditutup dengan doa yang dipimpin bapak ikhsan. Semua yang hadir meng-amini.
sebelum acara usai, kita sempatin nyanyi lagi selamat ulang tahun buat ikhsan. Pas kita semua nyanyi, ikhsan ikutan tepuk tangan sambil ketawa2...,duh lucu banget deh.

selesai nyanyi, anak-anak menyalami ikhsan dan dibagi goody bag. Alhamdulillah acara sukses dan anak-anak seneng semua.

selamat ulang tahun ya nak..., doa ibu dan bapak menyertai. Semoga kamu jadi anak yang sholeh, berbakti pada ibu dan bapak, berguna bagi umat dan hidupmu kelak barokah. amiiin.

terimakasih buat mama rakhma dan eyang yang dah ikutan capek mbantuin.

poto dan videonya belum bisa dipajang karena masih dibawa bapak ikhsan. Nyusul aja yach?

Jumat, 27 Juni 2008

jelang 1 taon Ikhsan

tanggal 30 Juni ini genap-lah sudah ikhsan berumur 1 tahun. Kami berdua sangat bersyukur dengan kehadirannya di dunia. Betapa dunia kami menjadi indah dan bahagia dengan celoteh ikhsan setiap harinya. Banyak doa yang kami panjatkan untuk ikhsan...

"semoga bisa menjadi anak yang sholeh,taat pada agama, berbakti pada orang tua, dan hidupnya berguna bagi umat.
"semoga juga kehidupannya kelak dapat bahagia dan sejahtera serta menjadi pepimpin keluarga yang kokoh, tangguh dan bertakwa."

sebagai ungkapan rasa syukur kami kepada Allah, kami berencana mengundang anak-anak TPA di dusun kami dalam rangkaian pengajian tasyakuran pada:
hari/tanggal: sabtu, 28 Juni 2008
tempat : Masjid Tanjungsari, Sukoharjo,Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
jam : 16.00 WIB

Buat temen-temen yang mempunyai waktu luang, kami persilakan hadir ya.... :)

Kamis, 26 Juni 2008

ikhsan dan teman-teman


Ikhsan sudah ngerti maen –dolan- ketika kemaren selama sebulan di tempat eyang, ikhsan sudah punya sederet teman maen. Ada Lia, Rani, Ais, Ima, Dea, devon-devin (yang ini anak kembar keturunan cina), Mita, Ridho, Thomas, Ivan.
Kalau pas anak-anak itu lewat depan rumah pasti berteriak-teriak ngajak ikhsan keluar. “Ikh...saaan..,Ikh...saan..” Mendengar panggilan itu, biasanya ikhsan sudah ribut minta dibukain pintu.
Lia dan Rani yang paling heboh kalo ketemu ikhsan. Biasanya ikhsan langsung dipeluk-peluk. Giliran ikhsan yang bengong kalo mereka beruda dah berebut meluk ikhsan. Devo-devin si kembar keturunan cina itu juga ga mau kalah ikutan meluk2 ikhsan, tapi ikhsan-nya yang ga ngeh jadi tetep cuek.
“dede ikhsan sini,” teriak Devin sambil narik ikhsan
Si devon ga mau kalah, “ dede ikhsan sini ajah, kagak usah ikut Dapin,”
“dede Ikhsan suka sama Dapin,” si Devin ga mau kalah.
Si ikhsan yang diperebutkan si kembar diem aja, padahal devon-devin udah saling melotot dan teriak2 kenceng hi..hi.. Kalo dah gitu, biasanya ibu si kembar turun tangan dan narik mereka berdua untuk pulang, karena kalo didiemin bakalan berantem tuh si kembar.

Jadi kalo di komplek tempat eyang, ikhsan jadi idola anak2 di sana. Ga tahu kenapa bisa begitu. Apa karena ibu-nya cantik ya? Ih lha kok malah ibu ikhsan yang kege-eran ya?he2x

Rabu, 25 Juni 2008

ikhsan dan buku kesayangan



kegemaran terbaru ikhsan adalah membaca buku. Setiap dibelikan buku baru begini-lah aksinya. Setiap lembar dibuka dengan antusias dan bersemangat. Buku favorit ikhsan berjudul "Siapa yang mengeong?" di situ ada gambar2 binatang yang gede. Ikhsan paling suka sama gambar kucing. Pas buka halaman yang ada gambar kucing, pasti deh ikhsan tertawa terkekeh-kekeh seneng.
jadi sekarang budget untuk beli buku ikhsan kudu ditambah :)

Jumat, 13 Juni 2008

ikhsan-ku 11 1/2 bulan

usia 11 bulan ini banyak hal yang menggembirakan pada perkembangan ikhsan. Berat badan yang hampir 10 kg bikin kita ga kuat gendong ikhsan lama2 :) Syukurlah sekarang ikhsan lebih berani melangkahkan kaki ketimbang minta gendong atau merangkak.
Bentar lagi kamu 1 taon lho nang, yang pinter jalannya ya?biar bisa jalan2 bareng ibu dan bapak...

Gigi ikhsan sudah 6, tapi belum nambah lagi... karena giginya dah mulai banyak, ikhsan dah seneng ngunyah makanan-walaupun luama he2x...

Yang paling lucu, pas jadwal makan pasti ikhsan teriak2 ga sabar, "maem...maem," sambil berjalan mengitari meja makan. Ketika disuapin, nah langsung deh senyumnya mengembang, "maem..maem," katanya dengan mengangguk2kan kepala.
duh senengnya, kalo liat ikhsan beraksi kayak gitu...

