Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2009

rabu seru!-24

kali ini mau ikutan acara Rabu seru di http://tingkahanak.com/ temanya membaca. Poto ini diambil bulan mei 2008, jadi kira-kira saat ikhsan umur 11 bulan.
Sampai sekarang di umurnya yang 2,5 tahun, ikhsan senang dengan buku. Setiap kali ketemu buku selalu bilang," bu, diwacake," (bu, dibacain)sambil menyorongkan buku ke arah saya.
kalau diajak ke toko buku sudah bisa milih sendiri buku yang mau dibeli.




weekend di rumah mbah kakung

weekend kemaren kami rame-rame bertandang ke rumah mbah kakung di bantul tepatnya di kecamatan pleret. Sudah hampir 3 minggu kami tidak ke sana. Sudah dapat ditebak kalau mbah kakung dan mbah putri kangen berat sama ikhsan. Ikhsan adalah cucu yang kedelapan dan yang paling kecil. Jadi paling lucu kayaknya hehe.
di rumah mbah kakung ada mas mukhsin dan mbak ida, ini adalah cucu simbah kakung dari budhe eni. Mereka memang tinggal bareng mbah kakung dan mbah putri. Alhamdulillah ada mereka, jadi mbah kakung dan mbah putri punya kanca.

Saya sendiri, sangat menikmati suasana pedesaan pleret. Hamparan sawah yang hijau benar-benar menyejukkan mata. Udaranya juga masih segar,masih banyak pepohonan yang besar.



kebetulan hari minggu kemaren adalah hari minggu pon. Nah biasa pada hari-hari pasaran pon, kliwon adalah hari pasaran pasar pleret. Jadi di pasar bakalan rame.Trus mas ngajakin saya dan ikhsan jalan-jalan ke pasar pleret.
"Ayo, jeng ke pasar pleret. Mumpung hari pasaran, mesti ram…

dongeng sebelum tidur

rutinitas menjelang tidur yang jarang terlewatkan adalah mendongeng buat ikhsan. Saya biasa menceritakan kisah-kisah jaman nabi atau rasul seperti kisah raja abrahah dengan pasukan gajah-nya, sapi betina-nya bani israil, nabi yunus yang ditelan ikan paus sampai nabi yusuf yang dibuang ke sumur oleh sodara-sodaranya. Sejak ikhsan mulai "ngeh" diajak ngobrol, mungkin sekitaran umur 1 tahunan, saya rutin mendongeng menjelang ikhsan tidur.

cerita yang jadi favorit ikhsan adalah kisah raja abrahah dan sapi betina bani israil. Saking seringnya saya cerita tentang itu, sampai-sampai ikhsan hafal setiap kalimat, intonasi dan jeda yang saya ambil.
Sekarang di saat kami berdua sudah berbaring di kasur, saya terkadang meminta ikhsan bercerita kepada saya tentang raja abrahah atau pun sapi betina.

"ikhsan, ibu dicritani raja abrahah dik,"pinta saya sambil berbaring miring menatap ikhsan.
biasanya ikhsan tanpa mengiyakan permintaan saya langsung memulai ceritanya.
Dan inilah kisahn…

cukur

pergi ke salon atau ke tukang cukur rambut belum pernah dilakoni ikhsan. Setiap kali potong rambut, yang biasa jadi tukang cukur ya bapakna. Tapi akhir-akhir ini semakin susah nyukur rambut ikhsan. Si kangmas udah menyerah kalau disuruh jadi tukang cukur, maklum peralatan yang dipakaicuma sederhana jadi ga bisa cepet & rapi.

Akhirnya malam minggu kemaren saya dan mas bertekad ngajak ikhsan ke tukang cukur langganannya mas. Niat dalam hati mau "nggunduli" ikhsan. Alasan kita karena di kepala ikhsan banyak banget ditemuin biang keringat di rambutnya itu jadi tuh anak sering merasa kegatelan dan garuk-garuk kepala sampai lecet. Kasian kan?
sampai di tukang cukur, ikhsan mulai keder & ngajak pulang. Tapi begitu liat bapakna dicukur, ikhsan jadi anteng.

