Kamis, 29 Juli 2010

Festival Seni Internasional 2010


Pagelaran akbar festival seni internasional 2010 akan segera digelar lagi tanggal 2-6Agustus 2010 di kantor saya. Event ini sudah berlangsung untuk ketiga kalinya. FSI digelar tiap 2 tahun sekali sejak tahun 2006 lalu. Tema yang diusung ditiap tahunnya berbeda. FSI kali ini temanya adalah "Kreatifitas seni untuk guru".

Yang paling saya suka kerja di sini ya kalo ada perhelatan-perhelatan seni kayak gini. Saya bisa memuaskan diri menikmati aneka macam seni yang digelar mulai dari seni kriya, seni lukis sampai seni pertunjukan. Komplit..plit..plit. Dan satu hal lagi semua perhelatan ini gratis alias gretong. Setiap orang yang pengen mengapresiasi dipersilakan hadir dan menyaksikan.
dimana tempat? Sebagian besar kegiatan dipusatkan di kantor saya yaitu Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK)Seni Budaya Yogyakarta. Nah alamatnya ada di Jl. Kaliurang Km 12,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman.
Ga susah nyarinya karena baliho dan spanduk sudah terpasang di pinggir-pinggir jalan menuju lokasi. Jadi monggo.., siapa saja yang berkenan menyaksikan perhelatan seni internasional datang ke sini.

Selama festival, kita akan disuguhi berbagai macam pertunjukan budaya rakyat, pentas karya guru dari berbagai daerah serta pertunjukan internasional yang melibatkan 14 negara. Pertunjukan ini akan dilangusungkan di lapangan, auditorium dan teater arena komplek PPPPTK Seni dan Budaya.
Disamping itu juga digelar Lomba dan Pameran Produk Inovatif Kriya yang dibuka, Senin pagi tanggal 2 Agustus 2010 di Gedung Rektorat UNY, Pameran Seni Lukis dan Kriya di Galeri PPPPTK Seni dan Budaya serta Lomba Motret bekerjasama dengan harian Kedaulatan Rakyat. Rangkain FSI akan dibuka secara resmi, Senin sore tanggal 2 Agustus 2010 .

nah ini saya lampirkan jadwal acaranya, siapa tahu tertarik hadir...
Senin 2 Agustus 2010
* Gedung Rektorat UNY, Pembukaan Lomba dan Pameran Produk Inovatif Kriya yang akan dibuka secara resmi oleh Rektor UNY (08.30-10.15)
*Lapangan P4TK SB Pra Acara Kesenian Jathilan Anak (14.00-15.00)
*Upacara Pembukaan Festival Seni Internasional(15.00-17.05)

selasa, 3 Agustus 2010
*Galeri PPPTK SB & Gedung Rektorat UNY-Pameran seni lukis dan kriya (09.00-21.00)
*Lapangan P4TK SB- Sendratari- SMAN 2 Ngaglik Sleman (15.30-16.15)
*Lapangan P4TK SB- Bokinul Bokatul-SMKN 1 Wonogiri danSanggar Lenggot Sukoharjo Jateng (16.15-17.15)
*Lapangan P4TK SB-Reog Wayang-Disbudpar Bantul (18.30-19.30)
*Auditoriu P4TK SB- Nagoya Fushion Dance (Indonesia)19.30-19.40
*Auditorium P4TK SB -Seni pertunjukan karya guru SD SDN Canditunggal,Kalitengah, Lamongan,Jawa Timur (19.40-20.10)
*Teater Arena Gitar Klasik Sebastian (Argentina)(20.10-20.25)
*Teater Arena Musik Blues Mo’ong and Friends (Hongaria-Indonesia)(20.25-21.00)
*Auditorium P4TK SB - Seni pertunjukan karya guru SMP-SMPN 1 Kembangbahu,Lamongan, Jawa Timur (21.00-21.30)

abu, 4 Agustus 2010
*Galeri & Rektorat UNYPameran seni lukis (09.00-21.00)
*Studio Tari- Workshop Rene TA Lysloff & friend (09.00-18.00)
*Lapangan P4TK SB - Sendratari- SMA BOSA Yogyakarta (15.30-16.15)
*Lapangan P4TK SB - Gamelan Gaul- SMK 8 Surakarta (16.15-17.15)
*Lapangan P4TK SB - Jathilan- Kandang Sari Ngaglik (18.30-19.30)
*Auditorium - Pertunjukan Kolaborasi Rene TA Lysloff and Friends (USA - Indonesia)(19.30-20.000
*Teater Arena Multicultural Dance International collaboration(Gambia, Namibia,Salomon, Vanuatu)(20.00-20.20)
*Teater Arena- Tari kontemporer Anouk Wilke(Belanda )(20.20-21.00)
*Auditorium - Seni Pertunjukan karya guru SMK SB (21.00-21.45)
*Auditorium - Kolaborasi Guru Produktif (21.45-22.30)