Selasa, 03 Juni 2008

cerita tentang si om

cerita tentang operasi usus buntu si om kelik selalu bikin hati ibu ikhsan miris. Sejak dioperasi tanggal 21 Mei lalu sampai sekarang keadaannya belum pulih benar. Karena usus buntu-nya dah kronis jadi menimbulkan infeksi pada luka pasca operasinya. Akibatnya jahitan-nya selalu basah dan mengeluarkan cairan. Aduh kebayang kan perihnya?
ibu ikhsan jadi keinget dulu waktu jahitan pasca sesar yang ga kunjung kering. Selama 3 bulan jahitan mengeluarkan cairan dan mesti rutin ke dokter untuk mengeluarkan cairan dari bekas luka sesar. Wih periiihnya bo... ga ketulungan.
lha kok kejadian yang hampir mirip berulang pada si om. Setiap kali nganter si om kontrol ke rumah sakit, ibu ikhsan bawaannya lemes, mual dan mau pingsan kalo liat si om mringis-mringis nahan sakit karena lukanya dipencet dokter untuk mengeluarkan cairan serasa ngerasain sendiri -maklum ini adik ragil kesayangan ibu ikhsan-
ini memasuki minggu ke2 setelah operasi, keadaan si om dah mulai membaik tapi masih harus kontrol 2 hari sekali ke rumah sakit untuk membersihkan luka pasca operasinya. Menurut dokter, butuh waktu 2-3 minggu agar lukanya menutup dengan sempurna.
doain ya agar si om cepet pulih seperti dulu lagi....

NB. Tengkyu buat astien dan temen2 yang dah nyempetin datang jauh2 dari semarang untuk nengokin si om

Senin, 26 Mei 2008

cerita campur-campur

Akhirnya sempet juga ngapdet blog. Makasih buat temen2 yang dah berkunjung. Maap belum sempat BW..
Banyak banget yang mau diceritain ampe bingung mesti mulai dari mana??

Mulai dari kepulangan bapak ikhsan dari penang...
Bapak ikhsan sampai di djogja hari jumat malam tgl 16 mei. Wih rasanya deg2an banget soale dah kangen berats sama bapak yang satu ini he2x. Meski hampir tiap bulan ditinggal tugas keluar kota, rasanya tetep aja kangen dan sepi kalo ga ketemu..(ya namanya juga cinta- i love you mas).
Apalagi ikhsan yang tiap pagi mesti nyari,”apak..apak,” katanya nyari bapak.
Pas ketemu dah bisa ditebak kalo ikhsan sueneng banget, langsung nyari tangan bapak minta ditetah keliling rumah eyang. Seminggu ditingal, ikhsan dah bisa ditetah pake satu tangan dan yang paling menggembirakan sekarang dah bisa jalan sendiri 2-4 langkah.
Pas acara bongkar-bongkar koper,kita berharap bapak ikhsan bawa banyak oleh2, eh ternyata yang paling banyak ditemukan adalah tumpukan baju kotor he2x. “Ga sempet belanja-belanja je jeng, jadi ga bisa bawa oleh2..wong acaranya padat,” kata bapak ikhsan rada minta maap.
“Ga papa...,yang penting mas sehat bisa balik dengan selamat, dan bisa ketemu jeng sama ikhsan,” ibu ikhsan menenangkan.
Bapak ikhsan langsung tersenyum lega.
Tapi di tengah tumpukan baju kotor kita nemukan “harta karun” berupa coklat2 dari penang,gantungan kunci, dan bros buat ibu ikhsan. Wah seneng deh nemuin barang-barang itu di koper bapak. Ternyata bapak nyempetin juga beli oleh2 di tengah acara workshop yang padat di penang. Makasih ya yang...

ini poto pas bapak di penang...

Cerita selanjutnya tentang om kelik yang di semarang –ini adik ragilnya ibu ikhsan-
Si om ini dapet musibah kecelakaan motor di temanggung minggu yang lalu. Tapi ga parah..Cuma lecet dan memar aja. Jadi ga dibawa ke rumah sakit. Begitu dapet kabar itu,kita yang di djogja rada lega. Dua hari stelahnya kita dapat kabar kalo si om opname di RS gara2 semalam muntah2 dan perutnya sakit banget. Wah..,rada panik juga denger kabar ini,masalahnya waktu itu bapak ikhsan belum balik dari penang dan di semarang cuma ada mama rahma –ini kakak ibu ikhsan-
Mau cabut ke semarang,jelas ga bisa kalo ninggal ikhsan sendirian. Trus eyang juga kondisinya ga memungkinkan ke semarang. Akhirnya kita ga bisa ke semarang dan mama rahma yang dapat “tugas” ngurusi si om opname di RS. Setelah 2 hari kok ya penyakitnya belum ketahuan. Karena ga dapet penanganan yang ok,kita putusin untuk pindahin si om ke RS di djogja aja. Untung si om manut.
Sebelum si om sampai djogja, kita dah ngebel dokter langganan ibu ikhsan dan janjian untuk periksa. Begitu sampai di djogja hari senin sore langsung ketemu sama dokter teguh. Setelah diperiksa ternyata si om kena usus buntu yang dah akut. Solusinya musti cepet2 diangkat. Akhirnya kita sepakat untuk operasi di RS Panti Rapih tempat dokter teguh bersedia ngoperasi si om.
Untungnya bapak ikhsan dah balik dari penang, jadi bisa ikutan ngurusi si om yang lagi sakit ini. Kita berdua gantian nunggu si om di RS.
Operasi dilakukan hari rabu sore, Alhamdulillah operasinya lancar dan perkembangan si om bagus, jadi ga terlalu lama opname. Hari jumat si om dah diperbolehkan pulang. Rasanya lega deh si om dapet penganganan yang bagus selama opname di RS (maklum si om kan adik kesayangan ibu ikhsan). Semoga aja kesehatannya cepet pulih seperti dulu lagi dan dapet balik ke semarang dalam keadaan sehat.