Nah giliran ikhsan mau dicukur langsung deh pecah tangisnya dan teriak2 ngajak pulang. Untung tukang cukurnya dah biasa nangani anak kecil yang ga mau cukur jadi santai aja liat tingkah ikhsan.
berhubung saya dah niat banget,…

oleh-oleh

hari sabtu kemaren kangmas pulang dari luar kota. Dulu biasanya kalau mas pulang dari luar kota saya & ikhsan pasti kebagian oleh-oleh. Nah karena hampir tiap bulan si kangmas keluar kota, jadi jarang deh menyempatkan diri beli oleh-oleh buat kita yang di rumah. Alasannya sih klise, jadwalnya padat dan ga sempat jalan-jalan. Padahal si ikhsan bisa dipastikan selalu menagih oleh-oleh tiap kali mas sampai rumah. Untuk mengantisipasi biasanya saya yang nyiapin oleh-oleh mainan buat ikhsan. Kalau pas njemput mas, tuh mainan saya bawa trus saya kasih ke mas dan begitu sampai rumah langsung deh kangmas kasih tuh maenan ke ikhsan. Ikhsan seneng banget," oleh-oleh," gitu teriaknya. hii... lucu kan?
Kalau sudah gitu, ikhsan pengennya nempel terus sama mas. Pengennya dolanan & njajal maenan barunya bareng sama mas. Kompak deh bapak sama anak..



Sekarang, kalau mas keluar kota saya nagih minta dibeliin oleh-oleh. Lha abisnya si kangmas suka ga kepikiran beli deh. Namanya juga p…

celoteh ikhsan

ini adalah minggu ke4 kangmas pergi tugas keluar kota, dan kayaknya ini adalah tugas keluar kota terlama deh. Biasanya paling lama 10an hari, lha kok ini hampir 1 bulan. wess.., rasane ra penak banget ditinggal suwe-suwe. Rasanya bosen dan sedikit capek sebenarnya apalagi ditambah Ikhsan yang kalau dah lama ga ketemu bapakna, mulai "bertingkah". Manja dan luengket kayak lem sama saya. Ga mau sama yang lain plus mulai krengak-krengik merengek. Kayak pura-pura jatuh dan menangis minta ditolong. Kalau ditolong orang lain tambah bombay nangisnya.
"cama ibu wae," ikhsan teriak sambil nunjuk ke arah saya.
Nah kalau sudah saya bantu, trus bakalan minta gendong. Kalau saya tanya ," ikhsan kenapa kok krengak-krengik? kangen bapak po?"
biasanya dia langsung jawab," ho o ikhsan kangen bapak..,yo telpon bapak yo.." sambil ngajak saya ngambil hape.

Setelah telpon dan mendengar suaranya kangmas, biasanya ikhsan trus bilang," ikhsan dah ga kangen bapak lagi, …

cerita weekend

weekend kemaren kami sempatkan ngajak ikhsan jalan-jalan ke museum dirgantara sebelum kangmas berangkat ke surabaya. Biar ikhsan bisa liat pesawat beneran. Ternyata koleksi pesawatnya lumayan banyak dan kebanyakan pesawat-pesawat tua yang dipakai sekitaran tahun 1945an sampai 1970an. Awalnya ikhsan takut ngeliat pesawat yang gede2 bener, lama-lama seneng apalagi ada pesawat & helikopter yang bisa kita naiki.

ini poto-poto kita pas disana...

tidur ala ikhsan

tadi pagi jam 4 pagi saya getun-menyesal banget ampe mau nangis rasanya. Ceritanya gini, Jam setengah empat saya terbangun agak kaget karena saya berjanji menyiapkan makanan sahur untuk eyang yang mau puasa syawal. berhubung waktunya dah mepet, saya langsung ngacir ke dapur. Lha biasanya setiap kali saya beranjak meninggalkan ikhsan tidur sendiri, saya kasih bantal-bantal di deket ikhsan biar dia ga ngguling jatuh. Nah tadi pagi karena kesusu saya sampe lupa ga ngaling-alingi bantal buat ikhsan. Pas saya tengah2nya nyiapin sahur, tiba-tiba terdengar "GLUDA..AAK" diiringi tangis ikhsan yang membahana di pagi tadi. Langsung mak deg, waduh pasti ikhsan guling ampe jatuh pikir saya. Langsung saya lari sampai-sampai nyenggol piring2 di meja makan dan "PRA.AANG" jatuh -pecah. Yang ada di pikiran cuma ikhsan dan sampai di kamar saya dah lihat ikhsan tergeletak di ubin. Kaget dan shock, ikhsan langsung saya bopong. di sekeliling saya orang-orang dah pada bangun. Mas yang t…

batik & membatik (part 2)

saat mendengar berita kalau Unesco mengakui kalau batik adalah warisan budaya indonesia, rasanya seneng banget dewh. Sewaktu saya kecil baju batik hanya dipake orang-orang tua dan pas kondangan aja. Jarang banget liat orang pake batik untuk keseharian. Saya aja waktu kecil hanya punya beberapa potong batik saja. Pun pas dah gede dan belon kerja, males banget kalau disuruh pake batik palagi disuruh beli hihii.. Nah pas dah kerja berhubung tiap hari jumat dianjurkan pake baju batik, alhasil saya memaksa diri untuk beli dan pake baju batik. Awalnya biasa, eh sekarang demen banget pakai baju batik. sekarang koleksi baju batik saya tidak hanya beberapa potong tapi dah lumayan banyak. Trus si mas juga seneng kalau pake baju batik buat ngantor, jadinya saya juga ngiler kalau liat baju batik cowok yang bagus. bawaannya pengen beli.

