Langsung ke konten utama

dongeng sebelum tidur

rutinitas menjelang tidur yang jarang terlewatkan adalah mendongeng buat ikhsan. Saya biasa menceritakan kisah-kisah jaman nabi atau rasul seperti kisah raja abrahah dengan pasukan gajah-nya, sapi betina-nya bani israil, nabi yunus yang ditelan ikan paus sampai nabi yusuf yang dibuang ke sumur oleh sodara-sodaranya. Sejak ikhsan mulai "ngeh" diajak ngobrol, mungkin sekitaran umur 1 tahunan, saya rutin mendongeng menjelang ikhsan tidur.

cerita yang jadi favorit ikhsan adalah kisah raja abrahah dan sapi betina bani israil. Saking seringnya saya cerita tentang itu, sampai-sampai ikhsan hafal setiap kalimat, intonasi dan jeda yang saya ambil.
Sekarang di saat kami berdua sudah berbaring di kasur, saya terkadang meminta ikhsan bercerita kepada saya tentang raja abrahah atau pun sapi betina.

"ikhsan, ibu dicritani raja abrahah dik,"pinta saya sambil berbaring miring menatap ikhsan.
biasanya ikhsan tanpa mengiyakan permintaan saya langsung memulai ceritanya.
Dan inilah kisahnya versi ikhsan:

raja abrahah pasukan gajah
raja abrahah datang ke mekah
mau ngrusak ka'bah
sampai di mekah, ketemu burung ababil
bawa krikil dari neraka
kecil-kecil
puanas banget
trus krikile dijatuhke ke gajah
debug...debug
trus gajahe mati
raja abrahah kalah deh
ga jadi ngerusak ka'bah


Usai bercerita, ikhsan biasanya terdiam beberapa saat. Tak lama kemudian pelan-pelan matanya terpejam dan bobok-lah dia dengan nyaman.
Ah, ternyata tidak susah ngajak ikhsan bobo...

Komentar

Lidya - mama pascal mengatakan…
rajin ya mendongeng sebelum tidur, bagus mbak :)
mbak blog aku pindah ya ke http://fitrian.net
thanks
Reni Dwi Astuti mengatakan…
duuh ikhsan...lucunya dirimu...semoga mjd putra yang soleh ya...
Novianti mengatakan…
wah hebat ikhsan dah bisa bercerita...tambah pinter dan jadi anak soleh ya ikhsan
Ummi Zalfa mengatakan…
Wah ikhsan enak ya ibu nya rajin mendongeng kalo Zalfa ummi nya masih males niy... padahal dongeng bagus ya buat perkembangan otak
Anonim mengatakan…
Wah..rutinitas menjelang tidur yang bermanfaat ya jeng. Dita kalau mau dibacain cerita, eh bukunya direbut. Maka kadang ibunya yang ngarang2 cerita...tapi belum rutin nih bacain ceritanya. Matur nuwun sharingnya ya jeng. Biar ntar Dita bisa pinter bercerita kayak Mas Ikhsan nih.. :-)
dey mengatakan…
lama2 nanti ibunya yg bobo di dongengin iksan, hehehhe ...
Keke Naima mengatakan…
sy juga suka mendongeng ke anak2 sebelum tidur... emang manfaatnya banyak y mbak.. Salah satunya kayak ikhsan itu, pinter cerita :)

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnanya …

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog.
Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname.
Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman, semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan.

Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang padat, …

story puding: cinta dalam hati

Mau menceritakan tentang pernikahan sendiri kayaknya kurang mantaps karena usia pernikahan kami masih seumur jagung, baru 6 tahun. Nah, kali ini saya mau berbagi kisah tentang pernikahan orang tua saya.
Bapak saya berasal dari keluarga petani di sleman, sedangkan ibu dari keluarga guru di kutoarjo. Perbedaan budaya keluarga jelas terlihat diantara kelauarga besar bapak dan ibu. Keluarga besar ibu sangat mementingkan pendidikan dan pekerjaan sebagai pegawai negeri. Semua kakak dan adik ibu adalah pegawai negeri dan mengenyam pendidikan. Sedangkan dari keluarga bapak, karena latar belakang petani, maka pendidikan tidak begitu menjadi prioritas. Hanya beberapa orang anak dari embah yang jadi pegawai termasuk bapak. Selebihnya adalah bertani dan berdagang di pasar.