Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2013

berbahagia menjadi ibu yang kuat

ikhfan - anak kedua saya- sekarang usianya hampir 1,5 tahun. Waktu rasanya cepat bergulir saja. Saya masih sangat teringat masa-masa kehamilan dan kelahiran ikhfan. Sepertinya baru kemarin saja saya hamil dan melahirkan ikhfan.

ketika saya hamil ikhfan, saya mengalami hiperemesis gravidarum yaitu mual dan muntah hebat. Ini melebihi morning sickness. Ketika saya dinyatakan positif hamil, satu minggu kemudian serangan mual dan muntah hebat datang. Sama seperti ketika saya hamil kakak ikhsan (anak pertama) -5 tahun sebelumnya-, saya tidak bisa makan apa pun karena setiap saya makan selalu muntah. Dulu di kehamilan kakak ikhsan, saya tidak memaksa diri saya untuk tetap makan sehingga saya mengalami dehidrasi dan harus bedrest di klinik selama 3 hari. Belajar dari pengalaman itu saya "memaksa" untuk tetap makan dan men-sugesti diri bahwa bayi dalam perut saya membutuhkan makanan. Tapi perjuangan untuk tetap makan sangatlah berat, karena saya muntah hampir 10 kali dalam sehari. Pr…

belajar masak-masak

Dulu setiap kali baca postingan temen-temen tentang masakan, saya selalu "ngiri" sama mereka yang jago masak. Kalo di kantor ada temen yang cerita menu masakan mereka yang aneh-aneh, saya juga ngiri. Dah, ngaku saja deh, saya ini dari kecil tidak terbiasa memasak. Ibu saya tidak mewariskan resep-resep masakannya pada saya. Saya tau beres aja, kalao ibu masak di rumah, maksudnya saya tinggal makan aja tanpa bantu-bantu masak. Alhasil sampai saya menikah, tidak pinter masak. #beruntung dapet suami yang ga maksa saya pinter masak hehe...#

Pokoknya, sejak awal menikah kami seringnya beli makanan di luar dan saya belum punya hasrat untuk belajar masak. Sampai akhirnya, saya punya niat belajar masak karena keseringan ngobrol tentang makanan sama teman kantor saya-mba lisa-. Nah, Mba lisa ini jago masak. Mulai bikin aneka roti, kokies, puding dan aneka sayur. Mba lisa menawarkan baking class sama saya. Langsug saja saya iyakan,.. Bayangin ajah, ditawarin backing class tanpa modal a…

ikhfan 11-15 bulan

saya mau up date perkembangan ikhfan yang sudah lama banget tidak saya tulis di blog ini. Saat ini ikhfan menginjak usia 15 bulan. Ini beberapa foto dan perkembangan kemampuan motorik ikhfan.



* usia 11 bulan ikhfan sudah berani melangkahkan kakinya 2-3 langkah tanpa berpegangan.
*maemnya tetep MPASI homemade karya saya. Sangat lahap kalau disuapi dan selalu bilang, 'mam..mam..," ketika jadwal makannya tiba.
*baru bisa mengucapkan 1 kata dengan fasehnya: "mam..mam," ketika disuapi atau minta ASI.
*sudah bisa menggerakkan mobil-mobilan ketika bermain.




*umur 12 bulan, sudah bisa berjalan tanpa pegangan walau masih terlihat sempoyongan dan terkadang kehilangan keseimbangan.
* sudah tumbuh gigi 4 (2 gigi seri atas dan 2 gigi seri bawah)
*mulai belajar makan nasi lembek dan sop
*senang banget kalau diajak maen kakaknya
*tambah kosakata baru," apah." untuk menyebut bapak dan "tatah" untuk menyebut kakak.




