Selasa, 06 Januari 2009

bahasa planet ikhsan

bulan desember kemaren ikhsan genap 1,5 tahun. Banyak hal yang bikin saya dan mas tersenyum bangga dan bersyukur melihat perkembangan ikhsan. Sekarang ikhsan mulai banyak meniru jadi bisa dikatakan dia adalah peniru ulung. Setiap melihat hal yang saya lakukan, ga perlu disuruh langsung ikutan. Saya masak, ikhsan langsung ikutan ribut megang2 sayurang dan ambil panci sambil bilang," nyoh...," itu bahasa jawa yang artinya lebih kurang,"nih.." dan mengulurkan panci itu ke arah saya.
apalagi kalo lihat iklan 3 di teve yang ada kata-kata," mau..mau..mau," langsung deh ikhsan ngikutin," wau...wau...wau...," he2x ga mirip tapi tetep ajah ikhsan pede. Nah kalo saya lagi mijitin mas, ikhsan pun ikutan mijit,hihi lucu deh ngeliatnya.

kalo mas ada dirumah, ikhsan maunya dibikinin susu sama mas.
"maem..maem..," gitu biasanya ikhsan teriak
"ikhsan mau maem atau mimik?" tanya saya
"maem..maem," ikhsan tetep teriak sambil nunjuk botol susu.
"ikhsan mau mimik susu?"
"hem..," jawab ikhsan sambil ngangguk
"dibikinin ibu atau bapak?"
"bapah," jawab ikhsan mantap.
"dibikinin ibu ya?" tawar saya
"bapah," sambil nunjuk ke arah mas.
Akhirnya mas yang bergerak membuatkan susu buat ikhsan sambil senyum-senyum seneng sambil melirik ke arah saya karena ikhsan memilih dia buat bikinkan susu. Saya sih cuma tersenyum kecut ajah lihat itu..

kosakata ikhsan pun mulai bertambah dan mulai nyambung kalo diajak ngomong. Sudah lancar bilang," bu.... -kalo manggil saya-
"bapah...," -kalo manggil mas-
"ah wawu...," -kalo manggil asisten saya di rumah yang namanya mba wahyu-

tapi ada kata2 ikhsan yang saya dan mas sama sekali ga ngerti artinya. Ikhsan sering banget ngucapin kata2 ini:
"bejah...bejah..."
"taden...taden..."
"nyama..ah, "
"jaba..ah,"
"mama..ah,"
"bapa..ah,"
saya dan mas pasti ketawa ngikik kalo denger ikhsan mulai mengeluarkan "bahasa planetnya". Habis kalo ditanya maksudnya apa ikhsan malah mengulang bahasanya itu. Ya sudahlah, tinggal kami yang denger yang ketawa geli.

9 komentar:

Vera mengatakan...

Waah, Ikhsan tambah pinter ajah yah...

omietha mengatakan...

wah..ikhsan makin pintar aja...salam buat ikhsan....

ENDRIYANI mengatakan...

Lucu bgt ya klo bhs anak-2 tuh aneh-2 jadi bikin pengen ketawa aja...
Ikhsan sama nich kaya Talitha pengennya dibikinin susu ama Papahnya...dr kecil sampai skrng!!! Hrs gak boleh ama saya...

Maya mengatakan...

:)) sering keluar ya mba bahasa planet nya :D... Rara juga tuh.. apalagi kalo main sendiri
saya link balik ya mba :)

ke2nai mengatakan...

PR tuh buat ibu & bapaknya ikhsan buat ngartiin bahasa planetnya :D

widie mengatakan...

hihi lucu emang kl anak mulai belajar ngomong yg ngerti pastinya cm mamanya atu pengasuhnya yg deket sm dia aja yaaaaa...aku aja sering kangen pas liat video jaman akbar kecil dulu hehe...

kebalikan sm akbar mo minum susu hrs bikinan mamanya huuu mpek capek nolaknya kadang sampe diakalin pdhl yg bikinin susunya kan tinggal dipanasin dulu sm abahnya trus dikasihkan mamanya baru deh mamanya ngasih ke akbar duuhh estafet kaannn hehe

Nu gaduh blog mengatakan...

wah sudah pinter doong, 1,5 th sudah banyak katanya, kalau azra dulu termasuk telat ngomong, usian 1,8 baru bisa ngomong, tp sekarang malah bawel pisan.

Bunda Aulia mengatakan...

wah.. ikhsan makin pinter aja nih.
Emang lucu n ngegemesin ya denger celoteh anak..
kadang kita gak ngerti mereka ngomong apa.. jadi iya-iya ajah hihihi..

astien mengatakan...

bejah bejah...gajah kali maksudnya hihi..

aku malah seneng kalo ki' dikit minta ma bapak, mik utih ma apak *mik putih sama bapak* ayan2 ma apak *jalan2 ma bapak* ...mbokne iso leyeh leyeh hehe