Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2008

cerita lebaran kemaren

Cerita tentang lebaran kemaren seru karena kami kumpul sama sodara-sodara. Saya juga nyempetin buka bareng temen-temen blogger djogja di pondok cabe hari sabtu tgl 28 September 2008. Ada wiedy & si kecil arya, mba fa, mba unai dan ana . Saya datang terakhir bareng ikhsan, mas dan naufal-ponakan saya yang juga anak mbak ratna dari solo. Acara buka bareng-nya lumayan seru, karena saya baru kali pertama ketemu sama temen-temen blogger djogja - kecuali sama wiedy, dah pernah ketemuan- Setelah buka, ikhsan rewel karena ngantuk. Daripada ikhsan tambah rewel dan nangis akhirnya saya memutuskan untuk pulang duluan. Balik ke cerita mudik, kami pulang ke rumah eyang di condongcatur. Disana dah ngumpul semua anak dan cucu eyang.. Saya berempat bersama kakak dan adik plus 2 menantu dan 3 cucu yang laki-laki semua. Yah… bisa kebayang betapa ramai rumah eyang yang biasanya cuma dihuni eyang saja. Cucu eyang yang tertua adalah naufal (5th)- ini anak sulung mba ratna yang di solo- kemudian

selamat idul fitri 1429 H

tinggal beberapa hari lagi puasa di bulan ramadhan tahun ini usai. Kami berencana mudik ke bantul, tempat orang tua mas. Walo cuma sekitar 30an km dari rumah, tapi berasa mudik bener deh :) Selama seminggu ke depan kami bener2 akan berkumpul dengan keluarga besar kami di bantul dan condongcatur jadi blog ini bakal libur dulu seminggu. Sebelum kami mudik, kami mengucapkan: selamat hari raya idul fitri 1429 H mohon maaf lahir dan batin semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan ini diterima ALLAH SWT buat temen2 selamat menikmati liburan bareng2 keluarga ya.... yang mau mudik, ati2 di jalan....

cerita minggu ini

udara djogja yang panas buangets beberapa hari terakhir ini kayaknya bikin banyak virus penyakit beterbangan cari mangsa. Setelah ikhsan terbebas dari radang tenggorokan, selang 3 hari virus flu datang menyambangi ikhsan. Wih, langsung deh dari idung mbeler, keluar lendir putih yang bikin ikhsan ga doyan makan. Saya yang barusan lega ikhsan terbebas dari radang, sekarang kembali manyun. Lha abis, berat badan ikhsan turun drastis ampe 7 ons dalam beberapa hari saja. Mana makannya juga kayak ga napsu. Ngeliat makanan keknya il-fil dewh. Padahal kalo pas sehat wah, hobinya makan tuh anak.. karena ikhsan flu, dia lebih seneng lengket sama saya. Apa-apa maunya sama saya dan sering minta gendong. Alhasil tuh virus ikutan lengket ke saya. Saya kena flu juga. Aduh pusing plus panas badan saya :( jadi di rumah dah ada 2 orang yang kena tuh virus -saya dan ikhsan- Beruntung si bapaknya ikhsan dan asisten di rumah yang terbebas dari virus flu. Saya teler berat dan ikhsan masih meler sampai har

ikhsan panas

hari jumat minggu yang lalu ikhsan tiba-tiba panas. Menjelang buka puasa, saya dan mas baru menyadari kalo badan ikhsan bukan sekedar anget tapi panas. Makanya ikhsan kok nggak riwueh kayak biasanya tapi memilih memeluk ijo- boneka kesayangannya- dan tiduran di kasur. Wah, saya jadi ga enak hati ngeliat ikhsan lemes, apalagi karena sorenya saya membiarkan ikhsan basah kuyup ikutan nyiram tanaman. " piye iki jeng?" tanya mas rada bingung. "kita bawa ke rumah sakit aja po?" saya sempat terdiam sejenak, berpikir gimana enaknya. "kita ukur suhunya dulu aja mas, trus kasih sanmol. Tanya umi (ini ponakan kita yang jadi bidan) berapa dosis sanmolnya." sementara mas nelpon umi, saya coba nge-tem suhu ikhsan. Wah, ternyata air raksa di termometer terus bergerak naek padahal dah nyampe angka 38 derajat celcius. Saya jadi deg-degan. Akhirnya air raksa berhenti pada angka 39 derajat. waduh, tinggi banget suhunya. Saya rada takut kalo step karena suhu badanya tinggi b

bubur buah

tadi pagi saya sempat bingung bikin sarapan buat ikhsan,karena di kulkas ndak ada bahan sayuran. Apalagi sekarang puasa, jadi kalo mau beli bubur gudeg kesukaan ikhsan ga ada karena yang jual selama puasa tutup. Akhirnya saya iseng2 bikin bubur buah buat ikhsan.Ini resepnya, mungkin bisa jadi variasi sarapan buat anak-anak kita. bahan: nasi secukupnya (ini biar cepet bikin buburnya karena kalo dari beras lama he2x) 1/2 buah pir dipotong dadu kecil 1/2 buah pisang dipotong dadu kecil garam secukupnya 1/2 sdt gula 1/2 gelas santan (kalo ga ada pake aer biasa) cara: nasi direbus dengan santan. Masukkan garam dan gula. Aduk terus sampai agak mengental. Setelah itu masukkan buah-buahan yang sudah dipotong dadu. Setelah bubur mengental, angkat. Jadi deh, paling cuma butuh waktu 15an menit ajah. alhamdulillah ikhsan seneng dan habis 1 mangkok. "maem...maem bu'," gitu kata ikhsan pas saya suapin. Jadi ga rugi pagi2 bikin bubur, apalagi cuma bentar he2x..