*usia 13 bulan lebih senang berjalan daripada dig…

be strong woman

3 minggu terakhir ini adalah hari-hari berat bagi saya. Sebagai ibu dan juga istri saya benar-benar diuji kekuatan dan kesabaran.Diawali keberangkatan eyang ke Mekah untuk naik haji, duo kk ikhsan- adek ikhfan panas dan muntah-muntah. Panas adek ikhfan mencapai angka 38,5 derajad celcius dan kk ikhsan 39.
Kk Ikhsan  selalu muntah setiap 10 menit walaupun tidak ada makanan yang masuk ke perutnya. Kk Ikhsan juga mengeluh perutnya mual dan sakit. Malamnya saya dan mas sepakat membawa anak-anak ke rumah sakit. Berhubung baru 1 hari panas, jadi dokter belum bisa memberi diagnosa yang memuaskan. Kami hanya diberi obat turun panas dan obat anti mual.

Keesokan harinya keadaan adek ikhfan sudah membaik dan sudah mau turun mainan. Minum ASI-nya juga kuat. Sementara kk ikhsan panasnya masih bertengger di angka 37,5 drajad. Karena keadaan anak-anak kelihatannya mulai membaik, maka saya mengikhlaskan mas untuk pergi tugas ke Aceh selama 5 hari.
Saya mengambil cuti 3 hari untuk mengurus anak-anak. …

jamu keluarga kami

Sejak saya kecil, saya sudah familiar dengan jamu. Ibu saya yang orang Jawa asli sering meracik jamu sendiri untuk dikonsumsi. Saya ingat, dulu ketika datang bulan dan perut saya terasa sangat sakit, ibu pasti akan segera mencari kunyit dan memarut kemudian diambil airnya. Kunyit yang digunakan adalah kunyit yang empu atau bagian bonggol menurut istilah ibu. Air perasan kunyit yang berwarna kuning kental itu hanya diberi campuran gula jawa sedikit. Sudah bisa ditebak kalau rasanya sangat getir dan tidak enak. Mungkin karena sugesti ibu cukup kuat bahwa dengan meminum air kunyit itu, rasa sakit di perut saya akan hilang, maka saya pun dengan sukarela meminumnya. Biasanya setelah meminum jamu racikan ibu, selang beberapa jam, perut saya akan membaik. Saya tidak perlu meminum obat-obat penghilang sakit untuk datang bulan.
Saya sempat bertanya kepada ibu mengapa setiap saya sakit perut ketika datang bulan, ibu selalu membuat ramuan jamu kunyit sendiri? ternyata ketika ibu masih gadis, ibu …

mejeng di nakita

saya adalah pelanggan setia tabloid nakita sejak ikhsan lahir. Jadi kira-kira sudah hampir 6 tahunan saya berlangganan nakita. Maklum, saya butuh referensi tentang pengasuhan anak karena ibu saya sudah tidak ada, jadi ga bisa jadi tempat bertanya tentang bayi dan anak. Saya juga senang lihat foto-foto bayi yang dimuat di sana. Sering berandai-andai foto ikhsan-ikhfan ada yang dimuat, tapi ya belum ada yang dimuat hehe..

Tapi saya tetep mengirim email ke nakita untuk rubrik-rubrik yang bisa memuat foto #dasar ibu narsis#, dengan harapan bisa dimuat. #sepertinya virus "narsis" masih terus menghinggapi saya#
Eh, akhirnya dimuat juga tulisan plus foto saya bareng ikhsan-ikhfan hehe... Ga sia-sia kirim banyak email ke nakita karena pada akhirnya bisa mejeng juga di nakita.

Seneng aja bisa liat foto sendiri di tabloid nakita yang terbit pas di hari ulang tahun saya ini. Makasih ya Nakita dah jadi kado ultah yang menarik buat saya ;)

ini dia, foto "narsis" bertiga yang di…

8 tahun

Tak terasa hari ini genap 8 tahun kami melewati pernikahan. Dari yang dulu hanya berdua sekarang menjadi berempat dengan para krucil yang benar-benar mewarnai hidup kami. Perjalanan pernikahan kami yang kadang diwarnai cemburu, amarah, senyum dan tawa pada akhirnya selalu bermuara pada cinta.

