Langsung ke konten utama

apdet ikhsan

duh.., dah berdebu nih blog. Lama ga diapdet ama yang punya. hehe..
Banyak alasan dari males sama koneksi internet yang putus nyambung bikin mood ngeblog ngilang. Kali ini pengen apdet tentang perkembangan ikhsan.

sekolah
Ikhsan sekarang sudah menginjak umur 3 taon 7 bulan. Juni besok genap 4 taon. Dan saatnya masuk TK. Saya masih survey Tk yang cocok buat ikhsan tapi belum mutusin mau masuk TK yang mana.
Untuk urusan sekolah, sekarang ikhsan lagi demen banget sekolah. Kalau ga masuk sehari aja tuh anak nyesel dan sesenggukan nangis hehe. Karena sekolah ikhsan jam 3 sore dan Djogja sering hujan, saya pernah melarang ikhsan sekolah karena cuaca lagi hujan deres. Waktu itu saya cuma telepon dari kantor dan bilang ke mbak-nya kalau ikhsan ga usah sekolah.
Begitu saya pulang kantor jam 16.30, saya disambut ikhsan yang berpakaian seragam sekolah dan sesenggukan nangis.
"kenapa le?"
ikhsan ga njawab. Trus si mba-nya jawab.
"ikhsan pengen sekolah bu, tapi hujan."
"Aku mau sekolah. hua..hua...," pecahlah tangisnya.
Akhirnya saya antar ikhsan sekolah, walaupun sudah hampir jam 5 sore. Saya yakin sekolahnya dah bubar. Tapi buat melegakan hati ikhsan ya tetep berangkat.
sampai sekolah, sudah ga ada muridnya. Tinggal Bu Sri yang lagi beres-beres kelas. Saya bilang ke Bu Sri kalau ikhsan pengen sekolah. Untunglah bu Sri mengerti dan mengajak ikhsan masuk kelas dan duduk di kursi. Alhasil bu Sri tetep ngajar ikhsan. Privat bo'. Selama 15an menit. Lumayan buat obat kecewanya ikhsan hihi...

perkembangan lain
Ikhsan sekarang sudah bisa melepas baju sendiri termasuk masang kancing baju. Walau susah, ternyata bisa :)
Kalau mau mandi ga mau dibantu melepas baju. Pengennya melepas baju sendiri dan ngacir masuk kamar mandi. Selesai mandi pun maunya pake baju sendiri. Lumayan dah belajar mandiri.
Urusan toilet training juga dah ok. Alias ga pernah ngompol. kalau kebelet dah lari ke kamar mandi dan pipis sendiri.
Nah, kalau punya keinginan juga harus dituruti. Suka perintah-perintah. Ini nih yang kayaknya perlu treatment khusus. Egonya masih tinggi, kalau ga dituruti bakalan ada suara rocker yang membahana. Susah berbagi sama teman.
Share dunk, gimana treatment buat anak-anak yang kayak ikhsan gitu. Apa karena belum punya tandingan di rumah jadi bener-bener jadi raja kecil ya???

Komentar

yustha tt mengatakan…
ikhsan kok pinter ya, mau sekolah..sampe nangis karna gk berangkat sekolah...

mmm...gk tau mb gimana solusinya.. Mungkin segera kasih adik aja.. Kn udah 4 tahun.. :)
Lidya mengatakan…
mungkin lebih banyak diajak ngobrol untuk memberitahunya mbak.
bunda farras mengatakan…
wah ikhsan dah pinteer dan mandiri tuh buu .. jadi kapan punya adiknya ?? heheehe
Nia mengatakan…
wahh Ikhsan hebat...gak mau bolos sekolah yachh, mudah2an begitu terus sampe besar.....

Semua anak kecil sama kali mom, ina juga suka begitu...kalo dilarang sm papahnya dia malah bentak2 papahnya heheh....nanti seiring umurnya bertambah pasti dia juga ngerti mana yg boleh dan mana yg ngga boleh.....aku ngga bisa ngasih solusi mom, soalnya anakku juga begitu hehehe.....
Desy Noer mengatakan…
wah.. gurunya ikhsan baik banget yah.. mau nge-privat-in ikhsan walo dah hampir jam 5an. go.. ikhsan, terus semangat yaa sekolahnya.

soal agar anak mau berbagi, aku gak punya tips nich mbak. tapi kalo zaheer alhamdulillah udah mau berbagi dengan temennya, dengan sendirinya. gak perlu disuruh-suruh/diajarin.

Mungkin lebih ke ngasih contoh aja mbak. atau, segera ngasih temen kecil buat ikhsan, hehe..
Motik mengatakan…
iksan... siap-siap mau masuk tk ya...
eh toss ikhsan, kyara juga baru sebulan ini bisa lepas kancing dan ngancingin baju. Alhamdulillah ya mulai mandiri hehe..
Keke Naima mengatakan…
'met hunting ya semoga dpt sklh yg cocok

Kl sy sih yg penting kitanya aja yg konsisten mbak. Kl emang gak boleh y gak boleh. Keke walopun udah py adek, tp kl ada maunya juga kadang suka keras. Tp ya sering2 aja di kasih tau. Lumayan sih udah rada berkurang :)
moonlite! mengatakan…
semangat ya mbak, pelan-pelan kalo ngadepin anak emang agak susah :D
BunDit mengatakan…
Hmm..kayaknya solusinya Ikhsan harus segera dikasih adik deh hahahaha. selalu sehat ya le :-)
Isma Kazee mengatakan…
pengalaman abiq dl, aku ajak bicara, dijelasin knp gak boleh atau ga bs cepet. biasanya abiq cm manyun aja, ato nangis misek-misek. tp aku tetep kekeh. lama-lama, dia jd terbiasa kl aku bilang tidak ya tidak. krn dia jg tahu pd saat yg lain kl mmg memungkinkan, keinginannya jg terpenuhi.

met cari-mencari sekolah ya ihsan ...
Zulfadhli's Family mengatakan…
Pinternya Mas Ikhsan. Hayo atuh Jeng dikasih adik supaya ada temennya :-)

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnanya …

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog.
Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname.
Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman, semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan.

Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang padat, …

perencanaan keuangan keluarga (part 1)

Membicarakan masalah uang akan selalu menjadi topik bahasan yang menarik terutama bagi emak-emak yang notabene adalah “manajer keuangan” keluarga. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran pada kenyataannya bukanlah semudah membalik telapak tangan. Jumlah penghasilan yang cenderung tetap, terkadang harus berpacu dengan jumlah pengeluaran yang cenderung bertambah. Dan pada akhir cerita, ada yang berakhir dengan berhutang untuk menutup kekurangan tersebut. Padahal kita semua tahu, hutang adalah tambahan beban keuangan bagi kita.
Sekolah khusus untuk mendapatkan ilmu merencanakan dan mengelola keuangan keluarga memang tidak ada, jadi kita musti pandai-pandai mencari informasi seputar itu. Saya sendiri baru akhir-akhir ini saja mulai “ngeh” dengan urusan family finance. Sejak masih single dan mempunyai penghasilan sendiri, saya tidak mempunyai planning keuangan. Kala itu uang gajian sebagaian besar saya gunakan untuk “have fun” saja dan jika ada sisa baru saya tabung. Alhasil tidak…