menjelang 30 ...

tak terasa di tahun 2008 ini, umur saya merangkak semakin banyak dan mendekati angka 30 tahun. Hari ini, tanggal 9 september 2008, saya genap 29 tahun. Ga nyangka waktu cepat sekali bergulir dan kini saatnya saya tersungkur dalam syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada saya. "Alhamdulillah...,terimakasih ya Allah untuk nikmat yang telah Engkau berikan." tidak ada kado istimewa buat saya. Hanya saja tadi malam mas mengejutkan saya dengan membangunkan saya tepat jam 12 malam dan memberi saya ucapan selamat ulang tahun serta kecupan sebanyak usia saya. Bikin saya tersenyum bahagia.. semoga aja selalu ada kejutan dari mas buat saya.. :)

perkedel kentang sayuran

beberapa hari yang lalu ikhsan ga doyan sayuran. Setiap kali disuapin nasi plus sayur langsung dilepeh gitu aja. Wih, saya yang udah susah payah masak buat ikhsan sedih juga ngeliat ikhsan ngelepeh sayuran hiks..hiks. Setelah puter otak nyari ide, akhirnya saya kemaren mbikinin ikhsan perkedel kentang sayur. Berhubung ikhsan seneng ma perkedel, jadi sayurannya saya campurin di perkedel-nya biar masuk juga tuh sayuran ke badan ikhsan. Alhamdulillah berhasil. Nah, buat temen2 yang punya anak susah makan sayur, mungkin bisa juga nyobain resep ini. Perkedel Kentang Sayuran bahan: 3 butir kentang 4 lembar daun bayam 3 batang buncis brokoli 1/4 buah wortel potong dadu 1 buah telur kocok bumbu halus 1 siung bawang putih garam secukupnya cara: kentang dikupas dan direbus (ini bisa juga diganti ma tahu putih yang dihancurin). setelah direbus dihaluskan dan dicampur bumbu halus serta sayuran yang sudah dicincang. Kemudian dibentuk bulat-bulat, celupkan dalam kocokan telur dan digoreng. Tralal

resep sup tahu sayuran

saya sudah janji untuk posting resep2 Balita yang dah saya coba di dapur buat ikhsan. Ini juga resep kreasi sendiri, jadi gampang dan cepet bikinnya. Karena saya masak-nya pagi2 sebelum berangkat ngantor. Dan dijamin Ikhsan doyan. ini beberapa resepnya. Besok2 saya tambah lagi.. Sop tahu sayuran bahan: 8 lembar daun bayam 1 potong wortel iris dadu 1 potong tahu iris dadu brokoli diiris kecil2 1 siung bawang putih iris tipis 1/2 bawang bombai iris tipis margarin gula pasir dan garam secukupnya cara: bawang putih dan bawang bombai ditumis pakai margarin. Setelah harum masukan air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Setelah itu masukan tahu. Berikutnya masukan sayurannya, tapi jangan terlalu lama biar vitaminnya ga ilang. semur telur puyuh dan sayur bahan: 8 lembar daun kangkung 2 batang buncis iris tipis 1 potong tempe 5 butir telor puyuh 2 butir bawang putih 1/2 sdt ketumbar garam, gula pasir secukupnya kecap margarin untuk menumis cara: bawang putih, ketumbar

menyambut ramadhan dan cerita ikhsan

menjelang ramadhan, saya sekeluarga mohon maap lahir baten ke semua temen2 yang pernah berkunjung ke blog beranda rumahku. Semoga puasa ramadhan tahun ini membawa hikmah dan barokah bagi kita semua. tahun ini adalah kali kedua untuk ikhsan bertemu dengan bulan suci ramadhan. Ramadhan tahun lalu usia ikhsan baru-lah 4 bulan, jadi tidak terlalu ribet buat saya untuk menyiapkan sahur ataupun buka untuk kami karena ikhsan masih belum bisa banyak bergerak hanya berguling2 dan tengkurap saja. Jadi bisa disambi-sambi :) nah di ramadhan tahun ini,usia ikhsan sudah menginjak 14 bulan. Sebelum ramadhan tiba, saya menduga-duga kalo ramadhan kali ini bakal ramai dan seru karena pasti ikhsan ikutan ribut sahur/buka. Seperti tadi malem, ikhsan ikutan bangun sahur. Wah.. untungnya kita dah selesai sahur jadi ketika ikhsan bangun kita bisa ndolani dan ngajak maen. Ikhsan sekarang hobi ikutan riweuh di dapur kalo saya masak. Saya pegang wortel, ikhsan ikutan ngerebut. Alhasil dapur jadi berantaka