Harapan kami,
Semoga cinta akan selalu menuntun kami menjadi hamba yang bertakwa pada Alloh SWT..
Semoga cinta selalu menemani dan mengikat kami hingga akhir nanti. Cinta yang tak pernah berkurang dan berubah selamanya...
Semoga cinta menuntun kami untuk saling mengerti dengan hati..
Semoga cinta mengingatkan kami untuk selalu bergandengan tangan ketika badai datang pada kehidupan kami...
Semoga cinta selalu menjadi penghangat diantara kami...

amien...
14 Agustus 2005- 14 Agustus 2013

1 taon ikhfan

hari serasa berlari
ketika dari hari ke hari kau melewati dengan gelak tawa juga tangismu
tangismu yang pertama kali sungguh menggetarkan hati kami nak
Alhamdulillah kau lahir ke dunia dengan sehat dan selamat

tiga ratus enam puluh lima hari telah kita lewati bersama
denganmu ibu menatap mentari pagi
merasakan hangat tubuhmu
bergetar rasa hati ketika mendengar tangismu
ibu, bapak, kakak.. sungguh berbahagia dengan kehadiranmu

selamat ulang tahun nak...
doa kami menyertaimu
semoga kau menjadi anak yang sholih, sehat, pintar, dan berbakti pada ibu bapak..

mmmuuah
ibu,bapak, kakak ikhsan





happy annyversary

ikhfan 11 bulan

kala usia 23 tahun

Postingan ini sengaja saya tulis untuk meramaikan GA-nya mba Ayu tentang usia 23.Usia 23 sudah berlalu sekitar 8 tahun yang lalu (eits..jadi ketauan umurnya, berasa tuwir hehe...).
Rasanya baru kemaren aja saya berusia 23 tahun, ternyata masa itu sudah lama berlalu ;) saya genap berusia 23 tahun pada bulan september 2002. Di bulan februari 2002 saya wisuda sarjana di UGM. Saat wisuda di Graha Sabha Pramana UGM, menjadi saat yang mendebarkan karena saya mendapat predikat cumlaude dari fakultas hukum. Masa studi yang hanya 3 tahun 8 bulan dan IPK yang lumayan sudah cukup membuat bapak bangga. Seandainya ibu saya masih ada dan bisa menghadiri upacara wisudanya pasti saya bakalan dipeluk dan melihat air mata harunya.

melangsing

beberapa waktu yang lalu saya membaca artikel di tabloid nakita yang menggelitik hati dan pikiran. Artikelnya tentang melangsing bagi ibu-ibu yang badannya melar karena hamil. Wah cocok dengan kondisi saya ni hehe... Maklum selama hamil ikhfan kemaren, berat badan saya sempat naik hampir 20an kg. Wah penampilan dah kayak gajah bengkak ajah, lha jarum di timbangan selalu menunjuk di kisaran angka 70an kg. Pokoknya oh maigod dewh..
Berat badan saya sebelum hamil ikhfan di kisaran 50an kg dan sampai saat akan melahirkan, BB saya tepat 70kg. Ikhfan lahir dengan berat 3,4 kg dan berat badan saya setelah lahiran 65kg. Jadi cuma turun 5 kg saja ;(

ikhsan & bobo junior

tanggal 24 April kemarin saya dan ikhsan hepi banget, pasalnya gambar ikhsan yang saya kirimkan ke redaksi bobo junior dimuat.Waa.. saya bangga plus seneng baca ada nama ikhsan gita pramesthi di rubrik pos pos -nya bobo junior.
Saking senengnya ampe tuh majalah saya tunjuk-tunjukin ke temen-temen kantor wkwkwk...., anaknya yang gambar eh ibunya yang heboh.


setelah lihat gambarannya dimuat, ikhsan ribut nunggu boneka bobo junior dari redaksi bobo. "ibu mana boneka bobo-nya? gambarku kan sudah dimuat?"
Lha giliran saya yang bingung njawabnya. Kalau dijawab, "ya ditunggu aja kak."
Ikhsan ga terima. " dari jakarta tuh, bonekanya dikirim pake apa? kalau pake pesawat kan cepet, ga pake lama.."
"Ya kita kan ga tahu kak, redaksi bobo kirimnya pake pesawat atau pake apa," jawab saya. "jadi kita tunggu saja ya..."