Senin, 12 Mei 2008

ditinggal bapak ikhsan ke penang-malaysia


sejak sabtu kemaren kita mudik ke tempat eyang di condongcatur. udah 3 minggu ga nengokin eyang. Kangen.. dan sampai seminggu ke depan, rumah kita bakalan kosong karena kita di rumah eyang. Alasannya karena bapak ikhsan selama seminggu ini ada tugas kantor ke pulau penang yang katanya deket Kuala lumpur. Daripada eyang sendirian di rumah dan kita juga sepi di rumah ya udah kita putusin balik ke rumah eyang aja selama bapak ikhsan tugas.

sabtu pagi di rumah kita packing baju-baju yang mau dibawa. Wah ternyata banyak juga jadi 2 tas gede plus 1 koper bapak ikhsan. Ih..kayak mau pindahan aja rasanya. Pas kita lagi sibuk packing, ikhsan juga ikutan ribut. Merangkak ke sana ke mari sambil teriak-teriak. Pokoknya heboh deh.. Disuruh duduk anteng dan maenan ga mau., alhasil acara packing makan waktu lama.
Pas mau pamitan ma tetangga (sekalian titip rumah neeh, emangnya barang ya?he2x), tetangga pada heran kok bawaan kita banyak banget?kayak orang mau pindahan aja..
Kita cuma senyum-senyum aja.
"badhe tindak pundi to bu,kok gawane kathah?" (mau kemana to bu, kok bawaannya banyak?) - ini yang nanya mbah mitro,tetangga depan rumah-tempat ikhsan biasa maen di pekarangan rumahnya.-
"namung badhe nuweni eyang-e di ikhsan mbah.."(cuma mau nengokin eyang dik ikhsan mbah) - jawab ibu ikhsan. "nderek titip griya nggih mbah..
"Nggih bu...," mbah mitro mengiyakan sambil tersenyum

di desa tempat tinggal kita, emang suasana kekeluargaannya masih terasa banget. Beda dengan perumahan tempat eyang. Di sini kalo ada apa-apa tetangga langsung ngaruhke dan siap mbantu. Suasananya tenang dan udaranya adem karena banyak pohonnya.
Kalo rumah kita kelamaan kosong, besok pas kita balik langsung dikaruhke..,kayak orang kangen aja yang lama ga ketemu..

lanjut cerita tentang bapak ikhsan..
kita sampai di rumah eyang dah agak siang. Eyang seneng banget liat ikhsan. Langsung diajak maen dan ditetah. Ikhsan langsung teriak-teriak seneng..
hari itu rumah eyang jadi rame karena teriakan ikhsan,maklum biasanya cuma eyang sendirian.
malam harinya rumah eyang tambah rame karena om kelik dan mama rahma dateng dari semarang. Yang paling seneng tentu saja ikhsan karena banyak orang yang bersedia gendong dan netah dia.

hari minggu pagi pakdhe abi dateng dari solo bawa oleh2 buah pir yang banyak. Pakdhe dateng sendirian karena budhe umi mesti njagain mas hayyun yang baru 2 bulan, belum brani bawa hayyun jalan jauh katanya. wah bisa kebayang kan rumah eyang yang tadinya sepi sekarang penuh orang (ada 8 orang termasuk asisten ibu ikhsan). Pokoknya hari minggu kemaren seru..

hari minggu sore rumah eyang mulai sepi karena om kelik dan mama rakhma musti balik ke semarang. Sementara pakdhe abi balik ke solo jam 7 malem (setelah dari bantul nengokin ortunya) dan senin pagi bapak ikhsan mesti berangkat ke penang. Karena dapet penerbangan jam 7, jadi bapak ikhsan mesti berangkat agak pagian. Kita sengaja ga ngasih tahu ikhsan kalo bapak mau pergi ke penang.. Pengalaman kemaren2 kalo ikhsan dikasi tahu bapaknya tugas luar malah rewel.
bekal yang ga lupa dibawa adalah satu stel baju ikhsan yang ditaruh di dalam koper. Kata bapak ikhsan, " ben ikhsan ra rewel ditinggal bapak."
ibu ikhsan cuma manggut-manggut aja, manut.
sebelum bapak ikhsan berangkat disempatin juga buat nyium pantat ikhsan. Yang ini katanya "ben ikhsan ra rewel ditinggal bapak."
sekali lagi ibu ikhsan manggut-manggut,manut.
"ilmu" nyium pantat ikhsan ini didapet pas bapak ikhsan tugas di bontang. Waktu itu ikhsan baru berumur 5 bulan dan terpaksa opname di rumah sakit karena dehidrasi. Nah kata temen bapak ikhsan dari bontang, harusnya bapak ikhsan nyium pantat ikhsan dulu sebelum berangkat biar anaknya ga rewel dan ga sakit pas ditinggal. Bapak ikhsan rada ga percaya,masak iya sih?
nah karena penasaran,setelah balik dari bontang dipraktekkan tuh "ilmu" nyium pantat-nya. Pas dapet tugas ke samarinda, pantat ikhsan dicium dulu sebelum berangkat dan hasilnya ikhsan ga rewel dan sakit pas ditinggal bapak ikhsan. Akhirnya setiap kali bapak ikhsan dapet tugas keluar kota, acara nyium pantat ikhsan sebelum berangkat jadi rutinitas yang ga boleh dilewatkan.

