Senin, 23 Agustus 2010

ikhsan 3 taon 2 bulan

ah, sudah lama tidak up date perkembangan ikhsan...
di usianya yang sekarang ini, ikhsan sudah bisa mengungkapkan banyak hal. Saya sendiri terkadang sampai rada keteteran meladeni pertanyaan-pertanyaan ikhsan yang penuh dengan kata tanya," kenapa dan mengapa?" Dan kami -saya dan mas- harus bisa memberikan jawaban yang rasional dan bisa diterima ikhsan. Pertanyaan-pertanyaan itu seperti:
"ibu,kenapa matahari tenggelam?"
"ibu,ikhsan waktu bayi keluar dari perut ibu ya?"
"ibu, kenapa ibu dan bapak kerja?"
"ibu, kenapa ikhsan ga kerja?"
dan masih banyak lagi.

untuk urusan makan, kayaknya jadi hal yang rada penting karena nafsu makan ikhsan naek turun. Jadinya berat badan susah naeknya walau tetep ada di atas garis hijau KMS. Kalau pas ga mau makan, dibikinkan makanan macem-macem juga ga mau. Sekarang ini makanan favoritnya adalah mie ayam. Wes, kalau lagi makan mie ayam bisa habis banyak dan saya tidak perlu menyuapi karena ikhsan biasanya pengen makan sendiri. Selain itu ikan bakar dan cookies buatan saya juga jadi makanan favoritnya. Sayuran tetep jadi makanan yang paling banyak dilepeh. Kudu super duper sabar dengan ikhsan kalau masalah sayuran, hehe..

masalah sekolah, ikhsan masih minta ditunggu saat sekolah. Saya juga ga memaksa ikhsan untuk sekolah. Maklum ikhsan juga masih 3 taon, jadi menurut kami acara sekolah hanya sekedar ajang sosialisasi dengan teman sebaya dan perkenalan tentang aturan di luar rumah. Kalaupun, di sekolah diajarkan keterampilan yang mengasah motorik halus dan kasarnya itu adalah manfaat tambahan bagi ikhsan.
sampai sekarang jika waktunya sekolah tiba, ikhsan dengan sukarela dan minta untuk sekolah. Jadi tidak ada acara "pemaksaan" bagi ikhsan untuk sekolah.

perkembangan yang lainnya:
* masih suka minta digendong-gendong dan pura-pura jadi bayi. hihi.. geli aja liat ikhsan kalau pas pura-pura jadi bayi, dia kan merangkak-rangkak dan bilang "oek..oek.." setelah itu akan berdiri dan bilang,"sekarang jadi ikhsan gede!"
* ikhsan sudah bisa menggunakan gunting dan memotong kertas menjadi potongan-potongan kecil berbentuk segitiga
* mulai bisa menggunakan pensil untuk menggambar dan mewarnai
* memakai dan melepas celana sendiri, tapi untuk melepas kaos masih belum bisa
* sekarang sudah bisa pipis sendiri di toilet tapi kalau malem masih suka ngompol walau sebelum bobo udah pipis dulu. Lha gimana ga ngompol kalau sebelum bobo minta mimik susu dulu hehe...
*
* terkadang tantrum kalau keinginannya tidak terpenuhi. Dah kayak rocker kalau teriak :)
* mulai bisa mengetik huruf-huruf pada keyboard komputer
* mengeja huruf dan suku kata
* masih suka ribut kalau diajak sholat jamaah di mesjid
* hafalan surat pendek juz amma sekarang macet. Baru sampai At Tiin dan sekarang mulai banyak alasan kalau diajak ngaji ngapalin surat.

6 komentar:

Lidya mengatakan...

semakin besar semakin pintar ta. biar telat gak apa2 kok postingnya

Bunda Farras mengatakan...

wah mas ikhsan tambah pinteeeerrr .. sama ma Farras nih masih suka pura pura jadi bayi .. he he he .. met ulbul ya ikhsan, tambah pinter .. sehat slalu ..

Bunda Nayla mengatakan...

Wah ikhsan tambah gede tambah pinter ya...
Ayoo semangat sekolahnya sayang, biar byk temen :)

entik mengatakan...

@mba lidya: makasih mba..
@bunda faras: kebiasan yang sama. Pura-pura jadi bayi ya faras?hihi
@bunda nayla: iya kudu disemangati kalo sekolah nih bun..

IbuDzakyFai mengatakan...

alow ikhsan..pastinya tambah pinter ya smakin besar.....oo iya, cookies buatan ibu enak ya ikhsan?

Zulfadhli's Family mengatakan...

Mas Ikhsan pinter deh. Hayo MAs, jangan males ngapalin surat2 pendeknya. Ntar kalo udah apal semua ajarin Zahia yah :-)

Btw gw juga kudu siap2 yah Mba menghadapi kekritisan Zahia. Hehehe, ga kebayang deh ngejelasinnya kaya gimana