Langsung ke konten utama

Ikhsan dan resep MPASI

Awal tahun ini ikhsan genap 6 bulan. Saatnya maem MPASI. Mbayangin ikhsan maem, ibu rada deg2an juga. Ikhsan mau gay a? trus ntar BAB-nya lancer ga ya? Trus maem-nya apa aja ya?
Mau tanya sama keluarga pada jauh rumahnya. Eyang putri dah ga ada jadi ga bisa dikorek info tentang MPASI. Trus mbah putri (dari bapak) tinggal di pleret bantul yang kalo diukur jauhnya dari rumah nyampai 25 km. Jadi jalan satu2nya kudu cari info sendiri. Akhirnya ibu browsing di intenet di sela2 jam ngantor. Hampir sebulan tu, nyari2 resep MPASI. Trus ketemu blog-nya mba widi (http://cemploek.com). Disana ada resep2 MPASI. Langsung aja dicontek dan bikin variasi sendiri.- thanks ya mba wid, -walo blm pernah kopdar -dah kasi inspirasi bikin MPASI

Pertama kali dikasi puree apel, ikhsan nyengir2 ga suka. Mungkin aneh rasanya di lidah. Waktu itu Cuma bisa masuk 3 sendok aja. Ya ga papa, wong baru latihan, besok diulang lagi. Alhasil setelah 3 hari berturut2 ngicipin puree apel dan variasi-nya ikhsan mulai doyan. Seneng deh rasanya nyuapin ikhsan trus maemnya bisa abis 1 mangkok. Puas deh bersusah2 bikin…he2x.

Lucunya lagi tiap kali disuapin dan sendok masuk mulut, ikhsan langsung bilang ”haem…haem” Gitu terus sampai suapan terakhir. Geli deh lihatnya ampe mbah putri bantul kangen liat haem..haem-nya ikhsan,

Ga rugi deh “kerja bakti” nyiapin maem-nya ikhsan di pagi hari sebelum ngantor . Yang penting ikhsan doyan dan ga bosen maem. Jadinya ibu kudu bangun mruput masak buat orang serumah dan nyipain maem ikhsan buat sehari. Biar si mbak tinggal nyuapin ikhsan kalo ibu ngantor.

Ini beberapa resep MPASI kesukaan Ikhsan:

Puree pisang
½ pisang ambon mateng dikeruk & dihaluskan
30-40 ml susu

Cara:
Pisang ambon yg dah dihaluskan dicampur susu

Puree apel
½ apel merah direbus 10 menit
30-40 ml susu

Cara;
Apel yg dah direbus diblender ampe halus trus dicampur susu.

Puree apel-pisang
½ pisang ambon mateng dikeruk & dihaluskan
½ apel merah direbus 10 menit
30-40 ml susu

Cara:
Apel diblender trus dicampur pisang & susu.

Puree kentang
1 kentang dikupas dan direbus
30-40 ml susu

Cara:
Kentang diblender ampe halus trus dicampur susu

Puree kentang-pisang
½ pisang ambon dikeruk dan dihaluskan
1 kentang dikupas dan direbus
30-40 ml susu

Cara:
Kentang diblender ampe halus trus dicampur susu & pisang


Puree kentang-apel
½ apel dikupas dan direbus 10 menit
1 kentang dikupas dan direbus
30-40 ml susu

Cara:
Kentang & apel diblender ampe halus trus dicampur susu

Bubur susu-pisang
1 ½ sdm tepung beras yg dah disangrai
½ pisang ambon dikeruk dan dihaluskan
30-40 ml susu

Cara:
Tepung dicairkan dengan susu trus dicampurin pisang.

Puree ubi-pisang
1 ubi jalar direbus
½ pisang ambon dikeruk dan dihaluskan
30-40 ml susu

Cara:
Ubi dan pisang diblender trus dicampur susu.

Komentar

Anonim mengatakan…
Dedek Iksan cpt gede ya.. sehat selalu. Salam ama bundanya ya...
Anonim mengatakan…
Udah mulai makan ya? Makan yang banyak ya nak biar cepat gede.
Anonim mengatakan…
Bunda Entik,
Salam kenal, ijin copas resep PUREE'nya sebagai pelengkap MPASI yah, sebenarnya kakakku yang lagi membutuhkan resep ini,terima kasih dan sukses selalu.

Bisnis Bunda

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnanya …

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog.
Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname.
Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman, semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan.

Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang padat, …

story puding: cinta dalam hati

Mau menceritakan tentang pernikahan sendiri kayaknya kurang mantaps karena usia pernikahan kami masih seumur jagung, baru 6 tahun. Nah, kali ini saya mau berbagi kisah tentang pernikahan orang tua saya.
Bapak saya berasal dari keluarga petani di sleman, sedangkan ibu dari keluarga guru di kutoarjo. Perbedaan budaya keluarga jelas terlihat diantara kelauarga besar bapak dan ibu. Keluarga besar ibu sangat mementingkan pendidikan dan pekerjaan sebagai pegawai negeri. Semua kakak dan adik ibu adalah pegawai negeri dan mengenyam pendidikan. Sedangkan dari keluarga bapak, karena latar belakang petani, maka pendidikan tidak begitu menjadi prioritas. Hanya beberapa orang anak dari embah yang jadi pegawai termasuk bapak. Selebihnya adalah bertani dan berdagang di pasar.