keberangkatan bapak ikhsan ke bandara diiringi tangis klayu-nya ikhsan, tapi cuma sebentar aja. Semoga ikhsan yang ditinggal bapak akan baek2 aja dan semoga bapak urusannya juga lancar dan selamat balik ke tanah air. Semoga juga ibu ikhsan juga sehat dan kuat nahan kangen ga ketemu bapak ikhsan selama seminggu :) (he2x)

We miss u bapak..

Kamis, 08 Mei 2008

ikhsan klayu

minggu ini lumayan padet dan bikin badan capek. Kerjaan kantor ibu ikhsan lumayan banyak jadi kadang siang pas istirahat ga bisa nengokin ikhsan. Bapak ikhsan apalagi...,kalo pulang pasti dah maghrib. Maklum lagi ikut workshop buat ke pulau penang malaysia minggu depan.
kita-kita jadi kesian sama ikhsan. Soalnya waktu ketemu sama bapak-ibunya bentar banget. Kita kalo dah sampae rumah bawaannya pengen molor,tapi ikhsan pengennya ngajak maen - ga nyambung kan???

usia ikhsan baru 10 1/2 bulan,tapi sepertinya baru kemaren ngelahirkan ikhsan. Ternyata cepet juga waktu berlalu. Ga terasa ikhsan mulai belajar berjalan, manggil2 bapak &ibu, dan seneng baca buku plus flash card.
perkembangan terakhirnya ikhsan klayu kalo ditinggal ngantor... wah ini nih yang selalu bikin hati miris..

sambil nangis biasanya ikhsan teriak-teriak:
"bapak..bapak.." (ini kalo ditinggal bapak ikhsan)
"Abruk..Abruk" (ini kalo ditinggal ibu dan ngeliat ibu pulang kantor)
kadang sedih dan ga tega deh rasanya ninggal ikhsan dalam kondisi nangis dan teriak2 klayu..,tapi gimana lagi???
Maaf ya nang,tapi kami sangat sayang kamu..

Selasa, 06 Mei 2008

jalan-jalan ke sawah


sabtu, kemaren kita serumah jalan2 ke sawah. Deket sama rumah, cuma jalan beberapa meter dah ketemu sama sawah. Seneng deh... liat pemandangan padi yang mulai menghijau dan gemericik air irigasi. Ikhsan paling seneng kalo denger suara "kricik-kricik" air.
Untungnya rumah kita deket sawah, jadi hawanya adem terus "hmmm..."

Kamis, 24 April 2008

ikhsan sayang...


Alhamdulillah, hari ini banyak hal menggembirakan tentang ikhsan. Di usia-nya yg belum genap 10 bulan ikhsan sudah bisa berjalan beberapa langkah sambil berpegangan tangan ibu.
Saat tiba waktu makan, teriakannya, "maem..maem" sambil menunjuk mangkuk minta disuapi
ketika diminta tepuk tangan, sontak tangannya bergerak dan bertepuk tangan sambil tertawa
saat ibu atau bapak berangkat kantor, tangannya melambai dada...dada...
oh ikhsan, ibu dan bapak sayang kamu....

Senin, 21 April 2008

kartini oh kartini....

tanggal 21 april kata orang lahirnya ibu kartini so ga aneh kalo di hari ini banyak tuh anak2 sekolah yang didandanin pake baju daerah plus sanggul dengan bandrol ngerayain kartini. Seperti tadi pagi pas ibu ikhsan berangkat kantor ketemu iring-iringan andong yang berisi anak2 TK berpakaian daerah yang lagi pawai. Seneng ngeliatnya karena anak2 itu lucu dengan berbagai macam baju daerah.

sempat tergelitik di pikiran ibu ikhsan, sejak kapan sih tanggal 21 april diperingati dan banyak orang kemudian memakai baju daerah di hari itu. Sampai sekarang belum ketemu alasan tentang hal itu. Apa sih esensi orang beramai-ramai pake baju daerah? apa ya itu mewakili semangat kartini untuk memberdayakan perempuan?
sewaktu kecil ibu ikhsan paling "ga seneng" kalo disuruh pake baju daerah ketika hari kartini. Ribet dan ga seneng didandanin. Tapi kalo berangkat sekolah ga pake baju daerah, bakal kena hukum deh sama guru..,jadi dengan setengah terpaksa kita pake kebaya.., ga tahu maknanya pake baju daerah untuk memperingati kartini ???

kartini memang sosok perempuan yang 'tangguh'. Dia ditakdirkan mempunyai kemampuan berpikir dan kemauan yang tinggi untuk maju. Perempuan harus pintar dengan belajar..,apa pun caranya. Keinginan untuk maju tercermin dari semangatnya untuk belajar dan mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada anak2 perempuan di sekitarnya.
tidak ada ruginya mencoba untuk menjadi perempuan yang 'berdaya' seperti kartini...
kartini oh kartini......

