Jumat, 14 Mei 2010

sekolah...

Kata sekolah sebenarnya sudah familiar di telinga ikhsan. Tapi saya butuh waktu yang tidak sebentar untuk memutuskan mengajak ikhsan sekolah. Banyak juga sih pertimbangannya. Mulai dari mencari sekolah yang cocok dan ok, juga kemauan ikhsan sekolah. Saya ga mau ntar setelah sekolah, ikhsan mogok alias ga mau berangkat sekolah. Beberapa anak tetangga juga mengalami mogok sekolah setelah beberapa minggu sekolah.

Kalau saya sih sebenarnya lebih senang ikhsan belajar di rumah bareng saya. Rasanya puas mengajar anak sendiri. Perkembangan motorik kasar dan halus ikhsan juga sudah lumayan. Untuk urusan hafalan juga lumayan. Saya coba tulis perkembangan ikhsan di usia 2 taon 11 bulan ini:
-Sampai sekarang tidak kurang 20an lagu anak-anak bisa dinyanyikan.
-Hafalan surat pendek ikhsan juga tidak mengecewakan. Ikhsan sudah hafal sekitar 12an surat pendek
-Hafal huruf A- Z dan sudah bisa mengeja kata dan kalimat
-Membaca iqra sampai huruf kho’
-Sudah mau ikut sholat berjamaah
-Melepas dan memakai celana sendiri
-Melepas dan memakai sepatu sendiri
-Makan sendiri
-Sikat gigi sendiri
-Mengunting kertas
-Menempel kertas
-Sedikit bisa menggambar, melukis dan mewarnai
-Menceritakan kembali dongeng yang saya ceritakan
-Banyak banget nanya sesuatu ampe saya bingung njawabnya hehe..

Nah yang masih rada susah adalah toilet training. Sampai sekarang belum berhasil 100 persen. Kadang masih ngompol kalau di rumah padahal kalau diajak pergi keluar rumah ga pernah ngompol loh. Eh, kalau di rumah ni anak kayaknya sengaja ngompol dan bikin saya rada keki deh. Kalau dikasih tahu, ”ikhsan, ibu seneng kalau ikhsan pipis di toilet, kalau ikhsan ngompol ibu ga seneng!”
Ikhsan menimpali, ”ho o ibu ga seneng.”
“Makanya jangan ngompol.”
“ho o.”
Tapi setelah dikasih tahu kadang ikhsan pipisnya ga bilang dan ngompol lagi. Wah ampe tepok jidat deh saya...

Balik ngomongin sekolah, setelah tanya sana sini, akhirnya minggu kemaren ikhsan resmi saya daftarkan sekolah di Kelompok Bermain Bina Kasih dekat rumah eyang. Di sana jadwal sekolah seminggu tiga kali dan tiap kali pertemuan 1,5 jam. Renang setiap hari rabu minggu ketiga. Di sana muridnya tidak terlalu banyak dan 1 kelas dipegang 2 orang guru. Saya pikir lumayan juga buat ikhsan belajar sosialisasi, disiplin dan mengenal aturan di sekolah.



Saya menyadari kalau ikhsan termasuk anak yang tidak terlalu cepat beradaptasi terhadap lingkungan baru. Nah waktu sekolah, sudah dapat ditebak kalau ikhsan tetep lengket sama saya dan tidak mau bergabung dengan teman-temannya di sekolah. Saya juga tidak terlalu memaksa ikhsan untuk cepat bergabung dengan teman-teman di sekolah. Untung gurunya maklum sekali sehingga memperbolehkan saya masuk kelas dan duduk di samping ikhsan selama pelajaran berlangsung. Pun ketika kegitan bermain, saya juga jadi terpaksa ikutan menari dan melompat-lompat supaya ikhsan mau ikutan bergabung hehe..
Habis kalau saya berada agak jauh atau hilang dari pandangan ikhsan, tuh anak langsung deh mewek ketakutan.... Wah, ini nih perlu perjuangan seorang ibu nih buat bikin pede anak batin saya.
Salah seorang guru bilang ke saya, ” ibu, putranya ditungguin saja dulu tidak apa-apa. Wong masih baru disini.”
Wih lega ndengernya,ada yang support batin saya :)
soalnya kadang rada gimana gitu rasanya liat ibu-ibu yang lain pada nunggu di luar kelas dan cuma saya yang mesti duduk di kelas nemenin ikhsan. Tapi ga papa wong namanya nunggu anak sendiri hehe...

Mas yang masih diluar kota, setiap kali telpon dan saya lapori kalau ikhsan masih takut-takut di sekolah juga heran, ” wah padahal kita kan pede ya jeng? Kok anak kita belum pede ya?”
Saya sih sempat ngikik dengar komentar mas. Lha wong namanya anak itu beda-beda, jadi ga bisa disamain dengan ortu atau anak yang lain to? Jadi perlakuannya juga ga bisa disamain.