saking senengnya sama batik, saya jadi penasaran pengen mbatik sendiri. Bulan juli kemaren kok ya ndilalah darmawanita kantor saya ngadain kursus mbatik. Jadi ga p…

cerita lebaran yang terlewat

lebaran = mudik. Bener ga sih? tapi memang saat lebaran adalah momen yang dijadikan banyak orang untuk mudik ke kampung halaman dan ketemu sodara. Saya walau di djogja tetep aja "men-cap" pulang ke rumah ortu di sleman & mertua di bantul adalah mudik (rada maksa ya?he2x). Ya itu karena rumah kami di ngaglik jadi suwung selama lebaran.

rencana dan jadwal selama lebaran sudah padat:
- hari pertama lebaran di rumah mbah kakaung di bantul
- hari kedua sawalan di keluarga eyang condongcatur
- hari ketiga sawalan keluarga mbah kakung-putri bantul
- hari keempat sawalan keluarag besar mbah buyut dari eyang condongcatur
jadi kami bakalan mondar-mandir bantul-condongcatur. Tahun kemaren juga gitu dan alhamdulillah nak lanang ikhsan tetep sehat walau diajak ngider.
hari pertama lebaran di bantul, setelah sholat ied badan ikhsan rada anget. Saya dan mas ga begitu nggagas dan cuek aja. Menjelang siang, kok tambah anget ya? Untungnya saya bawa obat penurun panas. karena ikhsan anget…

menjelang akhir ramadhan

ah ga terasa hari-hari di bulan puasa tahun ini berlalu begitu cepat. Tinggal beberapa hari lagi bakalan usai. Sedih deh, rasanya belum habis2an ibadahnya. Contohnya jarang banget bisa tarawih di mesjid, karena si ikhsan belum bisa tahan lama diajak sholat di mesjid. Trus belum khatam tadarus, gimana nih?

tapi alhamdulillah ikhsan dah mulai ngerti diajak sholat & ngaji. Tiap kali saya ambil aer wudlu, langsung ikutan dan pengen sholat. Setiap kali saya ambil Qur'an juga ikutan minta alQur'an dan ngaji. Sekarang sudah hafal Al Fatikhah, Al Ikhlas, An-Naas, doa mau bobo-bangun bobo, dao mau maem-sesudah maem. Seneng dan geli kalo liat ikhsan baca hafalan2nya.

lebaran taon ini kami berencana merayakan ke bantul, di tempat mertua baru kemudian menyambangi rumah bapak di condongcatur.

buat temen-temen yang mudik ke rumah ortu/mertua, met mudik ati2 di jalan.

kami sekeluarga mengucapkan: "selamat idul fitri , mohon maaf lahir dan bathin"

09.09.09

tadi pagi menjelang sahur, saya dibangunkan oleh bisikan mas," met ultah jeng." Weks hampir lupa kalau hari ini saya ulang tahun.
dengan mata yang belum melek bener, saya sudah disodori kado oleh mas. Kado yang belum terbungkus dan masih ada label harganya.
" ga sempat bungkus jeng," kata mas melihat rasa heran di wajah saya.
wekekek, saya cuma tersenyum geli. " makasih mas.."
Makasih juga untuk selalu menyempatkan sebuah kado di setiap tanggal 9 September, yang tak pernah terlewat sejak kita kenal dulu.

amien untuk doa yang terucap untuk saya.

bersyukur

tadi sempat ndengerin radio tentang petuah ramadhan. Kok mengena juga ya hikmah ceritanya? ceritanya gini,

ada seorang pekerja bangunan arip namanya, dia sedang melakukan pengecatan di gedung bertingkat. Ketika sudah berada di atas tangga dia lupa ada sesuatu yang akan disampaikan kepada temannya yang masih berada di bawah. Kemudian dia berteriak memanggil temannya.
"Uri..iip."
si urip yang berada di bawah tidak mendengar karena bisingnya suara di proyek itu. si arip memanggilnya sekali lagi.
"Uri..iip."
si Urip tetap tidak mendengar. Kemudian si Arip punya ide. Bagaimana kalau aku coba menjatuhkan sekeping uang logam di dekat Urip, pasti dia mau menengok ke atas, batinnya. Kemudian si Arip menjatuhkan sekeping uang logam tepat di dekat si Urip. si Urip mengambil uang itu dan memasukkannya ke kantong tanpa menengadahkan kepalanya ke atas.
si Arip kecewa, "aduh Urip kok cuma diambil to uangnya, aku yang melemparkannya dan kamu ga nyoba cari siapa yang menlemp…

