Senin, 21 April 2008

kartini oh kartini....

tanggal 21 april kata orang lahirnya ibu kartini so ga aneh kalo di hari ini banyak tuh anak2 sekolah yang didandanin pake baju daerah plus sanggul dengan bandrol ngerayain kartini. Seperti tadi pagi pas ibu ikhsan berangkat kantor ketemu iring-iringan andong yang berisi anak2 TK berpakaian daerah yang lagi pawai. Seneng ngeliatnya karena anak2 itu lucu dengan berbagai macam baju daerah.

sempat tergelitik di pikiran ibu ikhsan, sejak kapan sih tanggal 21 april diperingati dan banyak orang kemudian memakai baju daerah di hari itu. Sampai sekarang belum ketemu alasan tentang hal itu. Apa sih esensi orang beramai-ramai pake baju daerah? apa ya itu mewakili semangat kartini untuk memberdayakan perempuan?
sewaktu kecil ibu ikhsan paling "ga seneng" kalo disuruh pake baju daerah ketika hari kartini. Ribet dan ga seneng didandanin. Tapi kalo berangkat sekolah ga pake baju daerah, bakal kena hukum deh sama guru..,jadi dengan setengah terpaksa kita pake kebaya.., ga tahu maknanya pake baju daerah untuk memperingati kartini ???

kartini memang sosok perempuan yang 'tangguh'. Dia ditakdirkan mempunyai kemampuan berpikir dan kemauan yang tinggi untuk maju. Perempuan harus pintar dengan belajar..,apa pun caranya. Keinginan untuk maju tercermin dari semangatnya untuk belajar dan mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada anak2 perempuan di sekitarnya.
tidak ada ruginya mencoba untuk menjadi perempuan yang 'berdaya' seperti kartini...
kartini oh kartini......

4 komentar:

Fanya Ardianto mengatakan...

aku juga nggak tau apa maksudnya disuruh2 pake baju daerah pas hari kartini, tapi dulu pas sekolah, aku seneng banget! selain seneng didandani, pelajaran rutin juga diliburkan :D

~ c3mplo3ck ~ mengatakan...

Pake kebaya ga kerjanya ??

entik mengatakan...

to wiedy: di kantor ga berasa hari kartini, pada lupa kali jadi boro2 pake kebaya...

amir_breeze mengatakan...

Hello!

Nggak terasa udah mau Hari Kartini lagi ya?

Ini ada artikel tentang Kartini juga, "Hari Kartini, Pahlawan Pendidikan" di cantik40s.blogspot.com.

:)

Thanks,
AFM