Langsung ke konten utama

ikhfan 11-15 bulan

saya mau up date perkembangan ikhfan yang sudah lama banget tidak saya tulis di blog ini. Saat ini ikhfan menginjak usia 15 bulan. Ini beberapa foto dan perkembangan kemampuan motorik ikhfan.



* usia 11 bulan ikhfan sudah berani melangkahkan kakinya 2-3 langkah tanpa berpegangan.
*maemnya tetep MPASI homemade karya saya. Sangat lahap kalau disuapi dan selalu bilang, 'mam..mam..," ketika jadwal makannya tiba.
*baru bisa mengucapkan 1 kata dengan fasehnya: "mam..mam," ketika disuapi atau minta ASI.
*sudah bisa menggerakkan mobil-mobilan ketika bermain.




*umur 12 bulan, sudah bisa berjalan tanpa pegangan walau masih terlihat sempoyongan dan terkadang kehilangan keseimbangan.
* sudah tumbuh gigi 4 (2 gigi seri atas dan 2 gigi seri bawah)
*mulai belajar makan nasi lembek dan sop
*senang banget kalau diajak maen kakaknya
*tambah kosakata baru," apah." untuk menyebut bapak dan "tatah" untuk menyebut kakak.




*usia 13 bulan lebih senang berjalan daripada digendong
*kalau berjalan tidak bisa pelan, cenderung berlari jadi terlihat sempoyongan, bikin deg-degan yang ngliatin hehe...
*ga mau kalah sama kakak, suka berteriak kalau mainannya direbut
*suka main guling-gulingan di kasur sama kakak
* sudah makan nasi
*sudah bisa minum dari gelas langsung
*jumlah gigi 5
*sudah bisa memanggil saya dengan, "bu..uuh..."






*usia 14 bulan, sudah berjalan tegak tanpa jatuh.
*suka sekali makan nasi dan aneka sayur buatan saya. Menu favoritnya adalah sop, soto, semur, sayur lodeh, tahu, tempe,telur, daging dan ayam. kalau makan ikan masih alergi jadi skip dulu.
*lebih senang minum ASI langsung dari ibu daripada minum ASIP
*sudah bisa minum susu dari sedotan, jadi goodbye dot
*geraham kiri-kanan bawah mulai terlihat tumbuh.
*kosakata: "babah (=bapak), tatah (=kakak), buuh (=ibu), titih (=mba fitri asisten saya), pi (=api)





*usia 15 bulan, berjalan mengitari seantero rumah
*selalu minta makan ketika melihat orang makan
*mulai senang minum UHT
*senang banget nguber-nguber cicak di dinding
*selalu berjoged kalau denger musik
*suka dibacain buku sambil dibuka-buka sendiri
*geraham kiri-kanan atas mulai tumbuh
*kosakata: "taktak (=cicak), koto (=kotor), bah (=lebah), pupu (=kupu),empus (=kucing), hemoh (=sapi), ya (iya),mimik (=minum), papah (=sampah)


nah, gini nih kalau kk-adik lagi kompak
dan si ibu serasa paling cantik hehehe...

Komentar

Enny Mamito mengatakan…
wah dedek ikhfan lucu & pintar yaa.. :)
isnuansa mengatakan…
Jadi sekarang Ikhfan sudah berapa bulan, Mbak? Anakku baru 13 bulan. :D
entik mengatakan…
@mba enny: hehe..iya ni lagi lutu-lutunya

@mba isnuansa:sekarang ikhfan 15 bulan
Fitri3boys mengatakan…
Ikhfan makin gede dan pinter, kompak ua sama kk ikhsan.
Lidya Fitrian mengatakan…
Dede ikhfan makin besar aja nih.mbak maaf kemarin2 aku gak bisa komen salah terus captchanya
Nunung mengatakan…
ikhfan lucu banget, moga makin pintar....
Fitri3boys mengatakan…
wah senengnya, lagi lucu2nya Ikhfan ...Moga slalu kompak ya sama kk ikhsan.

Postingan populer dari blog ini

Hidangan Khas Lebaran: Tape Ketan dan Emping Melinjo

Di Yogyakarta ada makanan khas yang hadir pada setiap lebaran. Namanya tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimakan bersama emping melinjo. Saat ini tidak semua keluarga menyajikan makanan tradisional ini. Sewaktu saya kecil, hampir semua rumah di desa pasti menyajikan tape ketan dan emping melinjo sebagai makanan spesial. Berhubung saya tinggal di perumahan, jadi saya menanti-nanti saat Bapak mengajak ujung (silaturahmi) ke tempat saudara-saudaranya di daerah Sleman supaya dapat makan tape ketan dan emping melinjo. Rasa asam manis tape ketan dan rasa pahit emping melinjo berpadu sempurna di lidah saya. Emping melinjo ini berfungsi sebagai sendok untuk makan tape ketan berbungkus daun pisang ini. Tidak cukup satu bungkus tape ketan untuk memuaskan lidah saya.  Waktu itu, hampir semua rumah menyajikan tape ketan dan emping melinjo, sehingga saya bisa membandingkan rasa tape ketan di rumah yang satu dengan rumah yang lain. Ada tape ketan yang sempurna dalam artian warnan

perencanaan keuangan keluarga (part 1)

Membicarakan masalah uang akan selalu menjadi topik bahasan yang menarik terutama bagi emak-emak yang notabene adalah “manajer keuangan” keluarga. Menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran pada kenyataannya bukanlah semudah membalik telapak tangan. Jumlah penghasilan yang cenderung tetap, terkadang harus berpacu dengan jumlah pengeluaran yang cenderung bertambah. Dan pada akhir cerita, ada yang berakhir dengan berhutang untuk menutup kekurangan tersebut. Padahal kita semua tahu, hutang adalah tambahan beban keuangan bagi kita. Sekolah khusus untuk mendapatkan ilmu merencanakan dan mengelola keuangan keluarga memang tidak ada, jadi kita musti pandai-pandai mencari informasi seputar itu. Saya sendiri baru akhir-akhir ini saja mulai “ngeh” dengan urusan family finance . Sejak masih single dan mempunyai penghasilan sendiri, saya tidak mempunyai planning keuangan. Kala itu uang gajian sebagaian besar saya gunakan untuk “ have fun ” saja dan jika ada sisa baru saya tabung. Alha

instropeksi diri

lama banget ga apdet blog.. hampir sebulan ini ga buka blog. Ngilang karena akhir bulan oktober kemaren saya harus opname di RS karena kena typus. Sempat ga percaya juga, tapi ternyata bakteri salmonela sudah bersarang di usus saya. Banyak teman bertanya ke saya, kok bisa kena typus?? secara saya memang jarang banget sakit, eh sekalinya sakit langsung opname. Awal mulanya adalah karena aktivitas saya yang sangat padat dan saya kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang istirahat. Waktu itu memang kerjaan kantor lumayan padat ditambah lagi mas super duper sibuk dan tugas keluar kota terus. Anak-anak juga maunya saya yang antar jemput sekolah. niat hati pengen jadi super woman , semua dilakukan sendiri tapi ternyata memang saya butuh bantuan orang lain untuk berbagi pekerjaan. Karena disibukkan dengan aktivitas, pola makan saya jadi ga teratur. Kadang pagi ga sempat sarapan dan siangnya males makan. Ternyata selama hampir sebulan dengan pola makan yang kacau dan aktivitas yang pad