kamis, 5 Agustus 2010
*Auditorium - Seminar Internasional (08.00-16.00)
*Galeri & Rektorat UNY - Pameran seni lukis dan kriya (09.00-21.00)
*Lapangan P4TK SB - Kesenian Rakyat Disbudpar Gunung Kidul (15.30-16.30)
*Lapangan P4TK SB - Seni Tari dan Karawitan Bali -Sanggar Saraswati (16.30-17.30)
*Auditorium -Seni Tari dan Musik Srinakharin-wirot University (Thailand)(19.30-20.00)
*Auditorium- Malam penghargaan Teachers Award Closing Ceremony (20.00-21.00)
*Auditorium - Seni Pertunjukan Kolaborasi PPPPTK Seni dan Budaya 921.00-21.30)

jumat, 6 agustus 2010
*Galeri & Gedung Rektorat UNY - Pameran seni lukis dan kriya (09.00-21.00)
*Lapangan P4TK SB - Pakeliran Ringkas Ki Ambyah (19.30-22.00)
*Lapangan P4TK SB - Wayang Kulit Purwa Ki Sigit (22.00 -selesai)

Rabu, 28 Juli 2010

happy day


ah, ternyata benar sesudah kesulitan datang kemudahan. Allah dah menjamin itu..
nah sekarang saya merasakan kemudahan itu. Setelah hampir 2 minggu saya tanpa asisten sekarang ikhsan dapat mba yang baru. Namanya mba Walmi.
Sempat deg-degan juga, apa ikhsan langsung mau ya? pake acara jaim-jaim ga ya? Ternyata ketakutan saya sama sekali tidak terbukti. Ikhsan dengan gampang langsung mau diajak maen sama mba yang baru.
Alhamdulillah ga pake acara nangis-nangis, kok ya langsung aja mau maen di hari pertama si mba datang.

Kayaknya kami juga cocok sama si mba yang baru ini. Kesan petama adalah sopan dan pemalu. Yup semoga bisa awet dan krasan di tempat kami ya mba walmi..

jalan-jalan ke alun-alun kidul
hari minggu kemarin saya mengajak ikhsan melewatkan sore hari di alun-alun kidul kraton yogyakarta atau lebih terkenal dengan sebutan alkid. Sebenarnya kami sudah pernah maen ke sini beberapa waktu yang lalu tapi pas malem hari. Nah kemaren pengen nyoba kalau sore hari.

Alun-alun kidul ini terletak di sebelah selatan kraton Yogyakarta. Luasnya tidak seluas alun-alun utara yang berada di ujung jalan malioboro itu. Di alun-alun kidul sekarang sangat ramai. Makanan khas yang disediakan para penjual di sana adalah wedang ronde-ini minuman jahe, hangat deh-, ada juga jagung bakar, roti bakar dan aneka makanan lainnya.
Selain itu ada juga yang menyewakan tutup mata untuk permainan masangin yaitu memasuki diantara dua pohon beringin yang berada di tengah-tengah alun-alun dengan mata tertutup. Kebanyakan sih pada ga berhasil hehe..

ada juga yang menyewakan sepeda tandem tiga,becak mini dan kereta mini. kalau naek sepeda tandem 3 kita dah pernah nyoba makanya kemaren kita nyoba naek becak mini. Ikhsan dah girang banget begitu tahu mau diajak naek becak mini. Akhirnya jadilah kita menyewa becak mini seharga 15 ribu untuk empat kali muter alkid.
Mas jadi "tukang becaknya", saya dan ikhsan jadi penumpang. Wih.., asyiknya naek becak keliling alkid yang dibuai angin yang sepoi-sepoi..




Kamis, 15 Juli 2010

jadi supermom (jilid 2)

Ah, masalah klasik yang saya hadapi berulang lagi. Apa lagi kalau bukan urusan asisten di rumah. Ya, minggu ini asisten saya resmi mengundurkan diri. Dan saya harus cari gantinya lagi. Ga gampang cari yang cocok sama kami (saya-ikhsan dan mas). Kejadian yang hampir sama pernah terjadi bulan juli 2009 lalu.
Wah saya harus jadi supermom beneran. Apa-apa kudu dilakukan sendiri. Ditambah sekarang mas lagi tugas di Jakarta. Komplit sudah...

tapi saya tetep bersyukur dan rada lega karena eyang (bapak saya) masih kuat dan bersedia bantu momong ikhsan selagi saya ngantor. makasih ya eyang...
wuih kalau ndak ada eyang, ga tau deh saya mesti gimana.
untung juga ikhsan ga begitu klayu sama si mba-nya. Cuma sesekali nanya trus lupa lagi.

memang rada repot jadi perempuan bekerja seperti saya kalau ketemu masalah klasik ini. Ya, rata-rata semua teman pernah mengalami acara gonta ganti asisten di rumah. tapi roda kehidupan tetap berputar dan saya pun mencoba menjalani kehidupan saya semampunya dengan harapan semoga cepet dapat mba buat momong ikhsan.