Saya berharap ikhsan bisa lebih cepat beradaptasi di sekolah biar bisa sosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Kalau di rumah sih ikhsan sudah pede abis, tapi kalau keluar kandang nah tuh pede ngilang kemana ya??
Kapan nang, kamu pede kayak bapak-ibu?hehe...

13 komentar:

IbuDzakyFai mengatakan...

wah, pinter ya ikhsan dah skul...fai blum ma skul nih , gm dong ikhsan?

Bunda Nayla mengatakan...

Wah Ikhsan udah pinter ya, motorik halusnya juga udah bagus tuh bu.
Tinggal keberanian & PD aja ya sayang, gpp lama2 pasti berani kok kyk bapak + ibunya :)

Vera mengatakan...

waaah...ikhsan akhirnya sekolah ya, seneng byk temen. Azka dulu 3 bln pertama ditungguin aku loh dikelas, nempeeel mulu. Abis itu br mau ditinggal. Sekarang udah ampir 1 th malah ke sekolah ga dianter, udah mandiri pk mbl jemputan sekolah. Jadi, gpp ikhsan sekarang masi ditungguin ya, ntar lama2 jg lepas, kan adaptasi butuh proses.

entik mengatakan...

@mba fitri: ayok fai sekolah kayak ikhsan biar temennya banyak :)

@bunda nay: iya nih, ikhsan pedenya masih kurang

@vera: aih, lega ada temennya. Azka juga pake ditungguin di dalem kelas ya?hehe... yup semoga aja besok2 ikhsan berani kayak azka

BunDit mengatakan...

Wah...kepintaran Kak Ikhsan sudah banyak banget ya? Saya juga pengin masukin Dita ke sekolah KB tapi yang ada hari Sabtunya biar saya bisa ngikut hehehe. Ternyata semua sekolah cuma dari senin-jumat deh :-(. Kalau Ayahnya Dita malah gak setuju anak dimasukin sekolah terlalu dini, ntar langsung TK aja.Pdhal saya pengin Dita belajar sosialisasi kayak Ikhsan gitu. Semoga Kak Ikhsan makin pede bergaul ya :-)

entik mengatakan...

@bundit: Iya, kebanyakan sekolah hari sabtu libur. Ikhsan aku cariin sekolah yang masuknya sore hari jeng. Jadi sehabis ngantor aku-nya bisa nganter dan nungguin dia sekolah.

Zulfadhli's Family mengatakan...

Mas Ikhsan pintar banget yah, udah hafal 12 surat pendek. Hayo Sayang ditambah lagi hafalannya, Insya Allah kalo udah besar bisa jadi hafidz Qur'an. Amien.

Hehehe, tar juga Mas Ikhsan bakal PD ko Mba. Kan buah ga jatoh jauh dari pohonnnya hehehe

Motik mengatakan...

Ikhsan udah mau ultah aja ya..
Lho ada ya sekolah yg masuknya sore?aku baru tau nih hehe.. Ngga apa2 masih ditungguin mbak, aku yakin kyara jg pasti nanti kalo udh skolah awal2 minta ditungguin. Ikhsan pinter sdh hafal surat pendek :)

entik mengatakan...

@jeng susan: amien.. semoga aja bisa jadi Hafidz Quran. Kalau sekarang sih targetnya hafal juz amma dulu sekalian aku juga ikut ngapalin (ketauan kalau belum hapal hehehe)

@jeng motik: ada playgroup yang masuk sore. Aku juga nyari2nya rada susah soalnya jarang-jarang.

ke2nai mengatakan...

semoga betah ya sekolahnya.. cuma ini sih pengalaman sy. Naima juga di sekolah umur 2 tahunan. Menjelang TK dia lagi bosen2nya sklh. Dan ternyata gak di alamin Nai aja. Anak2 seumurnya yg masuk dr umur 2 th juga ada yg mengalami fase itu walopun sklhnya menyenangkan.. Saran saya sih kalo anaknya lagi bosen jangan di paksain utk masuk :)

Diyah-ummi Zalfa mengatakan...

Wah mas Ikhsan udah sekolah, ayo mas yang pede kan banyak temennya.

Ternyata butuh kesabaran juga ya nungguin anak sekolah.

entik mengatakan...

@bunda ke2nai: gitu ya mba?tengkyu infonya. Besok kalau ikhsannya lagi ogah sekolah, ga ta paksain.

@umi zalfa: betul umi, apalagi kalau anaknya lengket banget ama kita

bunda Kimi mengatakan...

hallo Ikhsan sekarang sdh mulai sekolah nich..nggak apa2 malu2 dikit lama2 jg brani ya persis kyk mas Akhtar dl..