hafalan ikhsan

kali ini pengen cerita tentang perkembangan ikhsan. Takut kelupaan jadi mending posting aja :)
di bulan puasa ini ikhsan kooperatip banget deh, maksudnya kalo pas kita sahur ikhsan masih bobo jadi ga ikutan ribut dan ganggu hihi. Nah giliran waktunya buka, saya kudu nyiapin juga sup buah atao kolak di mangkuk tersendiri buat ikhsan, ceritanya ikutan buka. Yah bisa diperkirakan kalau acara buka bertambah seru dengan polah ikhsan yang makan sendiri dengan belepotan dan berceceran dimana-mana. Belum lagi kalo isengnya datang ikhsan suka nuangin air dari gelasnya ke lantai. Kalau dah gitu saya dan mas biasanya langsung teriak kaget,"ikhsa...an!" Lha ikhsannya cuek bebek dan ngacir meninggalkan lantai yang basah. Akhrinya saya mesti "melantai" mengeringkan aer di lantai. Sepanjang waktu buka ikhsan ikutan ngemil terus, malah kemaren sore ampe muntah karena kekenyangan. Weh lha ikhsan napsunya ngemil kok ya tinggi juga ya? hehe

hal lain yang bikin saya seneng, tiap kali sa…

selamat ulang tahun mas

hari ini adalah hari yang spesial. Spesial? ya iyalah, hari ini bapakna ikhsan ulangtahun. Tadi pagi menjelang sahur saya bangunkan mas sambil saya bisikkan, " selamat ulang tahun mas."
semoga dengan bertambah usia, mas semakin dewasa, tambah sayang sama ikhsan & ibuna, sukses dalam pekerjaan.
semoga keluarga kecil kita selalu sakinah, mawadah warohmah. Amien....

yuk ntar malem tiup lilin ulang tahunnya mas...

we love you
ikhsan & ibuna

hampir genap 2 taon 2 bulan

sudah lama ga cerita tentang perkembangan ikhsan. Setelah genap 2 tahun, ikhsan mulai banyak celotehannya. Mulai dari mengungkapkan keinginannya sampai menceritakan kembali kegiatannya sehari-hari. karena saya mengajarkan 2 bahasa (bahasa indonesia & bahasa jawa) alhasil ikhsan campur aduk dalam pemakaian bahasanya. Ketika diajak bicara menggunakan bahasa indonesia dia menjawab pake bahasa jawa begitu sebaliknya kalo diajak bicara pake bahasa jawa dia menjawab pake bahasa indonesia.. hihi.., maklum juga sih wong namanya masih belajar. Seperti omongan ikhsan yang kayak gini:
" ibu itu mobil apa?"
" itu taksi dik"
" taksi lampune di ndhuwur (lampunya di atas), itu taksine mau jalan,"
trus kalau ditanya umur:
" ikhsan umurnya berapa?"
" empat, empat ki wes sekolah> (empat tuh dah sekolah)."
saya ketawa dengarnya, trus saya lanjutkan nanya:
" sekolah TK apa SD?"
" SD," jawab ikhsan mantap " koyo (kayak) mba lina,&quo…

our 4th anniversary

4 tahun sudah kami rajut hari bersama
Untaian cinta senantiasa kami jalin untuk melewati hari-hari
Amarah yang muncul selalu coba kami padamkan dengan sayang
Alhamdulillah cinta kami tak bergeser dari hati

Terimakasih ya Allah telah Engkau beri kami kesempatan merenda kasih sayang dalam simfoni cinta sebuah keluarga yang selalu dimeriahkan celoteh riang seorang bocah kecil -Ikhsan- sebagai pengobat lelah kami
Terimakasih ya Allah telah Engkau jodohkan kami sebagai pasangan
Ta henti sujud syukur kami atas rahmat-Mu

Semoga cinta kami mampu merangkainya menjadi sebuah keluarga sakinah, mawadah wa rohmah
Semoga kebahagian selalu melingkupi keluarga kami

Amien..

