Kamis, 26 November 2009

dongeng sebelum tidur

rutinitas menjelang tidur yang jarang terlewatkan adalah mendongeng buat ikhsan. Saya biasa menceritakan kisah-kisah jaman nabi atau rasul seperti kisah raja abrahah dengan pasukan gajah-nya, sapi betina-nya bani israil, nabi yunus yang ditelan ikan paus sampai nabi yusuf yang dibuang ke sumur oleh sodara-sodaranya. Sejak ikhsan mulai "ngeh" diajak ngobrol, mungkin sekitaran umur 1 tahunan, saya rutin mendongeng menjelang ikhsan tidur.

cerita yang jadi favorit ikhsan adalah kisah raja abrahah dan sapi betina bani israil. Saking seringnya saya cerita tentang itu, sampai-sampai ikhsan hafal setiap kalimat, intonasi dan jeda yang saya ambil.
Sekarang di saat kami berdua sudah berbaring di kasur, saya terkadang meminta ikhsan bercerita kepada saya tentang raja abrahah atau pun sapi betina.

"ikhsan, ibu dicritani raja abrahah dik,"pinta saya sambil berbaring miring menatap ikhsan.
biasanya ikhsan tanpa mengiyakan permintaan saya langsung memulai ceritanya.
Dan inilah kisahnya versi ikhsan:

raja abrahah pasukan gajah
raja abrahah datang ke mekah
mau ngrusak ka'bah
sampai di mekah, ketemu burung ababil
bawa krikil dari neraka
kecil-kecil
puanas banget
trus krikile dijatuhke ke gajah
debug...debug
trus gajahe mati
raja abrahah kalah deh
ga jadi ngerusak ka'bah


Usai bercerita, ikhsan biasanya terdiam beberapa saat. Tak lama kemudian pelan-pelan matanya terpejam dan bobok-lah dia dengan nyaman.
Ah, ternyata tidak susah ngajak ikhsan bobo...

7 komentar:

Lidya - mama pascal mengatakan...

rajin ya mendongeng sebelum tidur, bagus mbak :)
mbak blog aku pindah ya ke http://fitrian.net
thanks

Reni Dwi Astuti mengatakan...

duuh ikhsan...lucunya dirimu...semoga mjd putra yang soleh ya...

Novianti mengatakan...

wah hebat ikhsan dah bisa bercerita...tambah pinter dan jadi anak soleh ya ikhsan

Diyah kusumaningsih mengatakan...

Wah ikhsan enak ya ibu nya rajin mendongeng kalo Zalfa ummi nya masih males niy... padahal dongeng bagus ya buat perkembangan otak

alumongga mengatakan...

Wah..rutinitas menjelang tidur yang bermanfaat ya jeng. Dita kalau mau dibacain cerita, eh bukunya direbut. Maka kadang ibunya yang ngarang2 cerita...tapi belum rutin nih bacain ceritanya. Matur nuwun sharingnya ya jeng. Biar ntar Dita bisa pinter bercerita kayak Mas Ikhsan nih.. :-)

dey mengatakan...

lama2 nanti ibunya yg bobo di dongengin iksan, hehehhe ...

ke2nai mengatakan...

sy juga suka mendongeng ke anak2 sebelum tidur... emang manfaatnya banyak y mbak.. Salah satunya kayak ikhsan itu, pinter cerita :)