Kamis, 17 April 2008

cerita tentang kerjaan dan ikhsan

sehari kemaren rasanya cuapek buanget.... rasanya dah ga punya tenaga buat maen2 sama ikhsan. Hari rabu kemaren ibu ikhsan punya gawe Workshop tentang Hak atas Kekayaan Intelektual di kantor. Workshop ini kerjasama dengan Pusat HKI UII djogja. Acara lumayan sukses dan peserta pada antusias. Seneng juga acara yang dah digagas lumayan lama (hampir setaon lho) akhirnya terlaksana dan berjalan sukses walo agak ribet masalah dana.
Ngurusin tentang HKI bikin otak ibu ikhsan yang dah mulai beku tentang hukum mencair lagi. Maklum sejak jadi abdi negara di sini praktis ibu ikhsan hanya melakukan kerjaan teknis dan melupakan background pas kuliah. Bersama seorang teman (dulunya temen kuliah yg kebetulan sekarang satu kantor), kami "kerjabakti" untuk bikin proposal dan usulan supaya Lembaga kami concern masalah HKI. Hasilnya lumayan, sekarang sudah ada pojok HKI yang merupakan embrio terbentuknya sebuah unit pengelolaan HKI.

cerita tentang ikhsan...
hari selasa malam kemaren jam 21.30 ikhsan yang sudah bobo tiba2 terbangun dan menangis hebat plus teriak2. Ibu dan bapak ikhsan langsung meloncat kaget. Ada apa ini? Ikhsan ga pipis, dikasih ASI ga mau malah semakin keras teriaknya, digendong berontak. Kami semua bingung bagaimana nolong ikhsan.
"bapak doain ikhsan..,"pinta ibu sambil gendong ikhsan yang berontak2 dan teriak menangis.
bapak ikhsan langsung doain ikhsan,ibu ikhsan juga ga brenti baca ayat kursi tapi ikhsan seperti ga ketulungan nangisnya.
untunglah kami ga panik. Bapak langsung ambil wudlu dan ngajak si mbak baca surat Yasin buat ikhsan. Selang setengah jam, tangis ikhsan mulai mereda dan mau mimik susu. Alhamdulillah begitu bapak selesai baca Yasin, ikhsan mulai terlelap setelah hampir setengah jam menangis dan berteriak tanpa henti.
sampai sekarang kami belum tahu penyebab kejadian malam itu. Kata Bapak Ikhsan,"kita ditegur Allah untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah kita.."
hmmm.....mungkin juga ya yang

yang mengherankan, setelah kejadian malam itu, tingkah laku ikhsan biasa2 aja-kayaknya dah lupa tuh pernah nangis dan teriak2 sampai tetangga pada ikutan bangun :)

Senin, 14 April 2008

weekend yang padet...

acara weekend kemaren cukup bikin cuapek. Rencana mau meluk guling seharian gagal total.
hari sabtu...kita sepakat ajak ikhsan jalan2 ke mirota batik di jalan kaliurang. Sekalian nganter si mbak (asisten nih) potong rambut.
kita berangkat jam setengah 11an. Di jalan ikhsan bobo,sampai depan mirota batik,dia dah melek. Suasana yang rada "mistik" bikin ikhsan lingak-linguk. Di pintu masuk sudah ada dupa yang dibakar dan tumpukan kembang buat sajen. Aromanya jelas beraroma mistik to?
barang2 yang dipajang juga bagus2,batiknya ok dan yang paling ibu ikhsan senengin itu adalah kerajinan-nya,pokoke lucu2 dan bagus2 deh. Rasanya kepengen ngeborong deh, palagi pramuniaga yang ngelayanin ganteng2plus putih2 he..he..., tapi gantengan bapak ikhsan ding :)

setelah berhasil nyomot batik buat bapak ikhsan dan pernak-pernik kerajinan kesukaan ibu ikhsan kita cabut dan cari makan siang. Untungnya ikhsan ga rewel sama sekali-kayaknya dia seneng deh kalo diajak jalan2. Habisnya malah senyum2 dan ketawa2.

pilihan makan siang jatuh di waroeng soto holliwood di pinggiran jalan kaliurang km 13. Rasanya eunak plus harganya pas. Setelah nyoto barulah kita nganter si mbak potong di salon.

minggunya mbah kakung dari bantul dateng nengokin ikhsan. Rumah jadi rame karena ponakan2 ibu ikhsan juga ikut. Tapi siangnya ibu ikhsan musti cabut ke rumah eyang di condongcatur karena mama (ini mbak-nya ibu ikhsan) mau pindahan ke semarang.

rasanya puas deh jalan2 weekend kemaren plus capek ding....

Kamis, 10 April 2008

makan siang bareng

kemaren siang akhirnya kesampaian juga makan siang bareng wiedy. Tempat yang dipilih di Bebaqaran yang punya menu aneka macam ikan dan ayam bakar. Dari ujung utara djogja sampai di bebaqaran dah hampir jam setengah satu siang dan ibu yg satu itu dah duduk manis nunggu sambil minum es. Dan ngobrol-lah kita sambil ber haha-haha, sampai kita dikira masih mahasiswa padahal kan dah emak-emak ya Wied? he2x :)

kapan2 kita ajak ikhsan dan arya ya Wied?