belajar bahasa

usia balita, katanya saat yang paling baik untuk mengajarkan bahasa. Anak usia balita bisa menerima lebih dari 1 bahasa. Namun disarankan untuk mengajarkan bahasa ibu terlebih dahulu supaya anak tidak bingung menggunakan bahasa.
Suatu hari ketika saya membeli ayam goreng di bilangan seturan, sleman, saya melihat ada seorang ibu dan anak perempuannya yang berusia 4 tahunan berbicara pake bahasa inggris. Wih, saya berdecak kagum juga soalnya penampakannya jawa asli tapi ngomongnya campur bahasa indonesia dan bahasa inggris. Kok bisa ya? Tuh ortunya pasti biasa komunikasi bahasa inggris di rumah, batin saya.

lalu bahasa apa yang saya ajarkan pada ikhsan?
kami, saya dan mas memilih bahasa indonesia sebagai bahasa pertama yang kami ajarkan. Selanjutnya setelah ikhsan bisa berkomunikasi (2 tahun), saya mulai mengajarkan bahasa jawa krama (bahasa jawa halus). Mengapa bukan bahasa inggris?seperti trend saat ini? Berhubung kami orang jawa tulen, saya merasa lebih seneng ketika membayangkan besok…

being single mom

sudah seminggu ini saya jadi single mom, maksudnya saya bener-bener sendiri ngurus ikhsan dan rumah. Mas kebetulan dapat tugas ke jakarta dan asisten di rumah kami pulangkan karena "sedikit berulah". Alhasil saya sendirian di rumah. Mulai dari mbersihin rumah, masak dan ngantor. Karena gak ada yang jaga ikhsan di rumah terpaksa deh ikhsan ikut ngantor seharian. Kesian juga sih, tapi mau gimana lagi? Saya menitipkan ikhsan 2 hari kepada eyang (bapak saya). Ga tega juga dewh liat eyang rada capek seharian ngasuh ikhsan. Maklum eyang juga cuma sendirian di rumah beliau.

Dan ini memasuki minggu kedua saya tanpa asisten di rumah sementara posisi mas sekarang masih di makasar. Setelah pulang dari jakarta, mas hanya punya waktu 3 hari di rumah dan langsung terbang ke makasar. Ribet tapi saya menjalaninya dengan santai saja. Pelan-pelan cari ganti asisten buat jaga ikhsan. Ternyata saya harus punya cadangan energi ekstra untuk menyelesaikan semua kerjaan di rumah sekaligus njaga ik…

ikhsan dapat sepeda

ikhsan yang sekarang umurnya genap 2 tahun tambah pinter dan nggemesin ajah. Kalau diajak ngobrol dah nyambung dan ikutan cerita. Walau kalimatnya masih acak adul hehe.. Kayak kemaren pas saya ajak nganter mas ke bandara, ikhsan dah bisa cerita ke eyangnya," bapak kerja ke jakarta naek pesawat guedee banget..,"
"ikhsan ga ikut, ikhsan sama ibu wae,"
hihi.., saya cuma ngikik dengernya, abis tuh anak kayak dah ngerti banget dewh.

pas ulang tahun kemaren, saya dan mas sepakat kasih kado ikhsan sebuah sepeda. Maklum temen-temen maennya di rumah dah pada punya sepeda dan daripada ikhsan ngiler plus suka ngerebut sepeda punya temennya. Sepeda yang kami pilih modelnya sepeda BMX roda dua dan disangga 2 roda kecil di belakang.
Waktu pertama kali ngeliat, ikhsan dah heboh banget. Teriak-teriak, "sepeda...sepeda."
langsung dipegang dan dituntun kemana-kemana. Kalo disuruh naek ga mau. Sepedanya dah menjelajah seantero rumah kami yang kecil. Nah, waktu seminggu ditingg…

genap 2 tahun ikhsan

hari ini 30 juni 2009
genap 2 tahun sudah engkau mengisi kebahagian hari-hari kami
dengan gelak tawa, tangisan juga rengekan

saat engkau membuka mata pertama kalinya
kami ingin kami-lah orang pertama yang engkau lihat
karena 9 bulan engkau kami tunggu dengan penuh harap
9 bulan engkau meringkuk di rahim ibu
mendengar detak jantung dan irama nafas ibu
merasakan belaian sayang dari kami -ibu & bapak-

sunggguh kami tersungkur dalam kebahagian ketika akhirnya engkau lahir
tak henti kami berucap syukur melihat engkau
seorang bayi kecil, mungil yang sehat dan menyenangkan
kulitmu yang bersih, badanmu yang gemuk dan matamu yang besar
sungguh menyenangkan hati kami
dan mengingatkan kami untuk terus bersyukur
telah diberi amanah yang sangat besar

hari berlalu begitu cepat
tak terasa kami telah menimang, membelai dan menggendong engkau
kini engkau bukan bayi lagi
engkau telah tumbuh menjadi seorang anak
yang mulai dipenuhi dengan ego dan keinginan

