Rabu, 25 Maret 2009

"disunat" sekarang atau nanti ??


hari ini memasuki hari ketiga badan ikhsan anget. Tadi malem nyampe 38'C, saya sempat bingung juga tapi setelah minum sanmol,ikhsan bisa bobo juga. Ceritanya Hari jumat minggu kemaren ikhsan mengeluh sakit pas pipis.
"pipis tatit," ikhsan teriak ketika saya ajak pipis di kamar mandi.
"apanya dik yang sakit?" tanya saya
"titit atit," jawab ikhsan sambil megang tititnya.

saya terdiam dan berpikir, kenapa ya? biasanya ga papa tuh. Saya pegang jidat ikhsan juga ga panas. Apa anyang-anyangen ya? Kalo orang jawa bilang gitu.
Ketika mas pulang saya cerita,trus mas bilang, "besok kita bawa ke dokter."
saya mengiyakan. Besoknya hari sabtu ikhsan kami bawa ke dokter. Waktu itu badan ikhsan belum panas dan masih mau maen cuma sakit aja pas pipis. Ketika diperiksa dokter ketahuan kalau ikhsan kena infeksi saluran kemih. Lubang pada "titit" ikhsan emang kecil dan pas pipis pasti mlembung. Oleh dokter kami disarankan untuk secepatnya menyunatkan ikhsan. Wekss, kami kaget dan belum siap mental dengar penjelasan dokter. Membayangkan ikhsan yang belum ada 2 taon harus disunat di ruang operasi. wah kesian banget...

setelah mendengar penjelasan dokter, kami pulang dan memutuskan mencari second opini pada dokter anak langganan kami. Hari senin pagi badan ikhsan mulai panas. Dan hari itu juga kami mendatangi dokter akil -dokter anak langganan kami-. Keterangan yang hampir sama kami peroleh dari dokter akil. Ikhsan sebaiknya segera disunat karena nanti infeksinya akan sering terulang. Tapi dokter akil memberi penjelasan dengan cara yang melegakan kami.
"jadi silakan bapak-ibu merencanakan waktunya kapan. Sebenarnya bisa dilakukan dengan bius lokal dengan risiko yang lebih kecil dibanding bius total. Karena bagaimana pun bius total mempunyai risiko yang lebih besar. Nanti bisa dilakukan di klinik sini atau di rumah sakit. Monggo saja terserah bapak-ibu." begitu penjelasan dokter akil.
kami saling berpandangan, wah harus segera diputuskan nih untuk segera menyunat ikhsan, pikir kami.

setelah diberi obat, kami ajak ikhsan pulang. Dan sudah 3 hari ini badan ikhsan anget. Kami harus segera menyiapkan mental dan memutuskan ikhsan "disunat" sekarang atau nanti ?? Yang pasti harus secepatnya, ga tega rasanya ngeliat ikhsan mengeluh sakit ketika pipis. Mohon doa temen-temen ya...

11 komentar:

Yuli bunda Farras mengatakan...

salam kenal bun, yang ikhsan alami dialami juga oleh ponakan ku umurnya 2 tahun , sebaiknya sih secepatnya di sunat bun soalnya kasian nanti ikhsan akan sering panas, alhamdulillah ponakanku sekarang dah jarang panas lagi karena sudah di sunat , malah ponakanku waktu itu di biusnya total..

Angsoka47 mengatakan...

gimana ikhsan, jd di sunatnya... moga ikhsan baek2 aja yah...

ke2nai mengatakan...

spt yg sy tulis di FB, keponakan sy juga akhirnya di sunat krn ada infeksi bun.. Sunat skrg udah byk yg canggih kok. udah langsung bisa pake celana. Sakitnya paling sebentar gak sp berhari2. Moga2 ikhsan cepet sembuh y.. :)

widie mengatakan...

wahhh harus buruan tuhh kan kasian Ikhsan kl pipisnya sakit.
sunat sejak kecil ngga ada masalh kok, adek azhar aja umur 3 bln tuh disunat, dan hasilnya bagus2 aja malah ngga sakit dan ga ada darahnya lha wong masih kecil.

tapi kalo di jawa emang sunat dr kecil belum biasa yaa tapi kl buat kesehatan ya ngga papa, insyaallah ngga bakal kenapa2 deh kesehatan ikhsan itu yg utama kaann semoga cepet sembuh ya ikhsan.

ENDRIYANI mengatakan...

Wah kasian ya Ikhsan pipisnya kesakitan!!!...
Walau kasian tapi demi kebaikan Ikhsan gak apa-2 lah Bun...Smoga Ikhsan ntar klo disunatnya lancar ya :)

playground-devga mengatakan...

moga oprasi sunanat berjalan lancar ya...., dan setelah disunat pipisnya gak kesakitan lagi....amien!

Nu gaduh blog mengatakan...

wah sama kaya ponakan dan adik bunda waktu kecil...memang akhirnya harus sunat juga tuh...dan setelah sunat memang sembuh...ayooo ikhsan bersemangaat kamu pasti berani...di doakan deh...

MAKSI-PPAk mengatakan...

duli mas dzaky jg disuruh sunat pas usainya 2 tahunan gitu, tapi ibunya kesian, jadinya sampe 6 taun skrg blum disunat, fai kmrn pas panas jg disuruh sunat.....blum juga.....gak tega , ibunya juga mesti siapin mental juga nih kayaknya bukan cuma anaknya

entik mengatakan...

buat temen-temen semua, makasih dukungannya. alhamdulillah sekarang ikhsan dah ok. Cuman sekarang ga mau pipis di kamar mandi (keknya trauma kemaren kalo pipis di kamar mandi sakit). sekarang ngompol deh kalo pipis.
Alhasil ibuna mesti ngajarin toilet training dari nol lagi nih hehe, padahal sebelum sakit ga pernah ngompol je..

mama arya mengatakan...

ya Allah, kaget mba aku dengernya maaf terlambat.

yowes iklasin aja, yg sabar demi Ikhsan iya kan saja mba semoga proses sunatannya berhasil amien

astien mengatakan...

ki' juga pernah ngalamin hal yang sama, pernah aku posting juga deh...dokternya juga nyaranin disunat...tapi aku nyoba tak pijet dulu, soale perut bagian bawahe kan keras tu, karena susah pipis..
alhamdulillah, dipijet sekali bisa langsung sembuh tu...jadinya ga usah disunat deh