Langsung ke konten utama

hafalan ikhsan

kali ini pengen cerita tentang perkembangan ikhsan. Takut kelupaan jadi mending posting aja :)
di bulan puasa ini ikhsan kooperatip banget deh, maksudnya kalo pas kita sahur ikhsan masih bobo jadi ga ikutan ribut dan ganggu hihi. Nah giliran waktunya buka, saya kudu nyiapin juga sup buah atao kolak di mangkuk tersendiri buat ikhsan, ceritanya ikutan buka. Yah bisa diperkirakan kalau acara buka bertambah seru dengan polah ikhsan yang makan sendiri dengan belepotan dan berceceran dimana-mana. Belum lagi kalo isengnya datang ikhsan suka nuangin air dari gelasnya ke lantai. Kalau dah gitu saya dan mas biasanya langsung teriak kaget,"ikhsa...an!" Lha ikhsannya cuek bebek dan ngacir meninggalkan lantai yang basah. Akhrinya saya mesti "melantai" mengeringkan aer di lantai. Sepanjang waktu buka ikhsan ikutan ngemil terus, malah kemaren sore ampe muntah karena kekenyangan. Weh lha ikhsan napsunya ngemil kok ya tinggi juga ya? hehe

hal lain yang bikin saya seneng, tiap kali saya dan mas mau sholat pasti ikhsan ikutan sholat dan minta dipakein sarung kecil terus ikutan jengkang-jengking sholat. Pas mas baca Al Fatikhah, ikhsan sudah bisa menirukan dan mengakhiri dengan mengucapkan,"ami..in."
selesai sholat biasanya adalah waktu untuk tadarusan bersama. Ikhsan juga ga mau kalah pengen ikutan ngaji.
"ibu...ichan ngaji." kata ikhsan sambil minta diambilkan Al Quran gede punya saya.
Kalu saya kasih Juz amma yang kecil langsung ditolak, " emoh, ichan itu wae," menunjuk Al Quran yang saya pegang. Akhirnya saya yang ngalah. Tadarus bareng mas dengan satu Al Quran buat berdua.
Selain sudah hafal Al Fatikhah, ikhsan juga sudah hafal surat Al Ikhlas. alhamdulillah seneng deh.

urusan hafalan, keknya ikhsan lebih cepet hafal syair-syair lagu deh. Sekarang ikhsan dah bisa menyanyikan lebih dari 10 lagu termasuk lagu2 pop yang ngetrend sekarang walau kadang syairnya ada yang lupa tapi nadanya bener. Coba saya inget-inget lagu apa saja yang sudah bisa dinyanyiin ikhsan.
1. pelangi-pelangi
2. balonku ada 5
3. bintang kecil
4. lihat kebunku
5. topi saya bundar
6. satu-satu aku sayang ibu
7. lihat kebunku
8. naek-naek ke puncak gunung
9. kelinciku
10. ambilkan bulan bu
11. bebek adus kali
12. naek kereta api
13. rembulan di langit hatiku ( kalo ini lagu nasyid favorit saya dan mas. gara-gara mas sering bersenandung lagu ini sambil maen gitar, ternyata ikhsan jadi ikutan bisa nyanyiin lagu ini)
14. tak gendong-nya mbah surip
15. suara - hijau daun
16. jangan menyerah - d'massiv
17. malu-malu dong - t2
18. cinta terlarang - the virgin

ikhsan kalau nyanyi syairnyasuka diplesetin. Kebiasaan yang ini keknya niru bapakna deh hehe.
contohnya kalau nyanyi lagu satu-satu aku sayang ibu. Syairnya bisa berubah jadi kayak gini,
satu satu aku sayang moyo
dua dua aku sayang taden
tiga tiga sayang moyo taden
satu dua tiga meti aya dias

kata-kata yang saya cetak miring itu adalah kata-kata yang ga bermakna yang keluar dari mulut ikhsan. Setiap saya tanya apa maksudnya, ichan malah jawab," ichan ga mudeng, ichan ga jelas."
wekekek yang nyanyi aja ga mudeng apalagi yang ndengerin pasti tambah ga mudeng hehehe..

Komentar

lidya mengatakan…
sama dong ikhsan tante juga gak mudeng hehehe
Desy Noer mengatakan…
waah hebat nich udah banyak hafalannya. memang sich yah aku juga dulu waktu masih anak-anak, itu bisa lebih cepet menghafal lagu-lagu daripada menghafal pelajaran sekolah atau menghafal al-qur'an. mungkin karena kalo lagu ada iramanya kali ya, jadi lebih gampang diinget.
isma mengatakan…
moyo, taden, meti... ki opo je san, gak mudeng aku hehehe... atau itu nama teman2nya ichan ya...
Fitri3boys mengatakan…
banyak bener hapalnya..pinter yach ikhsan....
Anonim mengatakan…
Hehehe Kak Ikhsan kreatif nih. Bisa improvisasi syair lagu :D . Hebat banget ya Kak Okhsan bisa hafal banyak lagu, hafal surat pendek pula. Semoga makin gede makin bikin Ibu dan Bapak bangga ya Kak :-)
Mai mengatakan…
Ahahaha.... lucunya sih Ikhsan udah pake bilang "ga mudheng" segala...

Hmmm pinter ya Ikhsan dah cooperatif banget ditinggal sahur. Klo Danis masih suka tereak klo tau-2 pas bangun mamanya gak ada disampingnya :P

tambah pinter dan sehat selalu ya anak ganteng ....
Reni Dwi Astuti mengatakan…
wah, ikhsan pinter nyanyi nih...
omietha mengatakan…
duh duh...pinternya mas ikhsan...
dah pinter hafalan...

kapan kapan ajari dek affan ya... :-)

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnanya …

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog.
Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname.
Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman, semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan.

Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang padat, …

perencanaan keuangan keluarga (part 1)

Membicarakan masalah uang akan selalu menjadi topik bahasan yang menarik terutama bagi emak-emak yang notabene adalah “manajer keuangan” keluarga. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran pada kenyataannya bukanlah semudah membalik telapak tangan. Jumlah penghasilan yang cenderung tetap, terkadang harus berpacu dengan jumlah pengeluaran yang cenderung bertambah. Dan pada akhir cerita, ada yang berakhir dengan berhutang untuk menutup kekurangan tersebut. Padahal kita semua tahu, hutang adalah tambahan beban keuangan bagi kita.
Sekolah khusus untuk mendapatkan ilmu merencanakan dan mengelola keuangan keluarga memang tidak ada, jadi kita musti pandai-pandai mencari informasi seputar itu. Saya sendiri baru akhir-akhir ini saja mulai “ngeh” dengan urusan family finance. Sejak masih single dan mempunyai penghasilan sendiri, saya tidak mempunyai planning keuangan. Kala itu uang gajian sebagaian besar saya gunakan untuk “have fun” saja dan jika ada sisa baru saya tabung. Alhasil tidak…