Jumat, 03 Januari 2014

ikhsan 6,5 tahun

lama tidak menulis tentang kk ikhsan. Ibu tulis ya kak...
Sejak masuk SD bulan juli 2013 kemarin, saya belum menulis tentang kk ikhsan. Perburuan sekolah untuk si kk memang gampang-gampang susah.Untuk masuk SD Negeri yang favorit, ada syarat umur yang tidak bisa dipenuhi kk ikhsan. Syarat umur masuk SDN adalah 7 tahun sementara kk ikhsan masih 5 tahun 10 bulan. Jadi jelas ga mungkin untuk masuk SDN favorit yang kami incer untuk kk ikhsan. Sementara kk ikhsan ketika saya tawari untuk tetap di TK B setahun lagi sudah tidak mau. Ngotot pengen masuk SD.

Kami ngincer MIN Tempel yang termasuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri terbaik di yogya. Kami nekat daftarin kk ikhsan ke sana. Setelah tes tertulis dan wawancara, kk ikhsan tidak lolos dengan alasan umurnya belum genap 7 tahun.

Akhirnya kami harus mencari alternatif sekolah lain. Beberapa SDIT dan MI swasta coba saya survei. Faktor yang menjadi pertimbangan adalah, jarak antara sekolah dan rumah yang searah dengan kantor saya dan mas supaya gampang untuk urusan ngatar jemputnya. Kalau bisa sih di seputaran jalan kaliurang.
Akhirnya pilihan kami jatuh di MI Sultan Agung yang merupakan full day school. Setelah tes tertulis dan wawancara, alhamdulillah kk ikhsan lolos dan diterima di MI Sultan Agung.

Lokasi MI Sultan Agung hanya 10an menit dari kantor mas, jadi kalau berangkat sekolah kk ikhsan bisa bareng bapakna. Di sini, kelas 1 dan 2 belajar sampai jam 1 siang. Sementara kelas 3 sampai kelas 6 belajar sampai jam setengah 4 sore. Setiap hari anak-anak wajib ikut ekstra qiroati (baca tulis Al Quran). Sholat dhuha juga dilakukan setiap hari.

Kompleks MI Sultan Agung berada di pelataran Masjid Sultan Agung. Di sana ada TK, MI dan MTs. Jadi muridnya buanyak banget. Kk ikhsan dapat kelas 1A dengan wali kelas Bu Sujilah.
Ketika mengikuti orientasi sekolah, kk ikhsan masih malu-malu dan rada takut. Saya banyak berpesan pada bu jilah untuk mendampingi kk ikhsan dan membantu kk beradaptasi di lingkungan barunya. Alhamdulillah, bu jilah kooperatif banget, kk ikhsan dicarikan teman bermain.

Seminggu pertama terlewati dan kk ikhsan mulai menikmati sekolahnya. Dia sudah punya teman main yang akrab namanya imam. Kemana-mana barengan.

Dua bulan sekolah, kk ikhsan sempat sakit para tifus gara-gara nyobain makan jajanan di depan sekolah. Padahal saya selalu memberi bekal makanan setiap hari. Tapi karena tergiur teman-temannya, akhirnya kk ikhsan tergoda jajan juga. Saya sempat protes ke wali kelas kk ikhsan tentang para penjual makanan di depan sekolah itu, tapi pihak sekolah tidak bisa menutup gerbang sekolah karena ada masjid yang terbuka untuk umum. Yah, akhirnya memang jadi tugas kami sebagai orang tua untuk memberi pengertian kepada kk ikhsan supaya menahan diri tidak jajan makanan di depan sekolah.

Hampir 3 minggu kk ikhsan tidak masuk sekolah karena harus opname di rumah sakit. Saya miris juga lihat si kk yang badannya tambah kurus karena sakit.Alhamdulillah setelah istirahat cukup, kk ikhsan bisa kembali sekolah dengan catatan tidak boleh capek.

bedrest di rumahsakit dengan infus di tangan

Setelah sakit, kk ikhsan bisa mengikuti pelajaran dan hasil UTS-nya bisa masuk 10 besar. Saya juga tidak terlalu memforsir kk ikhsan untuk belajar. Yang penting dia enjoy sekolah dan tidak merasa terbebani dengan pelajaran di sekolah.

Kk ikhsan sekarang lagi seneng-senengnya belajar membaca Al Quran dengan metode qiroati. Walau metode ini agak lebih susah dari iqro, tapi kk ikhsan kayaknya seneng. Kalau dengan metode iqro, kk ikhsan sudah sampai iqro 5 tapi dengan metode qiroati, kka harus mulai dari jilid pra TK. Sekarang kk ikhsan baru jilid 1 qiroati. Kalau belum lancar dan tajwid-nya benar, ustad-nya ga akan naikin jilid. Jadi rada ketat dan susah.

Akhir semester 1 ini, raport kk ikhsan juga bagus. Nilainya sudah diatas nilai minimum yang harus dicapai. Tidak ada rangking di raportnya. Beberapa wali murid pada galau menanyakan kepada wali kelas, mengapa tidak ditulis rangking di raport? Kalau saya sih, tidak mempermasalahkan rangking. Karena yang penting kk ikhsan nilainya sudah diatas nilai minimum yang harus dicapai untuk setiap mata pelajaran. lagian kalau pake ranking kayaknya jadi beban bagi anak sendiri.

pake seragam olahraga

siap berangkat sekolah dengan seragam batik

Sebagai hadiah hasil rapot semester ini, bapak ngajak kk ikhsan dan dd ikhfan liburan jalan-jalan ke jakarta pada tanggal 28-30 desember 2013 kemaren. Alasan si bapak adalah memenuhi janji kepada kk ikhsan untuk naek pesawat garuda dan  nginep di hotel hehe...
Akhirnya kesampaian juga naek garuda ya kak..., dapat mainan pula dari garuda. 
"aku kepengen naek pesawat lagi...," kata kk ikhsan sambil jingkrak-jingkrak seneng. Ah, si kakak ini, sudah 4 kali naek pesawat, tapi tetep aja exiting kalau diajak naek pesawat.
InsyaAllah liburan semester depan kita naek pesawat lagi kak..

cerita liburannya nyusul ya....

7 komentar:

fitri anita mengatakan...

wah wah asiknya liburan akhir tahun di Jakarta ya Ikhsan..

dey mengatakan...

Kalau naik pesawat lagi, Aa FAuzan ikut ya .. hehe

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kakak Ikhsan ketagihan naik pesawat garuda ya. anak2 memang suka ya mbak apalagi dapat hdiah

Isma mengatakan...

di MI Sultan Agung ya, semoga sehat terus ya mas ihsan dan lancar sekolahnya ...

entik mengatakan...

@mba fitri: iya nih mba, sekalian nengokin ponakan yang baru aja lairan

@mba dey: ayok aa fauzan barengan naek pesawat bareng ikhsan, pasti heboh dewh...

entik mengatakan...

@mba lidya: iya tuh, ikhsan seneng kalau diajak naek garuda.., fasilitasnya ok, harganya pun lumayan ok dibanding pesawat lain hehe...

@jeng isma: amien, makasih doanya..

obat penyakit gula mengatakan...

terimakasih atas informasinya gan sukses selalu