2 tahun, engkau melewati hari-harimu
2 tahun, engkau mulai belaj…

batik & membatik

minggu ini ada satu kegiatan yang saya seneng banget melakoninya. Kebetulan sekali pengurus darmawanita tempat saya menyelenggarakan kursus membatik. Wah, kalo kata batik sudah familiar di telinga, tapi kalau membatik sendiri? belom terbayang di kepala, apa ya bisa? karena megang canting buat batik saja, saya belum pernah. Baju batik saya juga seneng memakainya. Jadi ini kesempatan yang langka batin saya. Akhirnya dengan pede saya ikutan daftar. Berhubung ni kegiatan panitianya darmawanita, jadi biayanya disubsidi 50%. Total saya cuma bayar 75 ribu aja dan bakalan dapet handout materi, seperangkat canting untuk membatik, celemek & kain katun primisima sepanjang 2,5 meter. Plus makan siang ding..lumayan banget.

kegiatan ini diikuti kuranglebih 9 orang ibu-ibu yang sama sekali belum pernah membatik. Jadi instrukturnya memberi materi benar-benar dari dasar. Alat-alat apa saja yang dipakai dalam membatik,kemudian motif-motif batik juga jenis-jenis & cara pewarnaan batik. Ternyata …

jalan-jalan ke solo

Beberapa waktu yang lalu, saya dan ikhsan menyusul mas yang lagi tugas di solo. Berhubung workshop-nya mas deket, jadi kita putusin untuk menyambangi mas di hotel the sunan solo aja biar ga terlalu lama kangennya hihi. Sekalian juga nengokin mba ratna juga naufal dan hayyun. 3 hari di solo, saya habiskan buat jalan-jalan menikmati kota solo walau ga sempat mampir ke pasar klewer yang terkenal itu. Yang paling penting anak-anak pada seneng kumpul ma sodaranya hihi.
Hari pertama di solo kegiatan saya cuma menyambangi mas di hotel sunan bareng ikhsan. Lha berhubung ikhsan masih asing dengan suasana hotel, dia jadi rada takut dan ga mau jalan sendiri. Maunya digendong hihi..
Sore harinya karena naufal memaksa buat dilihat pas latihan maen bola di klub tunas jaya mojosongo, akhirnya saya dan ikhsan nemenin naufal di lapangan. Ikhsan saking senengnya ikutan lari-lari di lapangan sambil teriak-teriak,”mas empal…mas empal.” (maksudnya sih manggil-manggil naufal hihi).
Naufal yang 6 tahun itu …

ikhsan 1 taon 10 bulan

ah, sudah lama ga cerita tentang ikhsan. Mulai dari mana ya?
selalu aja bingung mulai darimana hehe..., ikhsan belum genap 2 taon, tapi setiap kali ngeliat ikhsan yang tambah tinggi itu, saya selalu berpikir kok dah gede ya anak-ku? tinggi badan ikhsan sekarang hamper 86 cm dengan BB 11,5 kg. ga terlalu ndut juga ga terlalu kurus, kata mas sih dah ok.

sekarang ikhsan sudah mulai lancar bicara dan nyambung kalau diajak ngobrol. Selalu niru dan ngikutin hal-hal baru yang dilihat. Hobinya sekarang adalah ngomong gini,"
"bukan embuk (maksudnya ibu) tapi bapak."
"bukan eyang tapi bapak."
"bukan pesawat tapi burung,"
"bukan maem susu tapi mimik susu,"
"bukan encan (maksudnya ikhsan) tapi yahya (yang ini nama temen maennya)."
pokoknya ngomong yang pake kata "bukan" dan "tapi" walau kadang itu bukan kalimat perlawanan kayak ngomong gini, "bukan embuk (ibu) tapi embuk (ibu)," bingung kan?
sumpah lucu banget, pasti nge…

bapak

setiap kali teringat bapak, hati saya selalu terenyuh.
bapak adalah satu-satunya orang tua yang tersisa buat saya setelah 9 tahun yang lalu ibu meninggalkan kami. bapak jugalah tempat saya bercengkrama berbagi cerita. karena dengan bapak saya bisa bebas bertanya, mengobrol bahkan bercanda. Ketika saya hendak melahirkan pun, bapak yang tahu pembukaan saya sudah banyak. Bapak menghitung tiap menit, dan mengatakan, " sudah tiap 15 menit sekali sakit, wes gek dibawa ke rumah sakit,"
setelah tidak ada ibu, bapak tetap tempat saya bertanya tentang ikhsan. Pertama kali saya mencoba tengkurepkan ikhsan di usia 20 hari, bapak-lah yang mengajari saya. Ketika ada apa-apa dengan ikhsan, bapak juga tempat saya berbagi karena bapak selalu menenangkan saya. Pun ketika saya harus mengurus sendiri ikhsan yang waktu itu masih 5 bulan opname di RS karena mas sedang ada di kalimantan, bapak -lah yang memberi kekuatan.