Nb: selamat ya kak ikhsan.., semoga tambah pinter bikin gambarnya dan besok adik diajarin ya? biar gambaran adik bisa dimuat juga hehe…

ikhfan 8 bulan

Masih  dalam suasana galau karena saya belum dapat asisten, tapi sekarang saya pengen update perkembangan ikhfan. Memasuki usia 8 bulan ikhfan makin lucu saja hehe.. sekarang kalau tertawa giginya sudah keliahatan. Sudah ada 2 gigi seri atas dan 2 gigi seri bawah.
Kemampuan merangkaknya juga patut diacungi jempol. tempat favoritnya adalah di masuk di bawah meja. Kalau dah masuk kolong meja, ga mau keluar. Setelah kejedot baru mau keluar ;)

balada ART

aih, judul postingan kali ini kliatan klise banget dewh. Emang klise tapi kejadian kehilangan asisten di rumah kala suasana lagi ribet seringkali dialami oleh banyak orang termasuk saya.
Sebagai ibu rumah tangga yang juga harus ngantor, saya sangat menyadari betapa peran asisten di rumah sangat penting dan membantu tugas saya sebagai ibu rumah tangga. Berangkat kantor jam 8 pagi dan pulang ke rumah jam 4 sore lebih, saya jelas membutuhkan bantuan asisten untuk momong ikhfan di rumah plus mengerjakan remeh temeh kerjaan rumah seperti nyapu, ngepel, nyuci, masak dan teman-temannya. Kalau saya kerjakan sendiri, pasti ada yang keteteran, semisal selalu siang kalau sampai kantor atau bahkan gak bisa ngantor karena ga mugkin ninggal ikhfan sendirian di rumah to? hehe....

TIGA

hmm..ceita tentang angka TIGA dalam kehidupan saya, yang pertama saya adalah anak keTIGA dalam keluarga saya. Kedua orang tua saya menyematkan nama TRI pada nama saya, yang berarti TIGA. Itu menandakan saya adalah anak keTIGA.
Di keluarga saya mempunyai empat orang anak dan yang perempuan ada TIGA, saya dan kedua orang kakak perempuan saya. Berhubung kami berTIGA adalah perempuan, maka ibu saya sangat sering membelikan baju kembaran. Jarak usia yang hanya 2 tahunan benar-benar membuat kami seperti anak kembar TIGA.
Sekarang ketika kami semua sudah dewasa, kami berTIGA masih saja senang memakai baju kembaran seperti saat kami masih kecil. Walau tinggal di TIGA kota berbeda (semarang-yogya-solo) kami berTIGA selalu kompakan kalau lagi ketemu dan paling seneng kalau ada kesempatan pake baju kembaran hehe...
Lihat saja, senyum kami berTIGA yang merekah itu ;)

my old and new photos

saatnya majang foto jaman kecil saya.....

foto ini diambil di TMII sekitar tahun 1986. Disamping saya adalah adik laki-laki saya. Waktu itu kami sekeluarga diajak bapak-ibu liburan ke jakarta ke tempat om. Mumpung di jakarta, trus diajak om jalan-jalan ke TMII. Dasar sejak kecil sadar kamera dan seneng narsis, saya pasti "action" kalau difoto. Lihat saja senyum saya hehe...

