Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2010

getuk

kemarin di rumah ada singkong yang belum diapa-apain. Saya jadi teringat makanan favorit ikhsan yang terbuat dari singkong. Apalagi kalau bukan getuk yang manis. Sudah lama ga bikin getuk sendiri. Biasanya saya beliin ikhsan getuk di pasar, tapi kemaren iseng-iseng pengen bikin getuk sendiri. Sukses ga ya?
Dengan resep kreasi sendiri akhirnya terhidang juga sepiring getuk made in ibuna ikhsan hehe...



Pelanggan pertama adalah ikhsan. Adonan belum selesai dicetak, dah dicomot dan dimakan.
"hmm.. enak."
Saya cuma tersenyum aja. Nih anak emang demen banget makanan tradisional kayak gini. Kadang orang-orang yang lihat ikhsan seneng makan jajanan tradisional pada heran kok anak kecil lebih seneng makan makanan tradisional daripada makanan kemasan made in pabrik?



Sejak kecil ikhsan, memang jarang banget saya kasih makanan/snack pabrikan. Kalau saya ada waktu saya sering bikin finger food sendiri buat ikhsan. Atau saya belikan jajan pasar yang ga mengandung pengawet kayak jadah, apem, l…

jalan-jalan ke Gembiraloka

di Yogya, ada 1 kebun binatang yang bernama Gembiraloka. Sebenarnya ikhsan sudah pernah kami ajak ke sana waktu umur 1,5 taon. Nah, kemaren sekitar 3 hari setelah merapi meletus, kami ajak ikhsan ke Gembiraloka. Berhubung lokasi Gembiraloka ada di tengah kota Yogya, jadi ada di zona aman dari merapi. Tapi tetep ajah debu dari abu vulkanil merapi betebaran di sepanjang jalan menuju Gembiraloka. Jadi kami mesti bersiap make masker, termasuk ikhsan.


rombongan kita terdiri dari 5 orang, saya, mas, ikhsan, eyang dan mba wal. Karena status merapi masih Awas, jadi pengunjung Gembiraloka sangat sedikit. Hanya terlihat beberapa rombongan saja. Mungkin masih pada takut keluar rumah karena banyak debu. Niatan kita juga ga lama-lama ngajak ikhsan di sini karena masih ada debu vulkanik merapi. Jadi kita langsung masuk taman bermain sebelum muter liat binatang.
Nah, berhubung eyang ga kuat jalan jauh, jadi eyang kita tinggal di taman bermain sambil nungguin tas. Maaf ya eyang, hehehe...



Di taman berm…

ikhsan 3 taon 5 bulan

sudah lama tidak posting tentang perkembangan ikhsan..
Sekarang sudah 1 minggu lebih pula, kami tinggal di rumah eyang di condongcatur. Maklum rumah kami masih tertutup debu. Tetangga-tetangga juga belum pada balik ke rumah masing-masing. Saya sendiri belum berani bersih-bersih rumah. Sebenarnya dah kangen banget balik ke rumah Ngaglik.

balik ke ikhsan, sekarang di usianya yang hampir 3,5 taon banyak sekali kemajuannya. Banyak hal-hal yang kadang bikin saya ketawa dengan ulah tingkahnya.
Logikanya juga udah jalan. Pertanyaan-pertanyaannya itu lho, yang kadang bikin saya kelabakan njawabnya, seperti:
"ibu kenapa gunung merapi meletus?"
nah lho, gimana njelasinnya? akhirnya saya jawab," soalnya ada batu, pasir dan wedus gembel yang mau keluar dari gunung."
Ikhsan terdiam dan manggut-manggut.

Makanan kesukaannya adalah yoghurt. Dah deh, kalau pengen yoghurt bisa merengek-rengek sepanjang hari supaya dibelikan. Kudu dijanjiin cuma beli yoghurt aja, kalau ndak dia bisa ngamb…

merapi meletus (part 2)

sudah 2 kali letusan hebat merapi mengarah ke selatan atau ke arah yogyakarta yaitu tanggal 30 oktober dan 5 November 2010. Dan saya mengalami dan merasakan kepanikan masyarakat dengan letusan itu.
Radius aman yang ditetapkan pemerintah pada letusan hebat itu adalah 20 km dari puncak merapi. Daa..an rumah saya berada di area itu. Kalau ditarik garis dari udara, jarak rumah dengan puncak merapi sekitar 17an km. Waa.aw, panik dan takut rasanya..

Hari sabtu tgl 30 Oktober, jam 1 dini hari ketika kami sedang nyenyak tertidur, ternyata merapi meluncurkan lahar dan awan panas ke arah yogyakarta. Suara dentuman dan getaran sangat terasa dari rumah.
Saya yang kebetulan tidur di kamar depan dengan ikhsan mendengar suara ribut-ribut di depan rumah. Pintu pagar rumah pun dipukul-pukul oleh tetangga sambil berteriak-teriak, "pak sigit...pak sigit..."
Lha saya terbangun dan buru-buru berlari ke kamar sebelah, tempat mas tidur. Dalam pikiran saya sudah ada perasaan ga enak. Pasti ada se…