Langsung ke konten utama

"disunat" sekarang atau nanti ??


hari ini memasuki hari ketiga badan ikhsan anget. Tadi malem nyampe 38'C, saya sempat bingung juga tapi setelah minum sanmol,ikhsan bisa bobo juga. Ceritanya Hari jumat minggu kemaren ikhsan mengeluh sakit pas pipis.
"pipis tatit," ikhsan teriak ketika saya ajak pipis di kamar mandi.
"apanya dik yang sakit?" tanya saya
"titit atit," jawab ikhsan sambil megang tititnya.

saya terdiam dan berpikir, kenapa ya? biasanya ga papa tuh. Saya pegang jidat ikhsan juga ga panas. Apa anyang-anyangen ya? Kalo orang jawa bilang gitu.
Ketika mas pulang saya cerita,trus mas bilang, "besok kita bawa ke dokter."
saya mengiyakan. Besoknya hari sabtu ikhsan kami bawa ke dokter. Waktu itu badan ikhsan belum panas dan masih mau maen cuma sakit aja pas pipis. Ketika diperiksa dokter ketahuan kalau ikhsan kena infeksi saluran kemih. Lubang pada "titit" ikhsan emang kecil dan pas pipis pasti mlembung. Oleh dokter kami disarankan untuk secepatnya menyunatkan ikhsan. Wekss, kami kaget dan belum siap mental dengar penjelasan dokter. Membayangkan ikhsan yang belum ada 2 taon harus disunat di ruang operasi. wah kesian banget...

setelah mendengar penjelasan dokter, kami pulang dan memutuskan mencari second opini pada dokter anak langganan kami. Hari senin pagi badan ikhsan mulai panas. Dan hari itu juga kami mendatangi dokter akil -dokter anak langganan kami-. Keterangan yang hampir sama kami peroleh dari dokter akil. Ikhsan sebaiknya segera disunat karena nanti infeksinya akan sering terulang. Tapi dokter akil memberi penjelasan dengan cara yang melegakan kami.
"jadi silakan bapak-ibu merencanakan waktunya kapan. Sebenarnya bisa dilakukan dengan bius lokal dengan risiko yang lebih kecil dibanding bius total. Karena bagaimana pun bius total mempunyai risiko yang lebih besar. Nanti bisa dilakukan di klinik sini atau di rumah sakit. Monggo saja terserah bapak-ibu." begitu penjelasan dokter akil.
kami saling berpandangan, wah harus segera diputuskan nih untuk segera menyunat ikhsan, pikir kami.

setelah diberi obat, kami ajak ikhsan pulang. Dan sudah 3 hari ini badan ikhsan anget. Kami harus segera menyiapkan mental dan memutuskan ikhsan "disunat" sekarang atau nanti ?? Yang pasti harus secepatnya, ga tega rasanya ngeliat ikhsan mengeluh sakit ketika pipis. Mohon doa temen-temen ya...

Komentar

Anonim mengatakan…
salam kenal bun, yang ikhsan alami dialami juga oleh ponakan ku umurnya 2 tahun , sebaiknya sih secepatnya di sunat bun soalnya kasian nanti ikhsan akan sering panas, alhamdulillah ponakanku sekarang dah jarang panas lagi karena sudah di sunat , malah ponakanku waktu itu di biusnya total..
Unknown mengatakan…
gimana ikhsan, jd di sunatnya... moga ikhsan baek2 aja yah...
Keke Naima mengatakan…
spt yg sy tulis di FB, keponakan sy juga akhirnya di sunat krn ada infeksi bun.. Sunat skrg udah byk yg canggih kok. udah langsung bisa pake celana. Sakitnya paling sebentar gak sp berhari2. Moga2 ikhsan cepet sembuh y.. :)
Anonim mengatakan…
wahhh harus buruan tuhh kan kasian Ikhsan kl pipisnya sakit.
sunat sejak kecil ngga ada masalh kok, adek azhar aja umur 3 bln tuh disunat, dan hasilnya bagus2 aja malah ngga sakit dan ga ada darahnya lha wong masih kecil.

tapi kalo di jawa emang sunat dr kecil belum biasa yaa tapi kl buat kesehatan ya ngga papa, insyaallah ngga bakal kenapa2 deh kesehatan ikhsan itu yg utama kaann semoga cepet sembuh ya ikhsan.
ENDRIYANI mengatakan…
Wah kasian ya Ikhsan pipisnya kesakitan!!!...
Walau kasian tapi demi kebaikan Ikhsan gak apa-2 lah Bun...Smoga Ikhsan ntar klo disunatnya lancar ya :)
Anonim mengatakan…
moga oprasi sunanat berjalan lancar ya...., dan setelah disunat pipisnya gak kesakitan lagi....amien!
Pitaloka mengatakan…
wah sama kaya ponakan dan adik bunda waktu kecil...memang akhirnya harus sunat juga tuh...dan setelah sunat memang sembuh...ayooo ikhsan bersemangaat kamu pasti berani...di doakan deh...
MAKSI-PPAk mengatakan…
duli mas dzaky jg disuruh sunat pas usainya 2 tahunan gitu, tapi ibunya kesian, jadinya sampe 6 taun skrg blum disunat, fai kmrn pas panas jg disuruh sunat.....blum juga.....gak tega , ibunya juga mesti siapin mental juga nih kayaknya bukan cuma anaknya
entik mengatakan…
buat temen-temen semua, makasih dukungannya. alhamdulillah sekarang ikhsan dah ok. Cuman sekarang ga mau pipis di kamar mandi (keknya trauma kemaren kalo pipis di kamar mandi sakit). sekarang ngompol deh kalo pipis.
Alhasil ibuna mesti ngajarin toilet training dari nol lagi nih hehe, padahal sebelum sakit ga pernah ngompol je..
Mom-Aryaka mengatakan…
ya Allah, kaget mba aku dengernya maaf terlambat.

yowes iklasin aja, yg sabar demi Ikhsan iya kan saja mba semoga proses sunatannya berhasil amien
astin mengatakan…
ki' juga pernah ngalamin hal yang sama, pernah aku posting juga deh...dokternya juga nyaranin disunat...tapi aku nyoba tak pijet dulu, soale perut bagian bawahe kan keras tu, karena susah pipis..
alhamdulillah, dipijet sekali bisa langsung sembuh tu...jadinya ga usah disunat deh

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnanya …

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog.
Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname.
Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman, semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan.

Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang padat, …

perencanaan keuangan keluarga (part 1)

Membicarakan masalah uang akan selalu menjadi topik bahasan yang menarik terutama bagi emak-emak yang notabene adalah “manajer keuangan” keluarga. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran pada kenyataannya bukanlah semudah membalik telapak tangan. Jumlah penghasilan yang cenderung tetap, terkadang harus berpacu dengan jumlah pengeluaran yang cenderung bertambah. Dan pada akhir cerita, ada yang berakhir dengan berhutang untuk menutup kekurangan tersebut. Padahal kita semua tahu, hutang adalah tambahan beban keuangan bagi kita.
Sekolah khusus untuk mendapatkan ilmu merencanakan dan mengelola keuangan keluarga memang tidak ada, jadi kita musti pandai-pandai mencari informasi seputar itu. Saya sendiri baru akhir-akhir ini saja mulai “ngeh” dengan urusan family finance. Sejak masih single dan mempunyai penghasilan sendiri, saya tidak mempunyai planning keuangan. Kala itu uang gajian sebagaian besar saya gunakan untuk “have fun” saja dan jika ada sisa baru saya tabung. Alhasil tidak…