jalan-jalan ke kemuning

postingan ini sudah lama ngendap di draft. Cerita tentang liburan keluarga akhir tahun 2012 kemarin. Tanggal 24-26 Desember kami sekeluarga besar yang terdiri dari eyang, mama rakhma  dari semarang, saya sekeluarga dari yogya dan pakdhe abi sekeluarga  dari solo minus om kelik di semarang bareng-bareng liburan ke kebun teh kemuning di daerah karanganyar solo. Si kecil ikhfan yang masih 5 bulan juga ga ketinggalan. Kami janjian untuk ketemu di solo-di rumah pakdhe abi- Berangkat dari yogya hari sabtu sore tgl 24 desember, dah ketebak bakalan kena macet dan ternyata benar. Perjalanan yogya-solo memakan waktu 4 jam. Niatan pengen makan malam di angkringan daerah klaten sambil menikmati segelas teh nasgitel ga kesampaian. Kita berhenti di angkringan itu jam 1/2 8an malem. Sholat maghrib sekalian jamak isya. ternyata nasi kucing-nya habis, tinggal 1 doang. Ya, akhirnya kita ngalah dan memberikan porsi nasi itu ke kakak ikhsan. tapi segelas teh nasgitel tetep bisa kita nikmati. Hmmm.... lu…

ikhfan menuju 7 bulan

menginjak usia 6 bulan, ikhfan sudah pandai tengkurap dan merayap. Di usia 6,5 bulan sudah bisa merangkak ke sana-sini. Sudah bisa duduk tegak walau kadang sesekali jatuh. Senang merangkak mengejar kakak ikhsan yang lagi mainan. Dan beberapa hari yang lalu mulai belajar berdiri kalau tangannya mendapat pegangan.
hayok, aku siap kejar kakak ikhsan...

ikhfan dari ASIX ke MPASI

tidak terasa ikhfan dan saya sudah melewati waktu 6 bulan bersama. Masa-masa pemberian asi eksklusif untuk ikhfan berakhir sudah. Ada rasa haru, bahagia dan puas bercampur jadi satu. Alhamdulillah akhirnya kami berdua bisa melewatinya dengan sukses dan lancar. 
Sekarang kalau mengintip stok ASIP di freezer tetap sama seperti saat awal saya memberi asix untuk ikhfan. Stok saya tetap 20an botol. Lega dewh kalao liat freezer penuh dengan botol-botol ASIP. Ga khawatir rasanya kalau saya harus ninggal ikhfan ke kantor atau keluar. Yang bikin deg-degan kalau listrik di rumah mati sampai lebih dari 2 jam. Deg-degan kalau ASIP-nya pada cair, saya bakalan nangis bombay kalau cair semua ;) hehe....
Memasuki masa MPASI, saya tetap memerah asi di kantor pada jam-jam yang sama seperti saat masa asix. menurut saya, dengan tetap memerah asi, akan menjaga produksi asi stabil alias banyak. Alhamdulillah saya tetap bisa mendapatkan 100-120ml setiap kali memerah. Kalau di kantor, saya memerah asi 2 kal…

Supporting person for ASIX

Memberi asi pada bayi bukanlah hal yang mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang besar. Kali ini, adalah pengalaman kedua saya dalam memberi asi pada bayi. Pengalaman ketika memberi asi pada ikhsan rasanya tidak ingin saya ulang pada ikhfan. Nyetok asi yang kejar tayang untuk ikhsan sungguh melelahkan secara lahir dan batin. Saya tidak punya cukup pengetahuan untuk manajemen laktasi dengan nyetok asi jauh hari sebelum masa cuti berakhir.
Untuk ikhfan, saya sudah mulai menyetok asi sejak 5 hari setelah melahirkan. Alhamdulillah stok asi di freezer sampai 20an botol, yang saya pikir mencukupi untuk masa asi eksklusifnya. Beberapa hari yang lalu, seorang teman kantor yang sama-sama sedang memberi asi berkirim sms kepada saya: “mba entik, bingung aku.... sudah 3 hari ini asi-ku seret. Please give me support.” Saya jadi ikut sedih denger teman seperjuangan saya lagi seret produksi asi-nya. Teman saya ini memang lagi ditinggal tugas suaminya ke maluku selama 6 bulan. Kayak2nya sih dia lagi…