tidak terhingga rasa sayang dan terima kasih saya buat bapak. Tidak banya…

home sweet home

ah, judulnya gaya banget ya? tapi emang seperti itu yang kami rasakan..home sweet home... Rumah bagi saya bukan sekedar tempat tinggal, tapi tempat saya me-refresh jiwa. Jadi ketika akhirnya kami -saya dan mas- bisa membeli rumah dari kocek kami sendiri rasanya puas dewh. Perburuan mencari rumah butuh waktu yang ga cepet. Di awal kami menikah, karena mas masih harus menyelesaikan kuliah di bandung, keinginan punya rumah rumah sendiri masih tertahan. Setelah mas selesai kuliah dan balik ke djogja, nah keinginan punya rumah sendiri muncul lagi. Muter-muter jogja dan nyari rumah yang cocok buat kami ternyata susah juga. Saya yang terbiasa tinggal di perumahan pengen punya rumah di kompleks perumahan, sedangkan suami yang sejak kecil tidak tinggal di perumahan ga kepikiran punya rumah di perumahan,-sumpek- alasannya. Nah, susah kan? menggabungkan keinginan kami berdua.

tapi ternyata bener kata orang jawa kalo rumah itu punya pulung, artinya kalo tuh rumah dah digariskan bakal jatuh ke ta…

"disunat" sekarang atau nanti ??

hari ini memasuki hari ketiga badan ikhsan anget. Tadi malem nyampe 38'C, saya sempat bingung juga tapi setelah minum sanmol,ikhsan bisa bobo juga. Ceritanya Hari jumat minggu kemaren ikhsan mengeluh sakit pas pipis.
"pipis tatit," ikhsan teriak ketika saya ajak pipis di kamar mandi.
"apanya dik yang sakit?" tanya saya
"titit atit," jawab ikhsan sambil megang tititnya.

saya terdiam dan berpikir, kenapa ya? biasanya ga papa tuh. Saya pegang jidat ikhsan juga ga panas. Apa anyang-anyangen ya? Kalo orang jawa bilang gitu.
Ketika mas pulang saya cerita,trus mas bilang, "besok kita bawa ke dokter."
saya mengiyakan. Besoknya hari sabtu ikhsan kami bawa ke dokter. Waktu itu badan ikhsan belum panas dan masih mau maen cuma sakit aja pas pipis. Ketika diperiksa dokter ketahuan kalau ikhsan kena infeksi saluran kemih. Lubang pada "titit" ikhsan emang kecil dan pas pipis pasti mlembung. Oleh dokter kami disarankan untuk secepatnya menyunatk…

strawbery

di belakang rumah saya sengaja saya tanami pohon strawbery disamping karena saya memang suka buah strawbery, tuh pohon gampang banget tumbuhnya. setelah beberapa bulan saya tanam, akhirnya mulai berbunga dan berbuah. Wah saya girang banget ngelihat bunganya. Rasanya puas berhasil nanam pohon strawbery sampai berbuah.
Saya mengambil bibit pohon dari rumah bapak saya, hanya 1 pot kecil saja. Di rumah saya kembangkan jadi beberapa pot. Dan hasilnya sekarang mulai berbunga. Kebayang bakal panen strawbery nih...
Kalo ada satu buah yang mateng bakalan saya comot dan makan langsung hihi..hihi.


ikhsan



kebiasaan ikhsan sejak bayi adalah ngemut jari. Kalao lagi nganggur pasti deh dua jari kirinya bakalan masuk mulut dan tangan kanannya meluk si jojo boneka kura-kuranya. Saya dan mas hampir kewalahan kalau mencoba menarik jari yang diemut itu, karena ikhsan bakalan nangis kenceng banget. Beberapa orang juga dah memperingatkan supaya tuh jari jangan keseringan masuk mulut, selain kotor juga bisa meng…

suatu senja

Suatu senja sepekan yang lalu, setelah seharian ngantor, saya duduk ditemani mas di beranda belakang rumah kami. Rasanya penat dan capek seharian di kantor. Dan seperti biasa untuk menghapus lelah, mas mengambil gitar dan mulai memetiknya. Sebuah lantunan lagu dinyanyikannya untuk saya. Indah dan menyentuh sekali..