Senin, 07 April 2008

dapet tag lagi...

Dapet tag dari vera..,tengkyu ya friend...

Dear Friends and co-bloggers lets play-game-tag to tag- “pass it to the front”Heres the Rules : * First copy and paste it.* Do not remove any content.* Just add One word related to your blogs.* If you don’t like the concept Pls! say no?* Our main goal is we are going to circulate our number of friends.* The more people join the “pass it to the front” the more links we generate.* Lastly write only one word “short” for your blogs…* Keep it simple and short,i know some of you have more than one blogs.* The color is only black, gray, or white plssss avoid using any color cookies.Let me show you :1.-Filipina,2.-Stories,3.-Abroad,4.-Husband,5.Gagiers, 6. Life 7. Everything, 8. Offer, 9. Moments, 10. Journey, 11. Simple 12. ABaLe 13. Eucalyptus 14. Greiche (Gege) 15. Wilda 16. Truly 17. Debbie 18. Marlina 19. Malena 20. VeraprojectEveryone 21. entik. do this kind of Linky Game recently. Why don't I pass this one to them too?!

Senin, 31 Maret 2008

ikhsan genap 9 bulan


ikhsan our beloved son
bulan ini ikhsan genap 9 bulan. Ga terasa dah gede anak ibu dan bapak. Di usia 9 bulan ini banyak hal yang dah bisa dilakukan ikhsan. Seneng deh tiap hari bisa lihat setiap perkembangan ikhsan :)

1. merangkak
2. belajar berdiri sendiri
3. duduk tegak
4. memegang sendok
5. rambatan
6. mengambil objek kecil pake jempol dan telunjuk
7. mencet semut yg lagi jalan
8. giginya nongol 6
9. mulai seneng banget kalo dibacain buku
10. Dah mulai bicara, "maem...maem" dan teriak2 kalo ga sesuai keinginan ikhsan
11. jabat tangan
12. dada kalo ibu/bapak berangkat kantor
13. hobi gigit2 pundak ibu-nya
14. melepas topi dan sepatu sendiri

Senin, 24 Maret 2008

weekend di kampung halaman

longweekend kami pulang ke rumah mbah kakung dan mbah putri di bantul

seneng deh, ada di desa kelahiran bapak ikhsan....
masih banyak sawah...
ada sungai yang aernya gemiricik...
angin yang sepoi-sepoi...
yang bikin hati adem.....
ada pasar pleret yang ruame banget tiap pon dan kliwon...
tak tampak sisa-sisa gempa bumi 2006 yang meluluh-lantakkan bantul...

4 hari di sana hampir ta terasa ...
karena ada kebahagian mbah kakung dan mbah putri
dikunjungi anak ragil, mantu ragil dan cucu terkecil
walou ada sedih terpancar ketika anak ragil, mantu ragil dan cucu terkecil harus pamit
"besok..,kami dateng lagi mbah kakung..mbah putri..,"
"bercanda dan tertawa bahagia bersama lagi..."

Rabu, 19 Maret 2008

ikhsan dan boneka kesayangan

tumpukan boneka kesayangan ikhsan

"jangan ambil tiby-ku Bu..,"
bobo sama ijo
ini tiby

Kamis, 13 Maret 2008

ASI bukan sekedar susu


ikhsan bayi ASI

ASI, begitu familiar kata itu di telinga kita. Siapa yang menyangka, manfaatnya sangat banyak bagi bayi. ASI adalah satu-satunya susu yang terbaik bagi bayi kita. Kandungan nutrisi dalam ASI paling komplet dengan komposisi yang berubah-ubah setiap saat disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh-kembang bayi saat itu. Jangan lupa ASI juga mengandung zat kekebalan tubuh dan zat antiperadangan sehingga memberikan perlindungan terhadap berbagai infeksi baik yang disebabkan bakteri, virus, jamur atau parasit. Berdasarkan survei, ASI yang kaya dengan zat-zat antiinfeksi sanggup menurunkan angka kematian bayi dan penyakit pada bayi

Namun sayangnya, kini banyak ibu yang tidak memberikan bayinya ASI eksklusif selama 6 bulan. Adalah hak bayi untuk memperoleh ASI dari ibunya. Jadi tega-kah kita merenggut hak bayi kita dan menggantinya dengan susu formula??
Sebuah ironi ketika ibu ikhsan berbincang dengan tetangga yang baru saja melahirkan bayinya beberapa bulan yang lalu.



“ mimik ASI-nya kuat ga mba?” tanya ibu ikhsan
“ASI-ku kurang,jadi ta kasih susu formula.Wah anak-ku kalo minum sufor kuat lho, sekali minum bisa 80 ml,” cerita si tetangga ini dengan sedikit ‘bangga’ Kala itu si bayi masih berumur 3,5 bulan.
Ibu ikhsan agak heran,bayi itu belum ada 6 bulan tapi sudah terkontaminasi sufor sebegitu banyak plus kebanggaan sang ibu bisa memberi sufor banyak ke bayinya.
“Lho tandanya ASI mbak kurang apa?”
“ habis anak-ku kalo malem kadang rewel.”
“apa ngga lebih baik dikasih ASI sampai 6 bulan mba?” ibu ikhsan kasi saran pelan2.
“Ya pengennya sih gitu, tapi kalo ASI-ku emang kurang piye? Tiap ibu kan kondisinya beda-beda, nyatanya tuh bu dokter yang di gang belakang itu bayinya ga dikasih ASI juga ga papa.”
“ Ooo gitu ya…” ibu ikhsan ga bisa komentar lagi.



dari sekelumit perbincangan tadi, ibu ikhsan bersyukur banget bisa ngasih ikhsan ASI yang berlimpah di 6 bulan awal kehidupan ikhsan. Dan Alhamdulillah di usia ikhsan yang ke 8 bulan ini, masih tersedia ASI untuknya.



Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1997 dan 2002, lebih dari 95% ibu pernah menyusui bayinya, namun menyusui dalam 1 jam pertama cenderung menurun 8% pada tahun 1997 menjadi 3,7% pada tahun 2002. Cakupan ASI eksklusif 6 bulan juga menurun dari 42,4% pada tahun 1997 menjadi 39,5% pada tahun 2002.



Sedangkan penggunaan susu formula justru meningkat lebih dari 3 kali lipat selama 5 tahun dari 10,8% tahun 1997 menjadi 32,5 % pada tahun 2002.
Pemberian ASI menurunkan risiko berbagai penyakit , antara lain: leukimia dan limfoma pada anak, diabetes, gangguan pencernaan dan diare, infeksi telinga, infeksi pernafasan, pneumonia, asma dan eksim, meningitis, rematik, osteoporosis, kanker payudara dan kanker indung telur, kolesterol yang lebih rendah, dan obesitas pada masa kanak-kanak maupun remaja.



Berbeda dari susu formula yang berasal dari susu sapi, ASI merupakan suatu spesifik spesies yang khusus dibuat hanya untuk bayi manusia, bahkan hanya untuk bayi sang Ibu, bahkan lebih jauh lagi, Komposisi ASI yang keluar setiap tetesnya memiliki kandungan berbeda yang khas yang persis sempurna sesuai dengan kebutuhan bayi seorang ibu pada saat itu.



Ini ibu ikhsan mengutip keterangan dari dr Utami Roesli Ketua Sentra Laktasi Indonesia tentang komposisi ASI:
* ASI hari I hingga kurang lebih ke-4 (kolostrum) Kolustrum bisa dikatakan sebagai "imunisasi" pertama yang diterima bayi karena banyak mengandung protein untuk daya tubuh yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dalam jumlah tinggi. Kadarnya 17 kali dibandingkan dengan ASI matur.
* ASI hari ke-3 hingga kurang lebih ke-10 (ASI transisi) Kadar protein ASI transisi sudah berkurang sementara kadar karbohidrat dan lemaknya meningkat. Begitu juga dengan volumenya yang makin banyak sesuai kebutuhan menyusu bayi yang semakin tinggi.
* ASI hari ke-10 dan selanjutnya (ASI matur) Komposisi ASI yang keluar pada isapan-isapan pertama (foremilk) juga berbeda dengan komposisi yang terkandung pada isapan-isapan akhir (hindmilk). "Hindmilk mengandung lemak dan karbohidratnya lebih banyak dibandingkan foremilk," kata Utami. Berikut ini komposisi/kandungan yang terdapat dalam ASI:
1. Lemak Kadar lemak ASI berubah-ubah secara otomatis sesuai kebutuhan kalori bayi dari hari ke hari. ASI mengandung enzim lipase pencerna lemak sehingga lemak ASI mudah dicerna dan diserap. Sekitar 80% lemak ASI berjenis long chain polyunsaturated fatty acid (lemak ikatan panjang). Antara lain omega 3 (EPA dan DHA), omega 6 (AA) yang merupakan komponen penting untuk pertumbuhan otak.
2. KolesterolManfaat kolesterol dalam ASI antara lain untuk meningkatkan pertumbkuhan otak. Selain itu olesterol berfungsi dalam pembentukan enzim metabolisme kolesterol. Metabolisme itu akan mengendalikan kadar kolesterol di kemudian hari sehingga mencegah serangan jantung.
3. Protein Kandungan protein dalam ASI lebih tinggi dan lebih mudah dicerna oleh usus bayi. Selain berguna sebagai daya tahan tubuh, protein diperlukan pula untuk pertumbuhan otak.
4. Karbohidrat Karbohidrat utama ASI adalah laktosa. Gunanya untuk pertumbuhan otak, meningkatkan penyerapan kalsium, meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik yaitu lactbacillus bifidus, menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya.
5. Vitamin dan Mineral ASI mengandung vitamin dan mineral yang lengkap. Hampir semua vitamin dan mineral dalam ASI diserap tubuh bayi. Perlu juga disadari bahwa masih banyak zat yang terkandung dalam ASI namun belum diketahui kegunaannya.
Jadi tidak usah ragu untuk tetap memberikan ASI bagi bayi kita. Ga pernah ada ruginya deh..,karena ga ada yang bisa menandingi rahmat ALLAH yang bernama ASI ini.
Yuk ibu-ibu go for ASI yack…



Trus kalo ada temen2 yang punya masalah tentang menyusui(laktasi) jangan segan2 buat konsultasi. Ini ada beberapa daftar klinik laktasi yang bisa jadi acuan.
Daftar Klinik Laktasi di Indonesia



Jakarta
RS St CarolusJl. Salemba Raya No. 41Jakarta 10440Telp. (021) 390 4441 (Hunting) pes 7257Email : humas@rscarolus.or.id,
info-pskc@rscarolus.or.id




RS Pertamina JayaJl. Achmad Yani No.2 By PassJakarta PusatTelp. (021) 421 1911 ext.4254