Selasa, 06 Juli 2010

ibu bekerja vs guilty feeling

Bagi para mom yang bekerja di luar rumah pasti pernah merasakan gulty feeling karena jumlah waktu yang sedikit untuk anak dan keluarga di rumah. Saya sangat merasakan ini. Bukanlah hal yang mudah mengatur waktu untuk anak dan kantor. Urusan anak nomor 1 tapi urusan kantor juga tidak kalah penting. Pilihan untuk bekerja di luar rumah memang membawa konsekuensi dan masalah.
Yang pertama waktu untuk bertemu dan mengasuh anak lebih sempit karena di pagi hingga sore hari ibu bekerja di kantor. Naluri seorang ibu adalah merawat dan mengasuh anaknya secara langsung tapi hal ini jelas tidak dapat dilakukan 100 persen jika ibu bekerja di kantoran. Otomatis tanggung jawab ini akan terbagi dengan pengasuh di rumah. Nah masalah klasik selanjutnya adalah urusan pengasuh atau asisten di rumah ini. Susah deh dapet asisten yang cocok segalanya dengan kita. Ada aja yang ga pas. Pertimbangan pilih asisten kudu bener-bener cermat. Saya sempat gonta ganti asisten ampe 3 kali. Yang paling singkat cuma 12 jam di rumah. Jam 3 sore datang eh besok subuhnya dah ngilang alias pergi ga pamit. Weks ga enak banget perasaan saya saat itu. Tapi saya bersyukur tuh asisten ga jadi ngasuh ikhsan karena berarti dia ga punya itikad baek to? Lha wong pergi ga pamit kayak gitu.

Urusan asisten bagi saya kayak jadi masalah yang rada penting karena hampir seharian mereka yang mengasuh anak di rumah. Jadi harus bener-bener dipilih yang baek dan bisa momong anak kecil.
Saya sendiri harus berangkat jam 8 pagi dan sampai rumah paling cepat jam 16.30. Sebelum berangkat ke kantor saya berusaha sudah menyiapkan makanan untuk ikhsan sehari itu dan urusan rumah dah selesai semua. Jadi asisten tinggal nemenin ikhsan maen aja dan tidak disambi-sambi dengan pekerjaan rumah tangga lain. Tapi perasaan bersalah ninggalin ikhsan seharian yang kadang harus menangis bombay ketika melihat saya berangkat ngantor tetap aja ada di hati. Yah, saya juga menyadari wong secara kenyataan waktu saya banyak tersita dikantor.
Pernah terbersit pikiran di kepala untuk resign dan jadi FTM ajah. Tapi menurut mas itu bukan solusi karena masalah waktu dan guilty feeling saya bisa disiasati.
Kemudian setelah saya pikir-pikir bener juga apa kata mas, bahwa semua bisa disiasati. Perempuan tetap bisa bekerja dan mengurus keluarga. Mas sih cuma bilang, ”ikhsan dan keluarga tetep yang pertama lho jeng.”
Yup, saya juga sependapat dengan mas alias saya ga akan terlalu ngoyo bekerja di kantor. Sekedarnya saja karena keluarga tetap nomor satu dan tanggung jawab utama menafkahi keluarga √°dalah tugas para ayah. (tos ya mas?hehe).

Saya berusaha memanfaatkan waktu selepas bekerja untuk menemani ikhsan dan mengajari berbagai hal. Alhamdulillah ikhsan selalu lebih lengket dengan saya dibanding dengan asisten. Walaupun kadang lebih manja juga ke saya daripada ke bapaknya. Yah ngaku aja, kalau saya kadang masih manja-manjain ikhsan biar ni anak seneng. (nebus rasa bersalah hehe, tapi ga sering kok)

Pernah baca artikel di tabloid nova tentang masalah ibu bekerja bahwa dalam beberapa hal keputusan ibu bekerja di luar rumah jelas-jelas membantu anak-anak mereka karena penghasilan mereka digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak.
Pengasuhan dan pendidikan anak dapat dilakukan secara bergantian dengan ayah atau orang lain yang bisa dipercaya dapat mengisi ketidakhadiran ibu. Meskipun mengatur kelancaran pekerjaan dan urusan di rumah tidaklah mudah, tapi para ibu yang bekerja patut berbangga karena mereka ikut menafkahi keluarga, memiliki prestasi dan selalu bersinggungan dengan isu-isu intelektual yang mengasah mereka.
Menjalani peran sebagai ibu bekerja dan ibu rumah tangga secara bersama-sama memang tidak mudah. Semua ada tantangannya. Ibu bekerja harus pandai mengatur dan membagi waktunya antara rumah dan kantor. Selain itu juga harus bisa mengatasi rasa lelah ketika harus melayani kebutuhan si kecil di rumah di saat badan membutuhkan istirahat.

Soal hasil, apakah anak-anak yang ibunya bekerja di luar atau ibunya di rumah menjadi lebih baik atau tidak, tergantung kualitas hubungan ibu dan anak itu sendiri. Kualitas ini tidak ditentukan oleh apakah ibu seharian berada di rumah atau tidak, sebab yang menentukan adalah pola asuh orang tua.

So, jangan terlalu merasa bersalah ketika harus meninggal anak seharian untuk ngantor. Perbaiki kualitas hubungan kita dengan anak. InsyaAllah, anak-anak kita jadi anak yang ok dan jempolan...