Rabu, 09 Juni 2010

ibu, aku ga mau ijo-ijo....

kata-kata itu yang selalu meluncur dari mulut ikhsan ketika mendapati menu makanannya ada sayuran. Akhir-akhir ini memang ikhsan agak susye banget makan sayuran. Setiap dia merasakan ada sayuran masuk ke mulutnya, nasinya langsung dilepeh.

sempat bingung juga, kenapa ya kebanyakan anak balita ga suka sayuran? padahal sejak ikhsan makan MPASI selalu saya perkenalkan sayuran. Di setiap menunya selalu ada sayuran. Tapi akhir-akhir ini ikhsan sering menolaknya. Di suapan-suapan awal biasanya ikhsan masih mau mengunyah dan menelan nasi plus sayurannya tapi selanjutnya dilepeh dan bilang,"ibu, aku ga mau ijo-ijo...."

rayuan maut saya pun kadang ga mempan untuk membujuk ikhsan meneruskan makan sayurannya. Kalau saya punya waktu dan mood, biasanya saya bikin cookies buat cemilan ikhsan yang saya isi sayuran. Nah sekarang-sekarang ini keknya si waktu dan mood saya ini kadang ga mau singgah di hati jadinya ya ga ada variasi makanan atau cemilan buat ikhsan. Maaf ya nang...

di awal-awal MPASI ikhsan, saya mulai memperkenalkan sayuran yang saya campur pada buburnya. Kemudian ketika ikhsan mulai makan nasi, sayurannya saya iris-iris tipis dan kecil seperti wortel, kentang dan bayam. Saya bikin sayur berkuah, atau saya campur dengan dadar telur atau perkedel. Nah di usia 1 taon dan 2 taonan, sayuran masih agak mudah masuk ke mulut ikhsan.
Sekarang ketika usia ikhsan hampir menginjak 3 taon, semakin susah saja sayuran bisa masuk. Walaupun saya sudah mencoba megiris sayuran tipis-tipis dan tidak memperlihatkan sayuran itu pada ikhsan serta langsung menyuapkannya tapi kadang ikhsan tetep melepeh sayuran itu.
dugaan saya sih, mungkin karena sekarang ikhsan sudah banyak mengenal aneka macam makanan dengan aneka rasa yang "lebih enak" ketimbang dulu ketika dia usia 1-2 taon, sehingga ketika merasakan sayuran yang langu atau tak ada rasanya dia menolak.

browsing di beberapa artikel tentang tips2 untuk anak yang ga doyan sayuran yang berhasil saya rangkum, bahwa:
- pengenalan sayuran harus dilakukan sejak balita karena jika anak sudah semakin besar mereka bisa menolak bahkan membuangnya.
- Pengenalan 1 jenis sayuran atau makanan bisa sampai 15 kali baru si anak mau. (weh.. lama banget ya?).
- Variasi sayuran juga harus dilakukan supaya anak tidak bosan.
- Mulai memberikan sayur perkenalan, seperti wortel yang diiris kecil-kecil
dan tipis atau kentang dipotong kecil-kecil lalu dicampur bakso daging/udang
atau sosis atau imasak dalam bentuk kecil dan halus. Bisa dibuat dengan
kuah/sop, bisa juga ditumis dengan margarin (bisa ditambah tahu/tempe iris).
Biasakan menu sayuran ini ada dalam menu makanan sehari-hari, karena wortel
dan kentang rasanya manis dan gurih, dan anak kecil biasanya suka.
kemudian,
- Sayuran seperti sawi putih bisa ditumis atau diberikan kuah santan. Agar
selalu diingat, sayuran sebaiknya diiris kecil dan halus (seperti mainan
sayur-sayuran) dan jangan dimasak terlalu matang. Atau tumislah kol/kembang
kol ditambah baso/sosis atau telur burung puyuh (apa saja makanan selainan
sayuran dapat ditambahkan, asalkan disukai anak).
- Jika anak sudah mulai suka sayuran iris, mulailah memberikan sayuran yang
hijau-hijau, karena biasanya sayuran hijau lebih pahit/langu buat anak
kecil. Sayuran itu bisa sayur bayam (yang dimasak bening atau tumis dengan
jagung manis), sayur daun singkong yang bisa ditumbuk atau diparut agak
halus dan ditumis/dimasak dengan santan, sayur kangkung yang diiris halus
dan ditumis dengan kecap manis ditambah daging cincang, dsb.
- Pada awalnya, biasanya saat melihat sayuran, anak-anak sudah emoh memakannya. Berikan sayuran di tengah-tengah makannya dan jangan langsung ditunjukkan kepada
anak. Sisipkan diantara suapan nasi dan lauknya.

yah, walaupun ikhsan sering melepeh sayuran, tapi saya tiap hari tetep memasakkan sayur buat ikhsan. Biar hanya sedikit ikhsan tetep harus makan sayuran, biar terbiasa. Saya juga ga bakal bosen masakin sayur buat ikhsan walo banyak yang terbuang. Dalam hati, saya tetap berkeyakinan kalau suatu saat saya pasti berhasil mengajak ikhsan senang makan sayuran dan makanan sehat non MSG...
semoga berhasil...