RSAL MintoharjoJl. Bendungan Hilir RayaJakarta PusatTelp. (021) 574 9037/574 9038



RS BundaJl Teuku Cik Ditiro No. 28MENTENG, Jakarta PusatTelp. (021) 319 22005 (hunting)Fax. (021) 310 1077e-mail : bundahospital@bunda.co.id



RS Husada Jl. Raya Mangga Besar No. 137-139Jakarta Barat Telp.(021) 626 0108



RSAB Harapan Kita Jl. S. Parman Kav. 87Jakarta BaratTelp. (021) 566 8284 pes. 1205



RS Pondok Indah Jl. Metro Duta Kav. VEJakarta SelatanTelp. (021) 765 7525



RS MedistraJl. Gatot Subroto Kav. 59Jakarta Selatan Telp. (021) 527 7382 ext.217-222



RS OMCJl. Pulomas Barat VI No. 20Jakarta TimurTelp. (021) 472 3332



RS Islam Jakarta Pondok KopiJl.Raya Pondok Kopi - Jakarta TimurTelp. : (021) 8610471 - 8630654 (Hunting) - Fax. : (021) 8611101, 86604256Email : rsipk@cbn.net.id - rsipk@pdpersi.co.id



RS Pantai Indah Kapuk (RSPIK)Jl. Pantai Indah Utara 3Pantai Indah Kapuk - Jakarta utara (14460 )Telp. (021) 588 0911 - 588 5188



Sentra LAKTASI Indonesia (Selasi)Jl. Agung Perkasa Raya Blok J5 No. 16Sunter Agung PodomoroJakarta UtaraTelp. (021) 651 0183



Bekasi
RSIA Hermina BekasiJl. Kemakmuran No. 39 MargajayaBekasiTelp. (021) 884 2121
RSIA Permata CibuburJl. Alternatif Cibubur - Cileungsi No. 6ABekasi 17435Telp (021)-8458806 Fax (021)-84592146



Depok
RSIA Hermina DepokJl. Raya Siliwangi No. 50 Pancoran MasDepokTelp. (021) 7720 2525
RS Tumbuh KembangJl. Raya Bogor CimanggisTelp (021) 8701873-74



Bogor
RS PMI BogorJl. Pajajaran 80BogorTelp. (0251) 324080
RS Azra BogorJl. Pajajaran No. 129BogorTelp. (0251) 318456
RSIA Hermina BogorJl. Ringroad-I Kav. 23, 25, 27 Perum. Taman YasminBogorTelp. (0251)328222 Fax. (0251)328252



Banten
RS Misi RangkasbitungJl. Multatuli No. 41 Rangkasbitung Lebak,Banten 42311Telp. (0252) 201014
RS International BintaroJl. MH Thamrin No.1 Sektor 7 Bintaro JayaTangerang, BantenTelp. (021) 745 5500
RS. Siloam Gleneagles Jl. Siloam No. 6Lippo Karawaci Tangerang, BantenTelp. (021) 546 0055 pes. 7151



Surakarta
Yayasan Kakak (Fajar Yulianta/Sofie)Jl. Slamet Riyadi No. 534 BTelp. (0271) 711453



Surabaya
RS Islam 1Jl. A. Yani 2-4 (Wonokromo)SurabayaTelp: (031) 828 4504, 828 4506Bukan klinik laktasi, tapi bisa konsul ke klinik ibu-anak dan akan diajarkan.
RS Islam 2Jl. Jemursari 51-57SurabayaTelp: (031) 847 1878, 847 1877



RSUD BanyumasTelp. 797111 ext. 144Banyumas



Yogyakarta
RS Bethesda YogyakartaJl. Jendral Sudirman 70 Yogyakarta 55224 IndonesiaTelp 0274-562246, 0274-586688 (Hunting)Fax 0274-563312
RS Panti RapihJl. Cik Ditiro 30Yogyakarta 55223Telp. (0274) 514845 pes. 227



Semarang
RS St. ElisabethJl. Kawi No.1Telp. (024) 831 0076 pes. 7405Semarang
RS. Panti Wilasa “CitarumJl. Citarum 98SemarangTelp (024) 3542224 (Hunting), (024) 3546043



Bali
RSB Puri BundaJl. Gatot Subroto VI/19Denpasar BaliTelp. (0361) 437999 Fax. (0361) 433988



Medan
RSU Dr. PirngadiJl. Prof. H.M. Yamin SH. No.47Medan 20217Telp. (061) 453 6022 ext 267



Makassar
Poltekkes Makassar (Aswita Amir, Siti Mardiah, SKM) Jurusan GiziJalan Paccerakkane KM 14 DayaMakassarTelp./Fax. (0411) 510197



Kaltim
RS Pupuk KaltimJl. Oxygen, BontangKalimantan Timur 75313Telp. (0548) 41118 pes. 237



KONSELOR MENYUSUI
Mia Sutanto Lulusan kursus Selasi, Ketua AIMIWWW.AIMI-ASI.org0815 10002584
Atau hubungi



Sentra LAKTASI Indonesia (Selasi)(021) 6510183Untuk informasi Konselor Laktasi terdekat dari rumah Anda



BREASTFEEDING SUPPORT
Klinik YOP (Yayasan Orang Tua Peduli)Komplek PWR, Jalan Taman Margasatwa Nomor 60Jakarta Selatan(021) 71284653