Adalah engkau, dia yang kurindu tuk jadi bagian bunga di hatiku
Menjadi peneduh kalbu perjalananku
Tibalah waktu yang telah kurindu, tuk selalu bersama denganmu
Tlah terbuka pintu itu, akad tlah terucap sudah
Dinda marilah melangkah

Dinda temanilah aku di setiap detikku dengan doamu
Bila terpisahkan waktu tetaplah disini di dalam hatiku
Ya Robbi ijinkanlah kami untuk terjaga selalu di jalan-Mu
Dinda doamu laksana pelepas dahaga di lelahnya jiwa

Lagu-lagu dari Seismic memang jadi lagu favorit kami berdua. Selain syairnya menyentuh, lagunya juga apik kalo dimainkan dengan petikan gitar. Sejak sebelum menikah sampai sekarang kami masih sering mendengarkannya. Dan saya selalu saja terse…

gak klayu lagi

sudah lebih dari 3 mingguan ini ikhsan sudah ga klayu kalau saya tinggal ngantor. Rasanya seneng dan bangga dewh lihat ikhsan dengan tegar dan ga nangis mengajak saya salaman trus nyium kedua pipi saya & diakhiri lambaian tangannya seraya bilang, "dada bu.., bu ja," (baca: ibu kerja).

wah, saya trenyuh banget ngeliatnya,soalnya dulu kalo klayu ikhsan heboh. Pake nangis bombai dan nglosot-nglosot, ga rela saya tinggal ngantor. Jadi saya musti sembunyi-sembunyi kalo mau ninggal ikhsan ngantor. Eh, sekarang kebalikannya. Kalo liat saya dah dandan rapi langsung bilang, " bu ja." (baca: ibu kerja).
"iya, ibu kerja ya," saya mengiyakan.
"ya.."
"ikhsan nanti bobo ya?
"ya.., aku bobok," gitu jawabnya. hihi..hihi
"nanti kalau ibu dah pulang, kita maen-maen lagi ya?"
"ya bu.." jawab ikhsan sambil ngangguk dan meluk si jojo -boneka kura-kuranya-

kalo ditinggal mas ngantor, ikhsan juga melakukan hal yang sama. Mengajak salaman…

campur-campur

Reuni
Hamper 3minggu ini komputer di kantor sama sekali putus koneksi dengan internet, alhasil saya ga bisa ngeblog. Padahal pengen banget posting dan BW ke blog temen-temen.
Long weekend tgl 24-26 januari kemaren saya menyempatkan diri reuni sama temen-temen semasa SMP saya, yang sangat kebetulan lagi pada di djogja. Dulu pas SMP saya punya kelompok temen-temen yang akrab dan sohib banget. Kemana-mana bareng, jalan-jalan bareng termasuk naksir cowok juga bareng he2x..wah pokoknya seru deh. Saya bertiga dengan yaya dan dian adalah temen yang sudah terpisahkan jarak. Selepas SMP kami sekolah di SMA yang berbeda dan dilanjutkan kuliah di jurusan yang berbeda pula. Saya ngambil jurusan Hukum di UGM, Yaya ambil sosiologi di UNS dan Dian ambil kedokteran UGM. Walau dah pisah tapi kami masih sering kontak. Sampai pada nikah dan dapet kerjaan di kota lain kami masih sering sms-an atau telp. Dian nikah duluan disusul Yaya dan terakhir saya. Setelah nikah Dian yang asli lampung diboyong suami…

bahasa planet ikhsan

bulan desember kemaren ikhsan genap 1,5 tahun. Banyak hal yang bikin saya dan mas tersenyum bangga dan bersyukur melihat perkembangan ikhsan. Sekarang ikhsan mulai banyak meniru jadi bisa dikatakan dia adalah peniru ulung. Setiap melihat hal yang saya lakukan, ga perlu disuruh langsung ikutan. Saya masak, ikhsan langsung ikutan ribut megang2 sayurang dan ambil panci sambil bilang," nyoh...," itu bahasa jawa yang artinya lebih kurang,"nih.." dan mengulurkan panci itu ke arah saya.
apalagi kalo lihat iklan 3 di teve yang ada kata-kata," mau..mau..mau," langsung deh ikhsan ngikutin," wau...wau...wau...," he2x ga mirip tapi tetep ajah ikhsan pede. Nah kalo saya lagi mijitin mas, ikhsan pun ikutan mijit,hihi lucu deh ngeliatnya.

kalo mas ada dirumah, ikhsan maunya dibikinin susu sama mas.
"maem..maem..," gitu biasanya ikhsan teriak
"ikhsan mau maem atau mimik?" tanya saya
"maem..maem," ikhsan tetep teriak sambil nunjuk botol…