10 komentar:

IbuDzakyFai mengatakan...

amin, moga berhasil ya bu dan ikhsan jadi doyan mam sayur, tapi khan gak mesti ijo kalo oranye (wortel)gimana? (misal sop,anak kecil biasanya suka bgt ma sop..)

Desy Noer mengatakan...

Aku juga sama jeng, tiap hari ngusahain selalu masak sayur. Kalo zaheer makan sayurnya tergantung nafsu makannya. Kalo lagi baik, sayur apa pun ga masalah, tp kalo lagi agak susah makan, pas disodorin sayur, tambah emoh makannya.

thanks tipsnya..

Zulfadhli's Family mengatakan...

Wah, bantu doa deh Mba supaya Mas Ikhsan suka lagi sama sayur.

Zahia alhmd walopun makannya susyeeehhh tapi mau makan sayur. Saawi, terong, buncis, kacang panjang, wortel, kol, brokolo, cauli flower, pokonya semuanya disikat deh :-)

entik mengatakan...

@ibuDzakiFai: kalau dikasi wortel, bunga kol atau sayuran yang ga berwarna ijo, tetep aja ikhsan bilang ," ga mau ijo-ijo."
Kalau sop ikhsan juga mau tapi sayuran kudu diiris kecil2 banget dan kudu dicuri2 nyuapin ke mulutnya.

@jeng desy: tos deh
@jeng susan: makasih doanya. Moga aja ikhsan bisa kayak zahia, doyan sayur...

Bunda Farras mengatakan...

sama mbak .. Farras juga skarang kalo makan sayur suka di lepeh 2 gitu .. kadang kalo makan sendiri suka di pinggirin sayurnya .. he he he ternyata aku gak sendiri .. sempet stress juga loh mbak ..

Lidya mengatakan...

ayo mas makan sayur biar sehat

ke2nai mengatakan...

dulu juga sempet gitu. Trus sy akal2in. Misalnya anak2 sy kan suka perkedel kentang, nah perkedelnya itu sy kasih bayam yg di blender

Kebetulan anak2 sy kan suka bgt sm obat (sy sampe hrs ngumpetin, krn mereka suka sm obat bahkan obat yg pait). Nah ketika sy kasih mereka sayur sy sambil cerita kl wortel itu untuk obat mata. Bayam supaya tinggi, dll. Alhamdulillah mereka semangat makan sayurnya

Trus setiap kali sy makan sayur, sy selalu di depan mereka. Biasanya anak2 sy suka penasaran. Trus nanya2 "bunda makan apa? Enak gak?". Lama2 minta. Blm tentu mereka langsung suka sih, tp mungkin krn setiap kali melihat sy makan sayur mereka akhirnya jd ikutan suka

Semoga berhasil y bun.. :)

entik mengatakan...

@bunda faras:senasib deh kita..
@lidya: yup, semoga lama2 ikhsan doyan juga
@ ke2nai: tengkyu tipsnya, mba..

Motik mengatakan...

Wah ternyata permasalahan ibu2 hampir sama ya kalo masalah sayuran ini.
Kyara juga msh mood2an nih. Dulu sih wkt bayi sayur apa aja mau,diblender campur ke buburnya. Mulai 1th udh bisa pilih2. Kalo kyara nggak dilepeh sayurnya. Kalo lg gak mau ya gak bakal dia sentuh dan bilang gak mau. Tp kl lg mau ya bisa masuk wortel, bayam, ato nge-gadoin brokoli rebus. Ahh susye juga ya kl udh masala sayur ini. Thx ya mbak udh bagi2 tips nya..

BunDit mengatakan...

Wah...saya harus siap2 cari cara jitu ya. Sampai Dita 2 tahun skr ini, Dita gak ada masalah dg sayuran kayak mas Ikhsan. Ternyata pas 3 tahun mulai bosan sayuran ya jeng?? Nanti kalau nemu tips2 nya share ya jeng...siapa tahu aja ntar setahun lagi Dita juga mulai melepeh sayuran :-(. Tapi bener jeng meski cuma sedikit, sayuran harus masuk :-)