Langsung ke konten utama

Ikhsan dan Resep MPASI 7bulan ke atas

memulai hari ini rasanya males..,ga fresh karena semalam kurang tidur. Ikhsan semalem bobo-nya ga nyenyak sampai hampir 4 kali terbangun dan susah bobo lagi. Alhasil pagi ini ngantuk banget. Padahal musti masak nyiapin maem ikhsan hari ini dan berangkat pagi karena bu Kasie hari ini mulai ngantor setelah cuti naek haji.

berhubung males jadi tadi pagi cuma masak nasi goreng buat sarapan- ben cepet- plus tim saring ayam buat ikhsan. -untung kangmas sigit manut dimasakin apa aja-

btw sudah sejak minggu kemaren ikhsan maem tim saring -dah 7 bulan bo- giginya juga dah nongol, (2 gigi seri bawah). Alhamdulillah ikhsan doyan maem tim saring buatan sendiri, jadi rasanya puas ngeliat ikhsan lahap maem -ga rugi deh kerja bakti tiap pagi :)

ini beberapa resep tim saring yang dah ta jajal di dapur buat ikhsan :)
Resep2 ini juga bisa kita modifikasi sesuai selera anak kita. Yup silakan nyoba dan eksperimen bikin MPASI.

Nasi tim hati ayam
Bahan :
20 gr beras, cuci bersih
625 cc air
25 gr hati ayam
26 gr tempe
27 gr tomat
28 gr daun bayam, iris kasar
1 sdt margarin/mentega

Cara membuat :
· Campur beras yg sudah dibersihkan dengan air, hati ayam dan tempe. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur
· Masukkan bayam dan tomat, masak hingga sayuran matang. Angkat.
· Masukkan margarin/mentega, aduk rata.Setelah dingin, haluskan dengan blender atau saringan

Nasi Tim Saring Ikan Kakap (1 porsi)Bahan :
20 gr beras, cuci bersih
625 cc air
25 gr daging ikan kakap
30 gr tahu
25 gr tomat
25 gr daun kangkung, iris kasar

Cara membuat :
· Campur beras yg sudah dibersihkan dengan air, ikan dan tahu. Rebus sambil terus diaduk
· hingga menjadi bubur
· Masukkan tomat dan kangkung, masak hingga sayuran matang. Angkat.
· Masukkan margarin/mentega, aduk rata.Setelah dingin, haluskan dengan blender atau saringan kawat

nasi tim ayam wortel
Bahan :
20 gr beras, cuci bersih
625 cc air
25 gr daging ayam giling
25 gr tempe
25 gr wortel
25 gr tomat
1 sdt margarin/mentega

Cara membuat :
· Campur beras yg sudah dibersihkan dengan air, daging ayam dan tempe. Rebus sambil terus
· diaduk hingga menjadi bubur
· Masukkan wortel dan tomat, masak hingga sayuran matang. Angkat.
· Masukkan margarin/mentega, aduk rata.
· Setelah dingin, haluskan dengan blender atau saringan kawat.

Nasi Tim Saring Ayam isi keju (1 porsi)Bahan :
20 gr beras, cuci bersih
625 cc air
25 gr daging ayam
25 gr tempe
25 gr buncis
25 gr tomat
10 gr keju parut


BUBUR SARING AYAMBahan:

· 100 g kentang
-50 g tahu sutera
· 50 g daging ayam giling
· 25 g daun bayam
· 25 g tomat
· 25 g wortel
· 400 ml kaldu ayam
Cara Membuat:
* Rebus kaldu hingga mendidih, masukkan kentang hingga lunak.
* Masukkan ayam dan tahu. Masak hingga matang. Terakhir masukkan bayam, tomat, dan wortel, masak selama 2 menit. Angkat.
* Masukkan ke dalam blender, haluskan dan saring.
* Sajikan segera selagi hangat atau simpan dalam lemari es. Jika akan diberikan, rendam wadahnya di air panas terlebih dahulu.
Untuk 2 porsi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnanya …

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog.
Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname.
Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman, semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan.

Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang padat, …

perencanaan keuangan keluarga (part 1)

Membicarakan masalah uang akan selalu menjadi topik bahasan yang menarik terutama bagi emak-emak yang notabene adalah “manajer keuangan” keluarga. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran pada kenyataannya bukanlah semudah membalik telapak tangan. Jumlah penghasilan yang cenderung tetap, terkadang harus berpacu dengan jumlah pengeluaran yang cenderung bertambah. Dan pada akhir cerita, ada yang berakhir dengan berhutang untuk menutup kekurangan tersebut. Padahal kita semua tahu, hutang adalah tambahan beban keuangan bagi kita.
Sekolah khusus untuk mendapatkan ilmu merencanakan dan mengelola keuangan keluarga memang tidak ada, jadi kita musti pandai-pandai mencari informasi seputar itu. Saya sendiri baru akhir-akhir ini saja mulai “ngeh” dengan urusan family finance. Sejak masih single dan mempunyai penghasilan sendiri, saya tidak mempunyai planning keuangan. Kala itu uang gajian sebagaian besar saya gunakan untuk “have fun” saja dan jika ada sisa baru saya tabung. Alhasil tidak…